Apakah Aman Mencuci Mobil di Automatic Car Wash?

Tidak ada keraguan bahwa jika Anda menjaga mobil Anda terlihat baru, Anda akan mempertahankan nilainya dan memperpanjang umurnya. Mobil mampu bertahan lebih lama dari sebelumnya. Padahal, usia rata-rata kendaraan di jalan saat ini hampir dua belas tahun. Itu berarti ada banyak mobil, truk, dan SUV di jalan dengan jarak seratus lima puluh ribu mil atau lebih.

Perawatan yang dianggap sepele yaitu cuci mobil memang sering di indahkan, padahal kunci utama untuk mempertahankan niai jual kendaraan adalah dengan merawat body mobil, ada banyak pencucian mobil otomatis seperti cuci robot depok yang sudah terkenal dengan kualitasnya yang akan menjaga kondisi kendaraan tetap tampil berkilau

Tentu saja, jika Anda tidak memperlakukannya dengan benar, perjalanan Anda mungkin tidak akan sampai sejauh ini. Perhatian terhadap layanan perawatan rutin, seperti  penggantian oli dan filter , rotasi ban, dan  penggantian bantalan rem , sangat penting untuk mendapatkan jarak tempuh maksimal dari mobil Anda. Tapi begitu juga mencuci dan lilin.

Juga tidak ada keraguan bahwa mencuci mobil Anda dengan tangan oleh seorang profesional adalah cara paling pasti untuk menjaganya tetap bersih. Tetapi terkadang Anda membutuhkan solusi yang lebih cepat. Di situlah  tempat cuci mobil otomatis drive-through  sangat berguna.

Tapi apakah cuci robot baik untuk mobil Anda? Apakah cuci robot bekerja dengan baik untuk membersihkan mobil saya? Dan seberapa sering Anda harus mencuci mobil?

Mari kita lihat jawaban untuk ini dan pertanyaan cuci mobil lainnya yang sering diajukan.

Seberapa sering saya harus mencuci mobil?

Terkadang sudah jelas kapan waktunya untuk mencuci mobil. “Cuci aku” yang tertulis di lumpur adalah pertanda baik. Dan jika Anda tidak tahu lagi apa warna mobil Anda, mungkin sudah waktunya untuk mencuci.

Tetapi menunggu sampai mobil Anda benar-benar perlu dimandikan bukanlah resep untuk memperpanjang umur kendaraan. Lebih baik untuk melihat layanan sebagai rutinitas daripada renungan “ketika tampaknya membutuhkannya”. Bagi sebagian besar, mencuci mobil setiap dua minggu atau lebih sepanjang tahun adalah dasar yang baik.

Lebih sering dalam kondisi yang keras di mana banyak lumpur atau garam mencemari kendaraan. Pencucian bagian bawah bodi mobil tidak perlu dilakukan setiap kali Anda berkendara, tetapi sesekali ledakan bagian bawah mobil Anda adalah ide yang baik untuk melonggarkan bahan yang akan menjebak senyawa korosif dan menyumbat lubang pembuangan.

Apakah pencucian mobil otomatis aman untuk mobil saya?

Tentu saja, alasan untuk mencuci mobil Anda adalah untuk menghilangkan kotoran, kotoran, dan kontaminan lain yang dapat membahayakan kendaraan Anda. Jika tidak ditangani, kontaminan tersebut dapat menyebabkan korosi pada logam (karat) dan kerusakan pada cat Anda. Jadi, sangat penting untuk menghilangkan kontaminan tersebut. Di dunia yang sempurna, seorang profesional yang menggunakan produk khusus akan membersihkan mobil Anda untuk Anda – dengan tangan. Tetapi dunia yang tidak sempurna mengharuskan adanya alternatif.

Sebenarnya, kotoran bersifat abrasif dan akan menggores clear coat pada mobil Anda. Beberapa berpendapat bahwa cuci mobil otomatis akan melakukan hal yang sama. Tetapi kerusakan bisa jauh lebih buruk jika kotoran itu tertinggal di mobil Anda dan ternoda. Apalagi jika sudah kering.

