Memiliki penyakit magh atau asam lambung tentu menjadi hal yang tak menyenangkan. Tak bebas makan sesuai keinginan, karena memiliki pantangan makanan.  Di bawah ini akan dijelaskan beberapa makanan yang tidak disarankan dikonsumsi penderita asam lambung.

Makanan Larangan untuk Asam Lambung

Asam lambung terjadi karena tingginya kadar asam di dalam lambung. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan benar. Hal ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan lambungmu selama proses mencerna makanan.

Adapun beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita magh, GERD, dan masalah lambung lainnya adalah sebagai berikut.

Makanan Tinggi Lemak dan Gorengan

Makanan yang memiliki lemak tinggi akan menurunkan tekanan pada esofagus bagian bawah, sehingga menunda pengosongan perut. Jika perut tak segera dikosongkan, risiko yang timbul adalah naiknya refluks.

Untuk menghindarinya, maka sebaiknya mengurangi kadar lemak dalam makanan yang Anda konsumsi. Segala jenis gorengan sebaiknya dihindari. Kadar lemak pada minyak yang digunakan untuk menggoreng bahan masakan sangat memungkinkan memicu asam lambung yang naik tiba-tiba.

Makanan Pedas

Makanan untuk penderita asam lambung makanan pedas biasanya mengandung cabai, di dalam cabai mengandung capsaicin yang bisa memicu naiknya asam lambung. Sensasi makanan pedas dapat membuat perut terasa terbakar dan mengalami gangguan pencernaan.

Selain memberikan rasa pedas, zat capsaicin juga akan memperlambat kinerja pencernaan. Tentu saja hal ini tak baik untuk penderita masalah lambung dan GERD karena makanan tak segera bisa dicerna dengan baik, bahkan bertahan terlalu lama di dalam perut.

Buah dan Sayur dengan Kadar Asam yang Tinggi

Buah dan sayur berserat sangat disarankan untuk penderita asam lambung. Akan tetapi, beberapa jenis sayur tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama buah dan sayur yang memiliki kadar keasaman yang tinggi.

Beberapa di antaranya adalah makanan dari jenis citrus: jeruk bali, lemon, jeruk nipis, selain itu tomat dan makanan turunannya seperti saus tomat, salsa, saus pizza. Jenis bawang juga lebih aman dihindari jika tidak terlalu mendesak untuk dikonsumsi.

Untuk tetap menjaga penderita bisa mendapatkan asupan yang baik, kini terdapat salah satu solusi makanan sehat dari umbi Garut untuk asam lambung yakni Nutriflakes yang patut kamu coba. Komposisi makanan ini cukup aman dan menyamankan lambungmu.

By arief