Muelheim: Petenis peringkat 2 dunia Kento Momota dari Jepang dan Juara Dunia bertahan Loh Kean Yew dari Singapura tersingkir lebih awal di German Open 2022 pada hari Rabu.

Memainkan turnamen pertamanya musim ini, mantan peringkat 1 Dunia Kento Momota menunjukkan penampilan terbaiknya ketika ia berhasil mendorong rekan senegaranya dan peringkat 19 Dunia Kenta Nishimoto hingga batasnya sebelum kalah di game pertama 21-23.

Namun, Momota tampak kehabisan bensin saat melawan Nishimoto yang ganas, dengan tertinggal 9-21 di game kedua.

Nishimoto akan memerankan Brian Yang dari Kanada selanjutnya. Yang, di sisi lain, juga menciptakan kejutan besar lainnya dengan juara dunia bertahan yang menakjubkan – Loh Kean Yew dari Singapura 12-21, 21-16, 21-18 dalam 58 menit.

Menariknya, Loh hanya kalah dua pertandingan sejauh musim ini, di final India Open 2022 (kalah dari Lakshya Sen dari India) dan putaran pertama German Open. Dan kedua kali, dia dikalahkan oleh pemain yang dia latih bersama di kamp pelatihan Viktor Axelsen di Dubai.

Pada pertandingan babak pertama tunggal putra lainnya, petenis Malaysia peringkat 7 dunia Lee Zii Jia dipaksa bekerja sebelum memenangkan pertandingan pembukanya melawan Mark Caljouw dari Belanda.

Caljouw merebut set pertama 21-19 tetapi Lee tampak seperti membalikkan keadaan ketika menyamakan kedudukan 21-13 dan menembakkan semua silinder di set penentuan untuk mengalahkan Belanda 21-8. Lee akan bertemu Christo Popov dari Prancis di babak kedua.

“Saya membuat banyak kesalahan sendiri di game pertama,” kata Lee.

“Caljouw adalah pemain yang sangat berpengalaman, saya telah memainkannya beberapa kali sebelum ini, dia adalah pemain yang bagus,” tambah Lee.

“Saya telah mempersiapkan diri bahwa hari ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi saya,” jelas Lee.

Malang: Petenis peringkat 47 dunia China Weng Hong Yang mengalahkan rekan senegaranya Len Lan Xi dalam dua set langsung 21-10, 21-10 Minggu untuk memenangkan Indonesia International Challenge 2022.

Weng yang juga menjuarai Korea Open 2022, diperkirakan akan melompat ke peringkat 39 dunia dalam peringkat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) minggu depan.

Final tunggal putri menampilkan Gao Fang Jie dari China memenangkan gelar pertamanya dalam 5 tahun, mengalahkan juara Dunia Junior 2019 Riko Gunji dari Jepang 21-9, 21-11. Gao mengklaim gelar internasional terakhirnya di Korea Masters 2017 ketika dia mengalahkan Lee Jang-mi dari Korea 21–19, 21–5 di final.

Baca artikel terbaru mengenai bulu tangkis di berita bulutangkis

Pelajari juga sejarah bwf di artikel sejarah bwf

By roket