Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Sering kesal karena laptop tiba-tiba lemot? Bahkan jika Anda suka mengerjakan pekerjaan rumah atau maraton Drakor (drama Korea) favorit Anda? Bingung bagaimana cara agar laptop Anda tidak semakin lemot? Tenang, jangan khawatir, tes berikut menunjukkan cara paling efektif untuk mengatasi laptop lemot Anda.

Bersihkan Desktop

Apakah Anda termasuk orang yang sering menempatkan shortcut aplikasi di layar pertama desktop atau laptop sebagai shortcut sehingga tidak perlu mencari lokasi aplikasi? Jika iya, segera hentikan kebiasaan tersebut. Selain itu, bersihkan desktop Anda dengan bijak dan pilih hanya pintasan aplikasi yang sering Anda gunakan.

Mengapa demikian? Ini karena jika Anda meletakkan terlalu banyak pintasan aplikasi di desktop, jika Anda meletakkan terlalu banyak pintasan aplikasi di desktop, jika Anda meletakkan terlalu banyak pintasan aplikasi di desktop, jika Anda meletakkan terlalu banyak pintasan aplikasi di desktop, tanpa Anda sadari. itu, akan memakan waktu lama bagi laptop Anda untuk merespons dan melakukan apa yang dilakukan pengguna (singkatnya, itu memperlambat laptop Anda). Menempatkan banyak shortcut aplikasi di desktop tidak berdampak besar pada kinerja laptop dengan memori internal yang besar, tetapi tentu saja sangat berisiko untuk laptop dengan memori internal yang tidak terlalu penting.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Salah satu penyebab utama laptop menjadi lambat adalah akibat terlalu banyak aplikasi. Meskipun aplikasi ini jarang atau tidak pernah digunakan. Ini membuat drive C laptop terlalu penuh. Ini berarti membaca data dari hard drive membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya.

Untuk itu cara paling mudah mengatasi laptop lemot adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan. Hal ini mampu membuat drive C lebih efisien dan cepat. Sehingga laptop lemot tidak pernah terjadi.

Gunakan Aplikasi Seperlunya

Jika laptop menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan, alangkah baiknya jika Anda pintar dengan aplikasi juga. Gunakan aplikasi secara bergantian atau sesuai kebutuhan. Karena menggunakan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan hanya membutuhkan waktu lebih lama untuk merespon perintah kerja dan memperlambat laptop Anda.

Untuk mengatasi masalah ini sekarang, gunakan aplikasi yang hanya diperlukan secara bersamaan. Bersihkan juga memori dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Anda juga bisa menggunakan Task Manager untuk membersihkan memori laptop jika tidak ingin melakukannya secara manual. Jika ingin lebih update, Anda bisa mengupgrade memori laptop dengan membeli memori yang pas di kantong.

Rajin Scanning Virus

Kamu tahu? Bahwa beberapa virus justru bisa mengurangi kapasitas RAM. Untuk melakukan ini, Anda perlu mencegah virus memasuki laptop Anda. Ini mengurangi RAM dan membuat laptop lebih lambat dari biasanya. Oleh karena itu, Anda sangat membutuhkan aplikasi antivirus. Karena aplikasi antivirus ini dapat membantu Anda menjaga laptop Anda tetap berjalan dengan lancar.

Selain itu, Anda harus berhati-hati saat mencari virus. Ini sangat penting dan harus dilakukan oleh pengguna. Karena tidak hanya membantu Anda menjaga kapasitas RAM agar tidak dimakan virus, tetapi juga melindungi laptop Anda dari virus yang dapat merusak data laptop Anda.

Remove Aplikasi di Startup

Cara selanjutnya agar tidak memperlambat kinerja laptop adalah dengan menghindari terlalu banyak aplikasi startup sebisa mungkin. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu booting, booting adalah saat laptop mulai bekerja atau mulai bekerja. Aplikasi yang paling sering digunakan yang akan Anda temukan saat startup adalah aplikasi antivirus.

Selain aplikasi penting yang dibutuhkan, jangan memasukkan aplikasi apa pun saat startup jika memungkinkan. Namun, jika Anda sudah melakukannya, ingatlah untuk menghapus dan menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting saat startup. Karena aplikasi yang sedang startup menjalankannya di latar belakang. Hal ini juga mampu mengkonsumsi kapasitas RAM yang dapat digunakan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop lemot. Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya, namun untuk mengatasi laptop lemot saat laptop berusia di bawah 3 tahun, cara-cara di atas adalah solusi terbaiknya. Sedangkan untuk laptop usia di atas 3 tahun cara membuat laptop tidak lemot yang telah dijelaskan sebelumnya bisa di aplikasikan, tapi agak kurang efektif. Sebab biasanya ada cara lain untuk mengatasi laptop berusia 3 tahun ke atas bila mengalami lemot berlebih.

Sumber Artikel Terlengkap : htttps://sapamudik.id/