Apasi Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Tubuh?

mandi air hangat.

Tidak hanya untuk mengatasi karena dinginnya udara di pagi hari, manfaat mandi air hangat juga dapat meredakan keluhan pada tubuh dan baik juga bagi kesehatan mental. Mandi air hangat bisa dilakukan menggunakan Handal Water Heater untuk membantu memanaskan air secara mudah. Yuk simak pembahasan berikut mengenai manfaat mandi air hangat:

1.Meredakan nyeri pada tubuh

Jika tubuh kalian terasa nyeri atau luka-luka, mandi air hangat bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa nyeri dan mengurangi rasa sakit pada tubuh. Karena air hangat memiliki khasiat melepaskan ketegangan pada otot-otot yang sedang terasa kaku. Saat kalian demam ringan mandi air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa tidak enak pada tubuh kita, dan dapat mengembalikan suhu tubuh kembali normal.

2. Meningkatkan Kesehatan jantung

Selain bisa meredakan nyeri pada tubuh, mandi air hangat dapat meningkatkan aliran darah pada tubuh. Karena juga berdampak positif terutama bagi orang yang pernah memiliki riwayat jantung kronis. Selain itu, dengan cara kita berendam diri pada air hangat dapat meregangkan kekakuan pembuluh darah arteri pada tubuh kita. Hal ini bisa menurunkan tekanan darah, yang bisa meningkatkan kesehatabn pada jantung.

3. Meredakan sakit kepala

Manfaat mandi air hangat selain itu adalah dapat meredakan sakit kepala. Umumnya, sakit kepala bisa terjadi pada saat pembuluh darah di kepala mengalami penyempitan.Dengan mandi air hangat, dipercaya pembuluh darah di kepala akan merasa rileks dan lepas dari tekanan, sehingga sakit kapala dapat diredakan.

4. Melegakan hidung tersumbat

Manfaat mandi air hangat saat flu ternyata bisa melembapkan lubang hidung. Hal ini bisa melegakan hidung yang sedang tersumbat karena uap hangat membantu lendir di saluran pernapasan lebih mudah keluar. Efeknya, hidung tersumbat pun bisa cepat teratasi. Nah jadi jika kalian sedang flu bisa langsung segera mandi air hangat untuk meredakan hidung yang sedang tersumbat.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang sering kali mengalami insomnia atau sulit tidur pada waktu malam, Anda bisa mencoba mandi air hangat untuk mengatasinya supaya insomnia bisa segera teratasi. Manfaat ini sangat berkaitan dengan efek relaksasi yang dapat dihasilkan dengan mandi atau berendam air hangat, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur anda dan tidur pun menjadi lebih nyenyak sampai pagi.

6. Mengatasi sembelit

Jika kalian merasa sulit dalam mengatasi sembelit atau konstipasi adalah kondisi ketika pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama, tentu membuat anda cukup kesal. Berendam atau mandi dengan air hangat yang diberi dengan campuran garam, dapat dipercaya dapat membantu mengatasi sembelit.

7. Meredakan gejala wasir

Penyakit wasir dapat terjadi di dalam rektum atau di luar lubang anus. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang membengkak dan meradang di area tersebut disertai rasa sakit.

Seseorang yang terkena wasir biasanya merasa tidak nyaman akibat gatal atau mengalami pendarahan pada anus. Nah, dengan mandi air hangat setidaknya mampu meredakan rasa tidak nyaman dan gatal.

8. Menurunkan berat badan

Berikutnya, manfaat mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan berat badan kalian. Berdasarkan hasil penelitian para ahli, berendam atau mandi air hangat yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah dan glukosa secara efektif pada penderita penyakit diabetes. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa kita dengan mandi air hangat dapat secara ampuh untuk membantu dalam menurunkan berat badan kita.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa berendam atau mandi di air hangat selama 15-30 menit, setiap 6 kali dalam seminggu. Setelah melakukan cara ini, Tentunya anda akan mendapatkan hasil yang menggembirakan. Tentu saja jika melakukan cara ini harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

9. Mengurangi stres dan cemas

Jika setelah seharian beraktivitas kamu mengalami setres dan cemas karena banyaknya pekerjaan yang kamu lakukan, kamu bisa menenangkan pikiran kamu secara mudah dengan mandi air hangat. Salah satu manfaat mandi air hangat adalah mengurangi stres dan cemas. Dengan mandi menggunakan air hangat, tentu bisa membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertugas untuk membuat perasaan kamu lebih tenang dan positif.

Dan apabila ketika stres dan cemas kamu mandi menggunakan air dingin, itu bisa menyebabkan kepala kamu menjadi pusing. Untuk jika kamu sedang sakit kepala lebih baik mandi dengan air hangat.

baca juga: Solar Water Heater

 

 

 

 

By suyua