Semakin lama Anda menggunakannya, semakin sedikit kinerja laptop Anda akan menurun. Proses loading lambat, atau membuka aplikasi tidak secepat dulu.

Jika hal ini terjadi, berarti kinerja laptop Anda sudah mulai melambat atau melambat. Jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan laptop baru, karena Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengatasi laptop yang lebih lambat.

Seperti elektronik lainnya, wajar jika laptop akan mengalami penurunan kinerja, bahkan dengan spesifikasi tinggi.

Apalagi jika setting di laptop tidak maksimal. Hal ini mengacu pada fakta bahwa beberapa laptop gaming terbaru kini mulai hadir dengan perangkat lunak manajemen kinerja.

Anda bisa melakukannya sendiri agar laptop tidak lag. Anda juga dapat mencari bantuan dari teman atau anggota keluarga yang paham komputer. Nah, berikut ini cara mengatasi laptop yang lemot.

Cara mengatasi laptop lemot

Kami kutip dari laman laciusang.com, Performa laptop yang tidak maksimal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti usia, atau cara penggunaan yang melampaui batas maksimal.

Beberapa masalah umum yang terjadi adalah lambatnya proses menjalankan suatu aktivitas atau membuka aplikasi. Tidak jarang laptop mengalami lag atau freeze.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara agar laptop Anda bebas dari stuttering dan mengembalikan performanya. Namun perlu diingat bahwa cara-cara berikut ini tidak selalu 100% berhasil.

Meski begitu, setidaknya mengurangi masalah yang terkait dengan melambatnya kinerja laptop. Berikut cara mengatasi laptop lemot dengan mudah dan cepat.

  1. Copot pemasangan aplikasi yang tidak diinginkan

Jika sudah memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita menginstal terlalu banyak aplikasi, ruang penyimpanan drive C akan menjadi penuh, menyebabkan sistem terlalu lama untuk membaca hard disk.

Tentu dampak jangka panjangnya akan menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Cara mengatasi masalah laptop lemot berjalan karena terlalu banyak aplikasi bisa dilakukan dengan cara menguninstall beberapa aplikasi yang tidak pernah anda gunakan atau jarang anda gunakan.

Coba pilih aplikasi yang jarang digunakan. Anda juga dapat memeriksa aplikasi yang tidak sengaja terinstal saat menjelajah, mengunduh dari situs web tertentu, atau menginstal.

Gunakan saja aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena sayang sekali jika memori penuh karena aplikasi sering idle.

Ini adalah cara yang cukup mudah untuk menjaga laptop Anda agar tidak lemot, karena Anda tidak perlu menggunakan software atau teknologi khusus.

Faktanya, Anda sebenarnya mengurangi beban memori laptop Anda dengan menghapus aplikasi dan perangkat lunak yang tidak perlu, yang dapat menyebabkan kinerja laptop Anda turun.

  1. Gunakan perangkat lunak antivirus

Salah satu alasan umum perangkat laptop melambat adalah paparannya terhadap virus atau malware. Seperti halnya manusia, laptop juga bisa terkena penyakit yang menurunkan kinerja laptop.

Agar laptop Anda tidak lemot karena serangan virus, Anda bisa menginstal software antivirus terbaik untuk membasmi segala macam virus. Dan pastikan untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala.

Juga, selalu perbarui perangkat lunak antivirus Anda sehingga Anda dapat membaca semua jenis virus dengan perangkat lunak antivirus yang Anda instal.

  1. Gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi notebook

Pemilik laptop harus memahami spesifikasi laptop mereka sebelum membelinya. Ini akan membantu pemilik menilai apakah aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam laptop memenuhi spesifikasinya.

Misalnya, kami menginstal game heavy-duty favorit kami meskipun spesifikasi prosesor dan RAM tidak cukup. Jika selama ini Anda memaksakan aplikasi untuk diinstal di laptop Anda, jangan heran suatu saat laptop Anda akan melambat.

Solusinya, jangan memaksakan kemampuan notebook. Pilih aplikasi alternatif atau spesifikasi yang lebih rendah sebagai cara agar laptop Anda tidak lemot.

Dengan spesifikasi yang tepat dan tepat, Anda dapat mengatasi laptop yang lemot dan membuatnya tampil lebih baik dan merawatnya dengan lebih baik.

  1. Penggunaan aplikasi khusus

Memaksa kinerja RAM dengan membuka aplikasi secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab laptop berjalan lambat. Misalnya saat kita sedang bermain game, kita sering membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan.

Sebenarnya, pemrosesan gamenya saja sudah sangat berat, tetapi pemutar musik masih ditambahkan. Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop Anda.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur Task Manager untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus untuk mencegah laptop Anda melambat.

  1. Bersihkan desktop dan aplikasi saat laptop dinyalakan

Menempatkan banyak aplikasi di desktop juga bisa menjadi alasan lain mengapa laptop Anda lambat. Jika Anda menggunakan laptop spek besar maka ini tidak akan menjadi masalah.

Namun terkadang kita meletakkan begitu banyak aplikasi di desktop sehingga laptop lambat merespon perintah pengguna.

Juga, perhatikan aplikasi yang berjalan saat laptop dalam aktivitas startup. Padahal aplikasi yang berjalan saat laptop dinyalakan adalah aplikasi yang penting, seperti software antivirus.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak menjalankan aplikasi saat laptop dinyalakan, karena hal ini akan menyebabkan laptop menjadi lambat. Ini secara diam-diam memakan kapasitas RAM karena aplikasi berjalan di latar belakang.

 

By Drajad