Lumpur dan aspal jalan juga dapat menjebak kelembapan yang menyebabkan korosi. Dan, tentu saja, garam dan senyawa korosif lainnya dapat menyebabkan karat. Kotoran burung, percikan serangga, dan hujan asam dapat merusak lapisan cat Anda jika tidak segera dibersihkan. Jauh lebih baik untuk mencuci mobil Anda secara teratur daripada membiarkannya begitu saja dan membiarkannya memburuk.

Di dunia yang sibuk, mencuci tangan secara profesional tidak selalu menjadi pilihan. Jadi, cuci mobil otomatis yang berkualitas adalah pilihan terbaik Anda untuk menjaga mobil Anda tetap bersih dan bebas korosi secara teratur.

Akankah pencucian mobil otomatis menghilangkan kontaminan seperti telur, serangga, tar, dan getah?

Jika Anda membersihkan mobil Anda secara teratur, kemungkinan kontaminan yang menyebabkan kerusakan pada cat Anda berkurang. Pencucian mobil otomatis mungkin tidak menghilangkan semua tar dan getah – senyawa tersebut biasanya memerlukan bahan khusus untuk dihilangkan.

Tetapi Anda sering kali dapat memintanya ditangani dengan biaya tambahan. Semakin cepat Anda membersihkan kotoran seperti telur dan percikan serangga, semakin kecil kemungkinan mereka akan menggali dan merusak hasil akhir. Pencucian mobil otomatis akan menangani sebagian besar kotoran pada mobil Anda.

Kendaraan apa yang bisa melalui pencucian mobil otomatis?

Kebanyakan mobil, truk, van, dan SUV dengan tinggi hingga delapan puluh empat inci dan dengan sedikitnya empat inci ground clearance dapat melalui pencucian mobil otomatis. Semua peralatan yang dipasang di pabrik biasanya dijamin terhadap kerusakan, meskipun beberapa aksesori aftermarket mungkin tidak.

Truk pickup dapat melalui pencucian otomatis, tetapi tempat tidur harus dikosongkan terlebih dahulu. Beberapa kaca spion besar tidak kompatibel. Hal yang sama berlaku untuk truk beroda dua, dan beberapa dengan ban besar dan suspensi yang terangkat. Namun, sebagian besar kendaraan penumpang dapat melalui pencucian mobil otomatis – bahkan mobil konvertibel (jika bagian atasnya terpasang dan diamankan).

Bisakah saya mengendarai mobil yang baru dicat melalui cuci mobil?

Misalkan Anda baru saja menerima kembali mobil Anda dari bengkel bodi setelah diperbaiki. Apakah boleh melalui cuci mobil dengan cat baru? Yah, ya dan tidak. Ya, pekerjaan cat atau perbaikan aftermarket dapat bertahan dari pencucian mobil otomatis seperti halnya pekerjaan cat OEM asli. Tapi tidak, tidak segera. Lapisan cat clearcoat membutuhkan waktu untuk benar-benar sembuh – biasanya tiga puluh hari atau lebih. Selama waktu itu, tidak bijaksana untuk melewati tempat cuci mobil otomatis atau menggunakan lapisan lilin apa pun yang akan mencegah cat “bernapas” saat mengering.

Periksa dengan toko tubuh Anda untuk jumlah waktu tertentu yang direkomendasikan sebelum mencuci atau waxing. Catatan: ini tidak berlaku untuk mobil baru yang dicat oleh pabrikan. Cat itu “disembuhkan” sebelum meninggalkan pabrik.

Apakah mencuci tanpa sentuhan lebih baik daripada mencuci dengan kain lembut?

Beberapa orang berpendapat bahwa cuci mobil otomatis mungkin buruk untuk mobil Anda karena dapat menyikat kotoran pada cat. Mereka menyarankan bahwa pencucian otomatis “tanpa sentuhan” akan lebih baik. Tapi apakah itu?

Belum tentu. Pencucian mobil dengan kain lembut menggunakan bahan yang lebih lembut dan ringan dibandingkan dengan pencucian mobil bekas yang cenderung mengikis permukaan yang dicat. Dan cucian kain lembut yang berkualitas membersihkan tanpa semua bahan kimia keras yang digunakan dalam pencucian mobil “tanpa sentuhan”. Tindakan pembersihan lembut dari pencucian kain lembut mengendur dan menghilangkan kontaminan yang tidak dapat dilakukan oleh bahan kimia kuat dan semprotan bertekanan tinggi.

