Syarat Pengambilan BPKB Untuk Mobil dan Motor

BPKB tentunya menjadi sebuat surat yang sangat penting bagi pemilik kendaraan bermotor. BPKB sangat dibutuhkan untuk menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan bermotor secara resmi. BPKB sebaiknya disimpan secara aman agar tidak dipersalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Syarat Pengambilan BPKB Untuk Mobil Dan Motor

BPKB sangat penting utuk validasi kepemilikan kendaraan baik mobil maupun motor. Lalu apa saja syarat pengambilan BPKB untuk mobil maupun motor? Nah berikut ulasan mengenai syarat untuk mengambil BPKB mobil dan motor yang anda beli secara cash.

1. Menujukkan Nota Asli

Anda dapat menunjukkan nota pembelian dan nota STNK asli yang sudah lunas total. Nota asli ini digunakan untuk menjadi bukti yang valid bahwa kendaraan yang anda beli sudah bebas dari pembayaran. Nota asli yang anda dapat lebih baik anda simpan untuk dijadikan garansi sewaktu-waktu apabila kendaraan anda membutuhkan service maupun kebutuhan lainnya.

2. Menujukkan Identitas Pengambil BPKB

Pengambilan BPKB yang baru anda beli harus diambil oleh pemilik kendaraan secara langsung. Pemilik kendaraan harus menunjukkan kartu identitas diri sebagai validasi identitas pemilik. Identitas diri yang ditunjukkan antara lain yaitu KTP asli dan kemudian mengisi beberapa berkas pelengkap yang sudah disediakan oleh dealer.

3. Surat Kuasa Untuk BPKB yang Diwakilkan Pengambilannya.

Pemilik yang tidak bisa mengambil sendiri BPKB nya maka dapat diwakilkan oleh anggota keluarganya. Pengambil BPKB yang diwakilkan harus membawa surat kuasa pengambilan BPKB yang telah dibuat oleh pihak pertama. Surat kuasa harus berisi identitas pihak pertama, pihak kedua, identitas kendaraan bermotor serta tanda tangan dan materai.

Lebih baik hati-hati saat mewakilkan BPKB motor atau mobil yang anda beli karena BPKB adalah surat yang sangat penting. Anda dapat memberikan kuasa kepada orang lain apabila keadaan sudah darurat dan tidak bisa mengambilnya secara langsung sendiri.

Demikian merupakan beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mengambil BPKB motor maupun mobil yang baru anda beli. Semoga beberapa ulasan tersebut dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas.