Struktur Teks Laporan Studi – Tentu saja, melakukan penelitian yang benar mengharuskan Anda mengikuti langkah-langkah dan petunjuk yang tepat agar semuanya sesuai dengan apa yang sedang dilakukan. Biasanya orang yang menyelesaikan pengamatan dalam penelitian harus menulis teks laporan percobaan sebagai hasil penelitian.

 

Teks laporan pengujian terdiri dari judul dan memuat dua bagian penting yang membentuk kerangka, yaitu pernyataan umum dan deskripsi. Setiap bagian ini terdiri dari kutipan dan penjelasan yang mendukung percobaan yang dilakukan.

 

Klausa umum berisi uraian atau klasifikasi yang isinya secara umum berkaitan dengan soal tes. Bagian ini terdiri dari latar belakang, tujuan dan landasan teori. Bagian deskriptif terdiri dari alat dan bahan, langkah-langkah pengujian, hasil pengujian dan kesimpulan. Beberapa laporan sederhana memiliki struktur yang lebih singkat yaitu judul, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, hasil pengujian dan kesimpulan. Sementara itu, laporan yang lebih kompleks dapat mencakup bagian lain seperti analisis/pembahasan data, variabel eksperimen dan lain-lain.

 

Agar sahabat Grameds dapat lebih mudah memahami bagaimana cara menggunakan struktur teks laporan ujian yang benar sebagai informasi tambahan, maka dari itu kami mencoba memaparkan struktur teks laporan ujian yang benar beserta fitur dan fungsinya dalam pembahasan kali ini. Untuk pembahasan lebih detail mengenai struktur review, simak di bawah ini!

Baca Juga : 

 

Jasa Publikasi Jurnal Nasional dan Internasional 

Definisi laporan pengujian

Laporan merupakan salah satu bentuk observasi dan menginformasikan kepada publik tentang hasil yang dicapai. Berdasarkan pengertian tersebut, teks naratif adalah suatu bentuk tulisan yang menggambarkan suatu fenomena yang dapat diamati oleh pembaca.

 

Teks laporan (report text) juga sering disebut sebagai teks klasifikasi. Karena dalam teks ini objek-objek diklasifikasikan menurut kriteria tertentu. Teks ini hampir sama dengan teks deskriptif, tetapi gayanya berbeda. Jika teks deskriptif membahas topik tertentu, teks naratif membahas fenomena yang lebih luas atau topik umum.

 

Teks laporan tes adalah teks yang menjelaskan tujuan, proses, dan hasil tes. Teks laporan percobaan adalah teks yang melaporkan percobaan yang dilakukan oleh seorang peneliti. Teks laporan tes biasanya digunakan untuk melaporkan hasil tes, artikel ilmiah atau laporan praktek. Teks laporan hasil tes dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil tes. Teks hasil tes bersifat umum atau universal.

 

Secara umum, test report text digunakan untuk melaporkan hasil tes, hasil tes, atau laporan latihan yang menjelaskan materi, alat, dan proses tes. Eksperimen dilakukan dengan memanipulasi objek.

Biasanya, orang atau kelompok yang melakukan eksperimen memiliki hasil atau hipotesis yang diklaim. Hipotesis ini harus diuji dan dibuktikan dalam eksperimen fungsional. Padahal, teks laporan tes tidak jauh berbeda dengan teks laporan observasi. Namun setelah diteliti dengan seksama, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses percobaan yang dilakukan.

Struktur teks laporan pengujian

Struktur teks laporan penelitian dibagi menjadi dua bagian, yaitu pernyataan umum dan deskripsi. Perbedaannya adalah bahwa pernyataan umum berisi gambaran umum atau klasifikasi suatu subjek. Pada saat yang sama, deskripsi memuat aspek-aspek laporan yang diurutkan menurut klasifikasi tertentu.

 

Secara umum, teks laporan pengujian terdiri dari lima struktur. Sebelum melanjutkan dengan contoh laporan pengujian, harap perhatikan struktur laporan pengujian dalam bentuk uraian di bawah ini ya sobat Gramed!

 

sasaran

Pada bagian ini, Anda perlu memberikan latar belakang mengapa percobaan ini perlu dilakukan. bahan dan alat

Tuliskan alat-alat yang digunakan dalam percobaan tersebut. Materi yang digunakan benar-benar ditulis sesuai dengan apa yang digunakan dalam ujian.