Bukankah lebih baik jika saya mencuci mobil sendiri?

Jika mencuci tangan adalah pilihan terbaik untuk mobil Anda, bukankah masuk akal jika mencuci mobil Anda sendiri di jalan masuk akan lebih baik daripada mencuci mobil otomatis drive-through? Yah, mungkin tidak.

Mencuci tangan bisa menjadi proses yang paling menyeluruh dan lembut untuk membersihkan mobil Anda, tetapi tidak jika dilakukan dengan tidak benar. Sayangnya, pencucian mobil DIY bisa lebih berbahaya daripada kebaikan karena kebanyakan pemilik mobil tidak memiliki bahan pembersih yang tepat atau pengetahuan untuk melindungi cat dari kerusakan selama pencucian.

Praktik yang buruk – seperti mencuci di bawah sinar matahari, menggunakan sabun cuci piring, atau terlalu sedikit air – lebih menjadi perhatian daripada mencuci otomatis yang dirancang untuk melakukan kerusakan sesedikit mungkin.

Pencucian listrik yang dioperasikan dengan koin dan dilakukan sendiri tidak lebih baik. Penggunaan mesin cuci bertekanan meningkatkan kemungkinan merusak cat Anda atau bahkan membuat panel bodi menjadi dingin. Terlalu dekat dengan tongkatnya dan Anda bahkan bisa mengelupas cat mobil Anda. Jangankan lumpur dan kotoran yang tertinggal di sikat busa oleh pengguna terakhir.

Apakah saya harus membayar untuk layanan tambahan, seperti wax sealant dan pencucian bagian bawah bodi mobil?

Tujuan dari mencuci mobil secara rutin adalah untuk memastikan kontaminan tidak menumpuk atau tertinggal di mobil Anda. Mencuci setiap dua minggu adalah tujuan yang baik. Dan pencucian mobil otomatis adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan tujuan itu di dunia yang sibuk saat ini. Tapi bagaimana dengan layanan “tambahan” di tempat cuci mobil otomatis? Apakah mereka benar-benar berharga?

Yah, tentu saja. Undercarriage mobil Anda tidak perlu dibersihkan setiap kali Anda melewatinya, tetapi sebaiknya dilakukan sesekali. Dan sementara “penghambat karat” di bagian bawah bodi mobil di tempat cuci mobil hampir tidak sama dengan yang diterapkan oleh pabrikan, ada beberapa manfaat untuk menolak kontaminan.

Tentu saja, sealant lilin semprot yang digunakan dalam pencucian mobil otomatis bukanlah pengganti aplikasi lilin yang hati-hati dengan tangan. Tapi itu memberikan perlindungan jangka pendek dan menambahkan gloss untuk cat Anda sebagai suplemen.

Secara umum, layanan tambahan yang ditawarkan di tempat cuci mobil otomatis tidak dimaksudkan sebagai segalanya, akhir segalanya. Ketika digunakan sesekali, mereka adalah suplemen untuk rencana perawatan mobil yang komprehensif.

Bagaimana dengan detail profesional?

Selain sering mencuci mobil, janji temu sesekali dengan detailer profesional dapat membantu memperpanjang umur cat mobil Anda. Sedangkan mencuci mobil berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan kotoran yang dapat menyebabkan kerusakan, detailing berjalan satu langkah (beberapa langkah) lebih jauh.

Perincian profesional menghadirkan layanan perawatan mobil yang lengkap yang mencakup segala hal mulai dari perawatan batangan tanah liat untuk menghilangkan kontaminan yang sudah melekat pada lapisan cat, pemolesan mesin untuk mengembalikan kilau, hingga aplikasi lilin atau sealant yang hati-hati.

Detailer profesional menggunakan banyak produk dan teknik yang dirancang khusus untuk mengembalikan lapisan cat mobil Anda ke kondisi yang hampir seperti baru. Kadang-kadang bahkan lebih baik.

Tentu saja, perincian profesional bukanlah acara dua mingguan. Tetapi dalam kombinasi dengan pencucian biasa, ini adalah penyelamat (kendaraan).