Anak yang sukses di masa depan adalah anak yang memiliki kecerdasan dan perkembangan otak optimal sejak dini. Memang banyak anak yang memiliki kecerdasan otak turunan karena faktor genetik. Namun lingkungan yang mendukung dengan kecukupan zat gizi membuat perkembangan otak anak jadi lebih optimal. Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi, untuk penuhi nutrisi kecerdasan otak anak. Ibu bisa berikan asupan nutrisi ini setiap hari untuk membantu perkembangan otak anak lebih cepat lagi.

1. Daging Sapi

Daging sapi merupakan salah satu makanan yang mampu penuhi nutrisi kecerdasan otak anak. Daging sapi punya kandungan zat besi, yang dibutuhkan untuk membantu anak tetap punya energi dan konsentrasi saat berada di bangku sekolah. Terlebih mineral esensial pada daging sapi mempengaruhi daya ingat anak lebih baik lagi.

2. Daging Ayam

Selain daging sapi, protein hewani bisa anda dapatkan lewat daging ayam karena punya protein yang cukup tinggi. Disamping itu, daging ayam punya kandungan asam amino sehingga bagus untuk perkembangan tubuh anak pula.

3. Beras Merah

Bagi Anda yang menginginkan anak memiliki kecerdasan otak maka ganti beras biasa menjadi beras merah yang dikonsumsi sehari-hari. Beras merah punya kandungan karbohidrat kompleks yang secara langsung akan membantu tingkatkan hormon serotonin pada otak anak.

Hormon ini akan membantu perbaiki fungsi suasana hati dan menenangkan otak. Lebih dari itu, beras merah juga punya kandungan vitamin B kompleks untuk kesehatan otak anak.

4. Ikan

Nutrisi kecerdasan otak anak juga bisa didapatkan lewat ikan. Tentu saja ikan punya kandungan omega-3 dan sumber vitamin D yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Nutrisi dari ikan ini juga sangat membantu untuk meminimalisir terjadinya penurunan keterampilan mental dan kehilangan memori. Bahkan ketika anak banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 mampu meningkatkan konsentrasi pada anak.

5. Oatmeal

Makan oatmeal tentu saja baik bagi anak karena punya kandungan protein dan serat yang tinggi. Kandungan baik pada oatmeal ini juga mampu menjaga pembuluh darah jantung dan otak tetap bersih. Anak-anak yang mengkonsumsi oatmeal rasa manis, pada sarapannya akan membantu untuk membuat anak lebih produktif saat sekolah. Di mana anak akan mengerjakan tugasnya dengan baik dan punya daya ingat yang bagus pula.

6. Apel

Buah apel tidak hanya rasanya manis dan enak sehingga disukai oleh anak-anak. Ternyata buah ini mampu penuhi nutrisi kecerdasan otak anak, karena kandungan quercetin. Kandungan tersebut adalah sebuah antioksidan yang membantu untuk mengurangi resiko penurunan keterampilan mental pada anak.

7. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein tinggi bagi setiap orang. Ternyata telur juga punya peranan untuk membentuk kecerdasan otak anak karena proteinnya pula. Dengan mengkonsumsi telur, anak-anak punya fokus yang lebih bagus. Anda bisa menyajikan telur dengan berbagai menu makanan makan yang paling sederhana seperti memasak telur mata sapi saja.

8. Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan juga sangat baik untuk cukupi kandungan protein dan karbohidrat anak. Kacang-kacangan banyak kandungan serat, zat besi dan vitamin B kompleks serta magnesium. Zat-zat ini contoh saja mampu tingkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf anak.

Anda bisa berikan anak konsumsi kedelai yang bisa ditemukan lewat tahu, tempe ataupun susu soya. Karena memang kualitas protein kedelai jauh lebih tinggi dibanding jagung, beras atau terigu.

Jadi itu tadi beberapa makanan yang bisa bantu cukupi nutrisi kecerdasan otak anak. Sejak usia dini, sangat baik memperkenalkan anak untuk makan-makanan yang membantu cukupi nutrisinya.