March 2, 2021

Natudelia

Berita Hangat

Lakukan Riset Pasar Sebelum Buat Toko Online

2 min read
Lakukan Riset Pasar Sebelum Buat Toko Online

toko online menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis bahkan banyak yang baru merintis bisnis di toko online. Namun tidak boleh sembarangan karena harus melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum buat toko online.  Anda tentu harus mencari tahu permintaan pasar dan mencari tahu pemikiran masyarakat dan minat atas produk yang diinginkan. Temukan solusi dari kebutuhan tersebut.

Selaraskan Toko Online dengan Produk dan Niche yang Sedang Populer

Tentunya, Anda ingin menjual produk yang selalu laku dipasaran namun bisa saja pelanggan lebih memilih membeli barang di toko fisik karena berbagai alasan sendiri. Jika hal ini terjadi maka keuntungan yang didapatkan akan lebih kecil bahkan bisa saja gagal jika produk tidak laku.

Sebaiknya berikan alasan penting agar orang bisa membeli produk di toko Anda. Salah satu alasan terbaiknya adalah produk hanya dapat ditemukan di toko Anda dan bukan di toko lain. Untuk menghasilkan pendapatan bagi toko Anda, jual produk populer.

Dalam jangka panjang, ini tidak hanya akan mendatangkan keuntungan jangka pendek, tetapi juga akan membawa kesuksesan ke toko Anda. Oleh karena itu, jangan memberikan produk atau layanan yang hanya mengikuti trend saja. Cobalah untuk menjual produk yang semakin populer.

Cari Titik Temu Antara Passion dan Target Pasar yang Dituju Toko Online

Apabila Anda membuka toko online tanpa mencari titik temu antara passion Anda dan juga pasar yang dituju, maka membuka toko online seperti tidak ada artinya. Saat berbisnis, uang adalah motivasi terbesar. Semua orang tahu. Namun, dalam menjalankan bisnis bukan hanya tentang menghasilkan banyak keuntungan, juga bukan hanya masalah keuangan.

Banyak hal yang harus dipikirkan seperti mencari tahu tentang produk dan pasar, apakah bisnis akan dikembangkan hingga lebih dari 5 tahun, pengalaman Anda dalam bisnis ini, apakah bisnis Anda mampu bersaing dengan bisnis lain, keunggulan bisnis dan produk, apakah keunikan yang dimiliki dibandingkan pesaing, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Memastikan Ide Toko Online dan Permintan Pasar

Setelah memahami passion dan target pasar, langkah selanjutnya yaitu memahami permintaan pasar. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya salah satunya adalah dengan menggunakan mesin pencari yang populer. Gunakan mesin pencari untuk mencari produk-produk yang paling best seller atau juga untuk melakukan riset kata kunci dan keyword yang paling sering dicari.

Membuat Prototype atau MVP Toko Online

Misalkan Anda sekarang memiliki ide yang digunakan untuk membuat toko online. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa ide yang ingin Anda hasilkan berkualitas. Mungkin baru saja dibuka memang tidak sempurna namun tetap harus berusaha hingga bisa mendapatkan kualitas terbaik.

Untuk membantu Anda buat toko online, Pesanlokal.com hadir untuk membantu Anda dalam membuat website mini hanya dengan 3x klik saja. Anda bisa membuat daftar harga, upload produk, dan menerima pesanan lebih mudah dan cepat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.