Bisa dibilang hardisk merupakan salah satu komponen penting yang ada pada laptop, pc dekstop, konsol untuk menyimpan semua data yang ada.

Harddisk digunakan untu menyimpan data, pada harddisk terdapat sebuah piringan magnetis yang berguna untuk menyimpan data. Semakin banyak piringan, semakin besar pula data yang bisa disimpan.

Lama-kelamaan, ukuran hardisk kian menyusut. Selain bisa dipasang di dalam perangkat, saat ini harddisk juga bisa digunakan secara eksternal atau sering disebut juga harddisk eksternal.

Harddisk sendiri memang cukup berisiko terjadi kerusakan akibat sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan.

Biasanya, hardisk rusak sering terjadi akibat kelalain pengguna atau umur harddisk yang sudah terlalu lama. Alhasil, data yang ada di dalam harddisk tiba-tiba hilang.

Untuk itu, saya akan menjelaskan beberapa penyebab mengapa harddisk yang anda miliki bisa mengalami kerusakan. Ikuti artikel ini sampai akhir biar gak ketinggalan infonya ya.

Penyebab Harddisk Rusak

Sudah saya jelaskan sebelumnya, terdapat beberapa penyebab mengapa harddisk bisa mengalami kerusakan. Nah beberapa kasus ini mungkin pernah ada temui sebelumnya. Agar tidak terjadi lagi, anda harus mengetahui penyebabnya agar bisa mengantisipasi nanti.

1. Penggunaan yang berlebihan

Penggunaan komputer atau laptop yang berlebihan memang bisa merusak kinerja harddisk. Agar bisa terhindar dari kerusakan ini, berikan jeda waktu istirahat untuk mendinginkan bagian dalam komputer atau laptop. 

Jika sekiranya sudah dingin, anda bisa menggunakan kembali laptop atau komputer tersebut.

2. Overheat

Harddisk sendiri memang berifat mudah panas. Jika perangkat komputer atau laptop dalam keadaan overheat, ini akan berpengaruh ke perangkat harddisk.

Jika hal ini terus berlangsung dalam waktu yang lama, maka harddisk komputer atau laptop akan lebih cepat rusak.

3. Terjatuh atau Terbentur

Nah hal ini memang cukup penting untuk anda waspadai, apalagi sudah berbicara dengan harddisk. Jika harddisk mengalami benturan keras atau terjatuh cukup tinggi berpotensi mengalami kerusakan dibagian dalamnya.

Karena harddisk sendiri cukup sensitif mengalami kerusakan, apalagi dikarenakan benturan yang keras. Untuk itu, hindari dari hal-hal seperti ini.

4. Aliran listrik tidak stabil

Aliran listrik yang tidak stabil pun bisa mempengaruhi kemampuan putaran harddisknya. Jika kecepatan putaran harddisk tidak stabi akan mengakibatkan kerusakan seperti bad sector.

 

Penutup

Berikut adalah penjelasan terkait penyebab kerusakan pada harddisk. Ternyata masih ada lagi loh ciri hardisk rusak yang bisa anda ketahui. Penasaran? Cek selengkapnya hanya di https://www.infokuy.net/