Sejarah dan Fakta Unik Olahraga Bola Voli

Siapa yang tidak kenal dengan voli? Olahraga yang satu ini tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Tapi tidak banyak yang tahu asal-usul voli hingga menjadi sepopuler sekarang. Padahal ada banyak hal menarik dan fakta-fakta unik tentang olahraga ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita kupas-tuntas tentang sejarah dan fakta unik permainan bola voli.

Sejarah Bola Voli

William G. Morgan adalah tokoh yang pertama kali menemukan olahraga voli. Pada saat itu, William bekerja di Young Men’s Christian Association (YMCA) di bidang pendidikan jasmani.

Mulanya, William sedang mencari jenis olahraga yang bisa dimainkan oleh orang tua. Olahraga yang dicarinya harus cukup ringan untuk manula, tidak memerlukan gerakan fisik yang terlalu berat. Lalu William terinspirasi dari olahraga basket ciptaan James Naismith.

bola voli
bola voli

William pun memodifikasinya menjadi voli, mirip bola basket, hanya saja bola dipantulkan dari satu sisi ke sisi lain sehingga pemain tidak perlu berlari. Olahraga ini dinilai cukup ringan sehingga cocok untuk orang yang sudah berumur.

Nama awalnya Mintonette. Tahun 1896 barulah olahraga ini resmi dinamai volleyball.

Voli masuk Indonesia lewat bangsawan Belanda yang kerap memainkan olahraga ini. Setelah merdeka, voli tetap banyak dimainkan di Nusantara. Tahun 1955, didirikanlah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) sebagai organisasi yang menaungi olahraga voli nasional.

Agak mengejutkan memang. Olahraga yang awalnya diciptakan sebagai permainan ringan untuk orang tua, kini menjadi olahraga yang terbilang agresif, dipenuhi lompatan tinggi dan pukulan keras.

Fakta Unik Bola Voli

Ada beberapa fakta unik berkaitan dengan olahraga voli.

Pertama, voli adalah olahraga terpopuler kedua di dunia, tepat di bawah sepak bola. Data lain dari worldatlas.com menempatkan voli di urutan kelima global. Hasil survey dan penelitian antar-lembaga memang berbeda, tapi voli selalu masuk 10 besar olahraga favorit sedunia.

Kedua, dalam satu pertandingan voli, tiap pemain bisa melompat sampai 300 kali. Coba bayangkan, kalau tidak sambil bermain voli, apa Anda sanggup melompat sebanyak itu?

Ketiga, olahraga voli pada awalnya dimainkan di dalam ruangan. Selang beberapa waktu, voli mulai sering dimainkan secara outdoor. Kemudian, voli mulai dikembangkan menjadi cabang olahraga lain seperti voli pantai yang dimainkan 2 versus 2.

Olahraga yang Menyehatkan Sekaligus Menyenangkan

Itulah beberapa informasi menarik seputar voli. Kalau Anda belum pernah memainkannya, cobalah sesekali. Voli adalah jenis olahraga yang menyehatkan badan karena aktivitas fisik yang intens, sekaligus menyenangkan karena dikemas dalam bentuk permainan tim.

Selain itu, voli juga praktis karena tidak memerlukan perlengkapan yang rumit. Praktis, seru, menyehatkan, dan mempererat solidaritas.

Setelah memahami seluk-beluk bola voli, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?