 

 

periode percobaan

Sebutkan dan jelaskan secara rinci proses atau langkah sistematis yang Anda ikuti dalam proses percobaan. Sampaikan pula langkah-langkah percobaan atau cara kerjanya dengan menggunakan klausa aktif, bukan kalimat perintah, untuk menceritakan apa yang dilakukan selama percobaan.

 

Hasil Eksperimen

Pada bagian ini Anda dapat menjelaskan pengamatan Anda menggunakan hasil percobaan. Jelaskan hasil tes secara rinci.

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

Terakhir, tarik kesimpulan tentang hasil yang Anda dapatkan dari semua proses percobaan yang Anda jalankan. Kesimpulan adalah jawaban dari hipotesis yang diajukan.

 

Adapun struktur laporan audit yang disusun dalam bentuk pernyataan umum adalah sebagai berikut:

 

 

judul

Sebagai salah satu bentuk karya ilmiah, teks laporan percobaan juga memiliki judul. Judul teks laporan tes umumnya menggambarkan jenis tes yang akan dibuat. pengantar

Pendahuluan Struktur teks laporan pengujian selanjutnya adalah pendahuluan. Pendahuluan memiliki tiga unsur yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan percobaan.

 

 

bahan dan alat

Tentunya dalam melakukan percobaan atau penelitian membutuhkan bahan dan alat.

 

Coba langkah-langkah dalam proses

Teks laporan audit harus secara jelas menjelaskan langkah-langkah audit. Dalam struktur teks ini biasanya dijelaskan secara rinci langkah demi langkah. Namun, dalam teks laporan percobaan sampel di atas, langkah-langkah kegiatan percobaan ditulis dalam bentuk bullet sederhana.

 

Dipersembahkan oleh

VDO. Oh

Bermain diam-diam

layar penuh

Kesimpulan

Struktur teks akhir laporan penelitian adalah kesimpulan. Kesimpulan adalah gambaran singkat dari keseluruhan rangkaian tes.

 

 

 

 

 

 

Contoh properti teks laporan

Setelah Anda memahami contoh dan memahami struktur teks laporan pengujian, langkah selanjutnya adalah memahami sifat-sifat teks laporan pengujian.

 

Di bawah ini adalah beberapa ciri teks laporan hasil percobaan sebagai berikut:

 

 

Laporkan hasil tes. Eksperimen sains dilakukan untuk membuktikan sesuatu.

Teks laporan tes diawali dengan penjelasan tujuan tes.

Sebutkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ujian!

Menjelaskan prosedur untuk melakukan percobaan dan pengamatan. Menyajikan hasil tes.

Di bagian akhir laporan disajikan kesimpulan hasil eksperimen berdasarkan hasil analisis data observasi. harus mengandung fakta.

Bersikaplah objektif.

Harus menulis secara lengkap dan sempurna.

Tidak mengandung konten yang diskriminatif, merugikan atau bias.

Disajikan dengan cara yang menarik dengan tata bahasa yang jelas, konten yang berat, dan pengaturan yang logis. Aturan bahasa untuk teks laporan audit

Aturan bahasa laporan pengujian adalah sebagai berikut:

 

 

Penggunaan sinonim dan antonim

Teks laporan pengujian biasanya berisi sinonim atau bahkan antonim. Biasanya kata-kata ini ditemukan di bagian Langkah Eksperimen.

 

Penggunaan kata bilangan

Dalam teks laporan pengujian Anda akan menemukan angka kata yang menunjukkan jumlah bahan yang digunakan dalam tes.

 

Menggunakan pernyataan perintah

Dalam teks laporan pengujian terdapat perintah seperti prefer, avoid, mix, combine, mix, wrap dan lain-lain.

 

Penggunaan konjungsi

Dalam teks laporan kasus anda akan menemukan konjungsi and, but, when, when, if, so, though dan lain-lain

 

 

Tujuan dari study report text

Tujuan dari teks laporan tes ini adalah untuk memahami materi berdasarkan tes tertulis. Eksperimen dilakukan melalui observasi untuk mengidentifikasi hubungan sebab akibat antar gejala. Isi laporan pengujian dengan demikian dimulai dengan deskripsi tujuan, prosedur dan pengujian sistem.

Bagaimana cara membuat teks laporan pengujian?

