December 2, 2020

Natudelia

Berita Hangat

Bisnis Ternak Lele, Air Melimpah, Rejeki Melimpah

2 min read


Zaman semakin maju, namun pengangguran semakin meningkat. Karena penduduk sudah semakin banyak. Apalagi tinggal di desa yang lebih sedikit lapangan pekerjaannya. Namun tinggal di desa, bukanlah halangan. Justru di desalah berbagai usaha pertanian dan perikanan dapat dengan mudah untuk dilakukan. Ketersediaan air yang melimpah membuat usaha ternah lele bisa menjadi rejeki melimpah. Cukup dengan kolam, pipa SNI seperti Rucika dan juga bibit ikan, usaha ini dapat dimulai untuk dilakukan.
Memulai Usaha Ternak Lele
1. Niat yang kuat
Untuk memulai usaha harus didasari oleh niat yang kuat dan keberanian untuk memulai. Sebuah usaha tidak akan jalan ketika tidak berani untuk dimulai. Ketika niat telah kuat maka berbagai tantangan dan halangan di depan akan dapat terlewati.
2. Ketekunan
Dalam usaha kolam ini butuh ketekunan di setiap harinya. Untuk memberi pakan ikan, membersihan kolam. Namun ketekunan akan sebanding dengan hasil yang akan di dapatkan.
3. Melihat prospek ke depan
Selama semua orang masih makan, maka usaha ini akan terus berjalan. Banyak penggemar ikan tawar terutama ikan lele. Karena ikan lele tidak memiliki tulang dan rasanya enak. Cocok dimasak berbagai makanan misalnya bakaran, goreng maupun mangut.
4. Menentukan konsumen
Konsumen berkisar pada rumah tangga maupun pemilik usaha kuliner seperti pecel lele maupun warung makan.
5. Peluang
Meskipun cukup menggiurkan. Dengan modal yang tidak besar untuk memulai. Namun persaingan banyak. Pelaku yang bergerak di bidang ternak lele bisa dibilang cukup banyak.
6. Modal awal
Menyediakan modal awal berupa kolam terpal/kolam konvensional/kolam beton. Pakan ikan lele berupa pelet. Pipa SNI seperi Rucika.
7. Lokasi
Lokasi tempat ternak dapat lahan sendiri maupun sewa lahan.
8. Harga jual
Harga jual ikan lele berkisar Rp 22.000 sampai Rp.28.000 per kilogramnya. Dapat dijual langsung kepada konsumen agar dapat memangkas harga pasar.
9. Promosi
Dapat dilakukan melalui social media, misalnya WA, Instagram, FB, youtube dan dapat menyebarkan brosur maupun memasang banner di jalan masuk kampung.
10. Kekurangan
Banyak pesaing yang bergerak di bidang yang sama. Dengan keunggulan ikan yang lebih sehat tentu dapat menjadi kelebihan dari usaha Anda yang akan dimulai.
Setelah membaca artikel ini semoga Anda semakin mantap niat untuk memulai usaha. Awali usaha Anda dengan pemilihan modal awal yang berkualitas. Bibit ikan berkualitas, kolam dan pipa berkualitas seperti pipa SNI Rucika.
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.