Apakah divaksinasi, atau setelah pulih dari COVID, memberikan perlindungan seumur hidup terhadap virus corona? Kemungkinan besar, kata penelitian oleh ahli imunologi di Universitas Washington di St. Louis, yang menemukan sel penghasil antibodi terhadap virus yang berada di sumsum tulang individu yang sebelumnya dites positif COVID.

Rekomendasi Swab Test Jakarta

Penemuan ini mendukung teori bahwa respons imun setelah terpapar SARS-CoV-2 cukup kuat untuk memberikan perlindungan berkelanjutan yang berpotensi selama beberapa dekade terhadap patogen. Selain itu, temuan ini juga menunjukkan bahwa vaksin dapat menciptakan perisai tahan lama yang serupa terhadap COVID dalam jangka panjang.

Sel plasma sumsum tulang yang memproduksi antibodi, atau BMPC, adalah salah satu gudang senjata kekebalan tubuh melawan patogen yang menyerang, membentuk bagian dari apa yang dikenal sebagai memori imunologis. Ketika sistem kekebalan menghadapi ancaman mikrobiologis yang telah dihadapi sebelumnya, ia meluncurkan serangan yang lebih cepat, agresif, dan ditargetkan terhadap mikroba penyerang untuk kedua kalinya.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa pembentukan BMPC mungkin tidak terjadi seefektif pada pasien COVID seperti halnya pada kasus infeksi virus lainnya, yang berarti bahwa mereka yang telah pulih dari COVID mungkin berisiko terinfeksi ulang.

Namun, sebuah penelitian yang dipimpin oleh ahli BMPC Ali Ellebedy menemukan hal yang sebaliknya. Analisis para peneliti terhadap sampel yang diperoleh dari 77 pasien COVID-19 mengungkapkan bahwa orang-orang ini terus memproduksi antibodi spesifik untuk SARS-CoV-2 hingga 11 bulan setelah infeksi. Selain itu, 15 dari 18 sampel sumsum tulang yang dikumpulkan dari peserta ini menunjukkan adanya BMPC spesifik virus corona sekitar satu tahun setelah infeksi.

Para ilmuwan berspekulasi bahwa vaksin dapat menimbulkan respons imunologis yang serupa, meskipun munculnya varian baru SARS-CoV-2 dapat membuat individu yang divaksinasi rentan dan membutuhkan suntikan “penguat” untuk perlindungan penuh.

Swab Test Jakarta yang nyaman