Anak yang susah makan memang akan membuat orang tua lumayan khawatir. Apa lagi bila anak susah makan terlalu lama sehingga membuat meyebabkan berat badannya  semakin menurun. Karena itu, orang-tua harus mempunyai solusi menangani anak susah makan dengan beragam cara yang tepat. Berikut beberapa cara yang dapat Bunda coba lakukan.

1. Jangan Dipaksakan

Hal pertama kali yang harus dihindari adalah dengan tidak memaksakan anak untuk makan. Apalagi bila meminta anak untuk makan dengan porsi yang besar dan tidak sesuai umurnya. Lebih baik Bunda membebaskan anak makan sesuai porsi yang diinginkan. Karena apabila dipaksakan bisa jadi anak akan muntah.

2. Berikan Porsi yang Tepat

Solusi menangani anak susah makan yakni dengan memberi porsi yang tepat. Bunda lebih dianjurkan memberikan anak porsi makan yang sedikit tapi sering dibandingkan porsi yang banyak dan jarang. Porsi makan yang terlalu besar, dapat mengganggu pencernaan dan keseimbangan gula darah. Anda harus memberi jarak waktu antara jam makannya.

3. Berikan Menu Makanan yang Bervariasi

Supaya anak tidak jenuh dalam menu makanan yang itu-itu saja maka  Bunda harus memberikan menu makanan yang  bervariasi. Tidak perlu menu makanan yang mahal, asal makanan yang dimakan mempunyai nilai nutrisi yang tepat.

Anda dapat menghias makanan saat sebelum anak makan supaya membuat selera makan anak menjadi naik. Di sini kreasi seorang ibu benar-benar diperlukan. Dengan memberikan makanan dengan tampilan yang menarik tentu akan menggugah selera makan anak.

4. Kurangi Junk Food

Sangat tepat  untuk melatih anak untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan junk food yang mempunyai kandungan kalori dan lemak yang tinggi dan ada zat gula di dalamnya. Terlalu sering mengkonsumsi makanan instant membuat anak mempunyai potensi mengalami kegemukan yang cukup besar. Maka  sebelum anak ketagihan makan junk food, lebih baik  biasakan anak untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.

5. Jangan Berikan Susu Saat Makan

Kenapa hal itu dilarang? Ternyata ada bahaya yang terdapat di dalamnya bila anak diberi susu saat makan. Susu mempunyai kandungan kalsium untuk kesehatan tulang. Tetapi malah saat diberi saat makan kalsium akan mengikat zat besi yang ada di makanan. Ini dapat menyebabkan anak akan mengalami anemia bila terus menerus dilakukan. Anda dapat memberi anak konsumsi susu pada waktu selain makan.

Sekarang Anda pasti sudah mengetahui beragam solusi menangani anak susah makan yang dapat dilakukan dengan beragam cara yang tepat. Bunda yang mempunyai anak susah makan jangan terlalu cepat panik, karena mungkin beberapa cara di atas dapat membantu mengatasi anak susah makan.