Setelah menyelesaikan observasi, hasilnya tentu saja harus dicatat dalam teks laporan tes. Jadi bagaimana Anda mewujudkannya? Simak penjelasannya di bawah ini ya Sobat!

 

Buat garis besar berdasarkan struktur teks laporan pengujian

Pertama buat outline sesuai dengan struktur teks laporan pengujian. Dimulai dari tujuan percobaan, alat dan bahan yang digunakan selama percobaan, serta langkah-langkah dari awal sampai akhir percobaan. Kemudian tuliskan hasil tes dalam bentuk tabel, grafik, grafik atau gambar untuk memudahkan pembaca melihat hasilnya. Setelah itu, tuliskan hasil akhir dari tes tersebut.

 

Mari kita perluas tugas ke seluruh teks

Setelah membuat garis besar, Anda perlu mengembangkan semua teks darinya. Ingatlah untuk mengikuti aturan bahasa yang digunakan agar hasil laporan tes mudah dipahami.

 

Contoh teks laporan percobaan

Judul:

 

Buat pelangi di pesta kaca

 

Tujuan:

 

Ketahui proses pelangi dengan alat sederhana

 

Alat dan bahan yang digunakan :

 

cukup air

kaca,

gunting,

kaca (ukuran cocok untuk kaca),

Lentera. periode percobaan:

 

Tuang air ke dalam gelas, lalu letakkan gelas di atas meja.

Tempatkan kaca secara diagonal atau diagonal di atas kaca.

Menggelapkan ruangan dengan mematikan lampu, menutup gorden, dll.

Nyalakan senter lalu arahkan senter ke kaca di dalam kaca. Lihatlah pelangi yang terlihat dari sudut kaca. Sesuaikan sudut kaca untuk mendapatkan hasil yang berbeda.

Hasil tes:

 

Jika senter dinyalakan lalu diarahkan ke gelas di dalam gelas yang berisi air, akan muncul pelangi dari sudut gelas. Ini bisa terjadi karena air di dalam gelas membiaskan cahaya dari senter.

 

Karena cahaya memiliki sifat gelombang, yaitu. H. Cahaya yang dipancarkan lurus dapat dibiaskan. Jadi senter juga bisa digunakan untuk membuat pelangi, asalkan ada lingkungan yang bisa membengkokkannya. Kesimpulan:

 

Dari percobaan membuat pelangi pada kaca, dapat disimpulkan bahwa pelangi dapat timbul akibat pembiasan cahaya. Air mengarahkan cahaya yang masuk dan keluar, sehingga terbentuk pelangi di permukaan kaca.

 

Contoh teks laporan tes lainnya:

 

Judul:

 

Membuat slime tanpa boraks

 

Tujuan:

 

Anda bisa membuat slime sendiri di rumah dari bahan-bahan yang aman dan harganya lebih murah dibandingkan membelinya di luar. Kegiatan ini dapat membuat Anda lebih kreatif dan inovatif.

 

Alat dan bahan:

 

Lem sapi secukupnya

cuci bubuk secukupnya

Pembersihan lantai yang cukup

Blender (bisa dengan blender, sendok atau dengan tangan)

cukup air

Detergen cair secukupnya

Wadah slime (berupa baskom atau sejenisnya)

Melangkah:

 

Campurkan Lem Povinal, Pembersih Lantai, Detergen Cair, Deterjen Bubuk dan air secukupnya dalam wadah slime, campuran ini biasa disebut aktivator. Lalu aduk adonan hingga tercampur rata.

Tambahkan lem Povinal ke dalam campuran aktivasi.

Kemudian aduk hingga kekentalan atau bentuknya kental. 5. Masukkan ke dalam freezer. Kemudian hapus setelah 5-10 menit.

Campur hampir untuk dimainkan.

Slime siap digunakan.

Skor:

 

Saatnya membuat slime yang aman dimainkan tanpa boraks. Saat ini slime sangat populer di kalangan anak-anak. Kesimpulan:

 

Dengan membuat slime sendiri, pengetahuan dan kreativitas Anda akan bertambah. Di sisi lain, kamu juga bisa berhemat dan membeli slime yang lebih aman jika terkena kulit karena tidak mengandung boraks.

