Jenis Vaksin

Jenis Vaksin – Virus covid-19 sudah mulai menyerang ke wilayah Indonesia sejak awal 2020 lalu, virus yang menyerang bagian pernafasan ini adalah virus yang tergolong sangat cepat menyebar. Lebih parahnya virus ini juga membuat aktifitas masyarakat harus di batasi.

Beberapa upaya untuk mengendalikan penyebaran virus ini sudah pemerintah lakukan seperti membatasi kegiatan masyarakat dengan mengadakan PPKM, mewajibkan semuamasyarakat memakai masker ketika harus beraktifitas di luar rumah sampai mendatangkan jutaan vaksin.

Pemerintah melakukan semua itu semata-mata hanya ingin negeri kita kembali pulih agar ekonomi juga kembali pulih dan pelajar akan kembali belajar di sekolah tanpa harus di batasi oleh waktu akibat pergantian jadwal.

Berbicara mengenai vaksin, tahukah kamu apa itu vaksin ? Vaksin merupakan senjata ‘biologis’ yang di sediakan oleh pemerintah untuk meningkatkan imun kita sehingga meminimalisir untuk kita cepat tertular virus covid-19 ini.

Vaksin sendiri memiliki berbagai jenis seperti Sinovac, Astrazeneca, Moderna, Sinopharm dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri sudah menggunakan beberapa varian vaksin seperti vaksin yang di usulkan pertama adalah vaksin sinovac, kemudian vaksin Astrazeneca, vaksin Moderna, hingga vaksin Sinopharm.

Jenis Vaksin

Beda jenis beda juga tingkat ke efektifannya dan beda juga efek samping dari setiap varian vaksin, berikut saya akan membahas mengenai vaksin apa saja yang di gunakan di Indonesia lengkap dengan ke efektifannya.

1. Sinovac

Dilansir melalui laman resmi Zine.id, vaksin jenis Sinovac ini berasal dari negara China dan merupakan vaksin pertama yang di gunakan di Indonesia bukan hanya Indonesia vaksin ini juga sudah di gunakan di negara lain seperi China, Brazil, Turki, dan Chile. Lalu untuk efek sampingnya sendiri seperti apa ya ? Vaksin varian Sinovac memiliki efek samping seperti nyeri otot, sakit kepala, dan untuk beberapa orang efek lain yang di timbulkan dari vaksin jenis ini adalah rasa kantuk. Bila kamu mengalami gejala atau efek samping yang di sebutkan tadi maka anda tidak perlu khawatir.

2. AstraZeneca

varian vaksin yang di gunakan di Indonesia berikutnya adalah jenis AstraZenece, varian vaksin ini berasal dari Inggris, untuk negara yang sudah menggunakan vaksin jenis ini adalah Indonesia, Inggris, Amerika, Afrika Selatan, Colombia, Argentina dan Peru. Untuk efek samping yang di akibatkan vaksin jenis ini adalah demam, rasa lelah, bengkak di lokasi penyuntikan, sakit kepala, menggigil, radang tenggorokan. Jika kamu juga mengalami efek samping yang di sebutkan di atas kamu tidak perlu khawatir.

3. Moderna

Varian vaksin yang sudah di gunakan di Indonesia berikutnya adalah vaksin jenis Moderna, vaksin ini berasal dari negara Amerika Serikat, negara yang memakai vaksin jenis ini adalah Amerika Serikat, Indonesia. Efek samping yang akan di rasakan setelah penyuntikan adalah menggigil, bengkak di area penyuntikam, dan sakit kepala.

4. Sinopharm

Vaksin varian Sinopharm berasal dari negara China, vaksin ini sudah di gunakan di beberapa negaras seperti China, Maroko, Uni Emirat Arab, Indonesia, Bahrain, Mesir, Pakistan, Argentina, Jordan dan Peru. Efek samping yang di timbulkan oleh vaksin varian ini adalah demam ringan, sakit kepala, rasa lelah, serta nyeri dan kemerahan pada area suntikan.

Itulah beberapa varian vaksin covid-19 yang saat ini sudah digunakan di Indonesia, setiap vaksin memiliki efek sapingnya masing-masing itu bukan berarti vaksin akan membahayakan tubuh kita, efek samping yang kita rasakan setelah vaksinasi itu wajar saja karena itu merupakan respon dari tubuh kita ketika menerima hal baru atau obat baru apalagi hampir semua jenis vaccine berasal dari luar.

Dan sebelum melakukan vaksinasi kamu juga akan di berikan beberapa pertanyaan oleh dokter agar dokter dapat menyimpulkan apakah kamu memang layak untuk di vaksin atau tidak, jadi tidak sembarangan main suntik saja ya. Karena itulah untuk kamu yang belum vaksin yuk mari kita vaksin! Jangan takut di vaksin!

Sumber Berita