Rambutan atau bisa disebut Nephelium lappaceum adalah buah dari Asia Tenggara dan juga Indonesia.

Sekilas buah rambutan ini mirip dengan leci, tetapi buah rambutan terdapat rambut pada kulitnya sedangkan leci tidak memiliki bulu.

Selain rasanya yang lezat dan juga manis, manfaat buah rambutan juga baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Selain itu, buah rambutan juga mengandung magnesium, folat, zinc, kolin, dan aneka vitamin yang baik untuk tubuh, seperti vitam A dan vitamin B.

Buah rambutan juga memiliki aneka antioksidan, seperti anthocyanin, senyawa fenolik, dan flavonoid.

3+ Manfaat Buah Rambutan

Karena buah rambutan mengandung banyak nutrisi, dan juga buah rambutan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan pada tubuh kita, antara lain:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sama seperti buah-buhan yang lain jenis buah ini mengandung kalium yang baik untuk tubuh, rambutan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung kita.

Kalium ialah salah satu jenis mineral yang berperan sangat penting dalam menurunkan tekanan darah dan menjaga jantung agar tetap stabil.

Bukan hanya itu, antioksidan pada buah rambutan juga memiliki peranan penting dalam mengurangi peradangan, sehingga mampu mengurangi risiko terkenanya penyakit jantung dan stroke.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, kesehatan dan kekuatan tulang kita akan menurun. tetapi, hal tersebut bisa kita cegah, jika kamu rutin mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan juga kalium.

Seperti buah rambutan, sayuran berdaun hijau, ikan, kacang-kacangan, susu, keju, dan yoghurt.

Rutin mengonsumsi buah rambutan, agar kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik, kamu juga harus rutin untuk tetap aktif berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

 

  1. Melancarkan Sistem Cerna

Buah Rambutan adalah salah satu jenis buah yang mengandung cukup banyak serat dan kandungan air yang sangat banyak.

Kandungan serat pada buah rambutan juga baik untuk melancarkan pencernaan dan proses pengeluaran tinja saat BAB.

Dengan kamu mencukupi asupan serat dari buah rambutan atau sayuran lainnya, kamu akan terhindar dari sembelit atau konstipasi.

sumber : beritrust.com