 

Contoh teks laporan tes lainnya:

 

Judul:

Eksperimen telur asin

 

Tujuan:

 

Telur asin adalah telur yang dibuat dari telur bebek yang terlebih dahulu melalui proses penggaraman. Telur asin mengandung banyak vitamin dan nutrisi, sehingga mengonsumsi telur asin dapat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat makan telur asin adalah menjaga stamina dan meningkatkan penglihatan. Proses pembuatan telur asin sangat sederhana dan dilakukan dengan cara tradisional.

 

Alat dan bahan:

 

telur bebek

Abu Rub

volume

Garam

untuk mempertajam

Langkah-langkah mengikuti ujian:

 

Cuci telur bebek dengan hati-hati dan giling tipis kulit telurnya. Campurkan abu, tanah liat dan garam sampai merata.

Olesi telur yang sudah dikocok sebelumnya dengan adonan. 4. Biarkan telur pada suhu ruangan maksimal 20 hari atau 3 minggu.

Kesimpulan:

 

Berdasarkan hasil pengujian, olahan telur asin memberikan kandungan gizi yang cukup lengkap dan cocok untuk segala usia kecuali penderita darah tinggi. Hal ini disebabkan kandungan garam yang tinggi pada telur asin. Meski telur asin memiliki kandungan gizi yang lengkap, namun tidak disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

 

 

Contoh teks laporan tes lainnya:

 

Judul:

 

Pembuatan Tempe Mendoa Asli Banyumas

 

Tujuan:

 

Tempe mendoan merupakan makanan olahan yang sangat populer di Indonesia. Tujuan pembuatan Tempe Mendoan adalah untuk mencicipi resep asli Tempe Mendoan Banyuma yang sangat lezat dan menarik untuk dicicipi.

 

Alat dan bahan:

 

10 Tempe mendoa siap pakai

250 gram tepung terigu protein sedang

50 gram tepung beras

2 bawang bombay (gunakan bagian hijaunya saja dan potong tipis-tipis)

400 ml air

minyak untuk menggoreng

pisau

baterai lainnya

Bumbu halus:

 

1 cm kencur

2 siung bawang putih

¾ sendok teh ketumbar

Tambahkan garam secukupnya

Bahan-Bahan Kecap Tempe Mendoan :

 

5 sendok kecap manis

1 siung bawang putih, cincang

4 buah cabai rawit merah atau sesuai selera

2 siung bawang merah (bisa disisihkan jika tidak suka)

Tambahkan garam secukupnya

Bagaimana melakukan:

 

Campur tepung terigu dan tepung beras hingga rata. Tambahkan irisan tipis daun bawang dan bumbu halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga semua bahan tercampur dan adonan bebas dari gumpalan. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau encer karena akan merusak tekstur tempe mendoan.

Panaskan minyak dalam jumlah banyak.

Panaskan minyak, masukkan tempe mendoan yang sudah dilumuri tepung. Masak sebentar hingga berwarna, angkat dan tiriskan. Lakukan sampai semua adonan tempe mendoan habis.

Untuk membuat saus Tempe Mendoan:

Aduk cabai rawit cincang, bawang putih cincang, dan bawang merah cincang. Campur semua bahan dengan kecap asin dan aduk hingga rata.

Sajikan panas dengan saus Tempe Mendoan. Kesimpulan percobaan:

 

Berdasarkan hasil percobaan, ternyata pembuatan tempe mendoan khas Banyum cukup unik dan berbeda dengan resep tempe mendoan daerah lainnya. Makan tempe mendoan juga sangat menyenangkan bersama keluarga, namun sebaiknya jangan terlalu banyak makan tempe mendoan karena kandungan lemak dan kalori yang tinggi pada minyaknya tidak baik untuk kesehatan.

 

 

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pentingnya struktur teks dalam laporan percobaan. Pembahasan kali ini tidak hanya tentang pendefinisian struktur teks laporan pengujian, tetapi juga tentang ciri-ciri, jenis, tujuan, kelebihan dan contoh struktur teks laporan pengujian itu sendiri.

 

Memahami struktur teks laporan tes membantu untuk lebih memahami hasil penelitian kami dengan teks tes dan memfasilitasi pembuatannya.

 

Karenanya revisi konsep struktur tekstual laporan pengujian. Gramediawan yang ingin mempelajari semua tentang memahami struktur teks laporan percobaan dan informasi tentang bahasa lain dapat menemukan buku tentang subjek tersebut di Gramedia.com.

By roket