Dunia kerja kompetitif, yang menghadirkan serangkaian tantangan unik bagi individu yang baru memulai kehidupan profesional mereka. Jika Anda baru saja lulus dari sekolah menengah atau dari universitas alias fresh graduate, Anda mungkin bertanya-tanya apa langkah Anda selanjutnya dalam hal mencari pekerjaan. Ada kabar baik karena ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda untuk direkrut. Setelah menjadi fresh graduate, seperangkat pedoman berikut akan membantu Anda dalam mencari pekerjaan.

Aktifkan internet Anda dan melakukan pencarian online untuk pekerjaan yang tersedia

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan prospek pekerjaan Anda dan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan sestelah lulus. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan internet dan mencari lowongan kerja yang terbuka yang saat ini sedang diisi. Situs web perusahaan dan papan pekerjaan online adalah dua lokasi paling umum bagi perusahaan untuk memposting iklan untuk peluang yang tersedia. Dengan melakukan pencarian kerja yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan yang anda miliki saat ini, Anda dapat meningkatkan kemungkinan bahwa anda akan melamar pekerjaan yang cocok untuk anda.

Ada sejumlah besar peluang yang tersedia untuk lulusan baru di Indonesia. Begawe adalah mesin pencari kerja Indonesia yang telah dianggap sebagai sumber daya resmi pencarian kerja. Orang – orang dari seluruh dunia, tidak hanya mereka yang tinggal di Indonesia, dapat memposting resume mereka dan melamar pekerjaan yang tersedia menggunakan situs web ini. Begawe menyediakan penggunanya dengan kemampuan untuk mendapatkan lowongan kerja fresh graduate terbaru dari berbagai bidang yang terletak di sejumlah negara yang berbeda.

Jaringan

Anda juga memiliki pilihan untuk terlibat dalam kegiatan yang memperluas jaringan profesional Anda. Mencari pekerjaan di bidang yang menarik minat Anda dapat pergi lebih cepat jika Anda memiliki kontak dengan orang-orang yang saat ini bekerja di bidang itu. Anda dapat mencapai tujuan ini dengan mengambil bagian dalam kegiatan yang diarahkan pada jaringan atau melalui komunitas profesional. Hubungi pusat karir di sekolah Anda jika Anda tidak yakin bagaimana untuk memulai atau mencari pekerjaan secara online melalui komunitas jaringan lokal di wilayah anda. Kedua opsi ini tersedia untuk anda. Kedua kemungkinan ini adalah tempat yang sangat baik untuk mencari apa yang Anda butuhkan.

Kirim lamaran pekerjaan menyertakan surat lamaran dan CV Anda

Setiap kali Anda mengirimkan lamaran untuk pekerjaan, Anda harus selalu menyertakan surat lamaran dan CV Anda. Dalam kedua dokumen ini, Anda perlu menekankan keterampilan dan pencapaian Anda sebanyak mungkin. Pastikan untuk menyesuaikannya sehingga memenuhi kebutuhan spesifik dari pekerjaan yang anda cari. Anda harus berkonsentrasi pada presentasi bakat dan pengetahuan yang Anda percaya relevan dengan pekerjaan yang anda cari. Hal ini sangat penting jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya di bidang yang Anda lamar.

Tindaklanjuti setelah melamar pekerjaan

Sangat penting bagi anda untuk menindaklanjuti lamaran pekerjaan apa pun yang telah Anda kirim, terlepas dari kapan mereka diajukan. Dengan menindaklanjuti dengan perusahaan atau HRD atau kepada siapa Anda mengirimkan lamaran Anda, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda tertarik pada pekerjaan dan bahwa anda bersedia melakukan apa pun untuk mendapatkan pekerjaan. Setelah menyelesaikan pendidikan Anda dan menerima gelar Anda, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menemukan pekerjaan jika Anda memperhatikan pedoman ini dan mempraktikkannya.

By Drajad