December 2, 2020

Natudelia

Berita Hangat

Mengenal Fitur Lampu Sorot Mobil Terbaik

3 min read
 

Headlamp atau yang sering disebut dengan lampu sorot mobil merupakan sistem penerangan utama dalam kendaraan roda empat ini. Sistem penerangan utama pada bagian luar mobil ini, sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, dimana jenis penerangan ini kini dapat kita temukan multireflektor. Tidak hanya dapat memberikan sistem pencahayaan jarak dekat saja, namun sistem penerangan untuk berbagai medan pun sudah dapat kita dapatkan dalam 1 jenis reflektor.

 
Dalam sistem kerja utamanya lampu sorot ini akan memberikan 3 sistem pencahayaan yaitu low, high dan flash. 3 sistem ini biasanya akan digunakan untuk situasi berbeda, dimana sistem low hanya mampu memberikan penerangan jarak dekat dan high akan memberikan sistem pencahayaan jarak jauh.
 
Dalam perkembangannya sendiri lampu sorot ini memiliki berbagai fitur yang semakin hari dapat kita temukan semakin canggih, sehingga mampu membantu pengendara lebih nyaman dan aman dalam mengemudikan kendaraan yang mereka miliki. Meskipun memiliki banyak fitur, namun ketika hendak menggunakan mobil kita tetap harus melakukan kontrol terlebih dahulu pada fungsi headlamp tersebut, agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan yang dapat membahayakan keselamatan ketika berkemudi.
 

Berikut ini beberapa fitur yang dapat kita temukan pada berbagai jenis lampu sorot dan lampu sorot mobil yang kini banyak beredar di pasaran otomotif, diantaranya adalah:

●    Auto headlamp

Merupakan fitur yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu kota secara otomatis. Fitur ini bekerja dengan sistem pencahayaan pada posisi low, dimana lampu besar pada mobil akan secara otomatis menyala, ketika pengemudi memasuki area yang memang lebih gelap, seperti ketika melewati sebuah terowongan. Fitur pada lampu sorot ini dapat bekerja karena memang saat ini lampu tersebut telah dilengkapi dengan automatic control system yang merupakan sensor pendeteksi kecerahan pada sekitar mobil.
 

●    Follow me homer

Merupakan fitur khusus pada headlamp dimana pencahayaan dapat terus dilakukan selama 30 detik ketika penumpang ataupun pengemudi mobil keluar dari kendaraan yang mereka tumpangi tersebut. Sistem penerangan ini dibuat untuk memberikan pencahayaan kepada pengemudi ketika hendak memasuki rumah ataupun tempat tujuan lain yang memang gelap. Untuk dapat menggunakan fitur ini pengemudi harus mematikan mesin dan mencabut kunci, serta memposisikan tuas headlamp pada pilihan sistem auto.
 

●    Auto turn off

Merupakan fitur khusus yang disediakan untuk secara otomatis mematikan lampu sorot, ketika pengemudi lupa mematikan lampu tersebut. Dengan fitur inilah, nantinya para pengemudi dan pemilik mobil tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan daya listrik dalam mobil mereka, ketika lampu lupa dimatikan. Selain itu dengan fitur inilah konsleting pada sistem kelistrikan mobil pun dapat dihindari dengan baik.
 

●    Adaptive front light system

Merupakan fitur khusus yang memang disediakan bagi para pengemudi untuk dapat memperoleh sistem penerangan yang sesuai ketika mereka akan mengubah arah kemudi dengan berbelok. Sistem inilah yang memungkinkan para pengemudi dapat memperoleh jarak pandang yang tepat ketika berbelok, dimana lampu sorot dapat terlebih dahulu menerangi jalan yang akan dilalui.
 
Selain fitur modern dan canggih seperti yang telah disebutkan diatas, lampu sorot mobil terkini pun juga masih memiliki fitur lain yang memang sengaja didesain untuk lebih memberikan sistem keamanan dalam berkendara. Mengingat fitur dan fungsi dari lampu sorot yang memang sangat penting bagi keselamatan inilah, sudah selayaknya Anda sebagai pemilik mobil, untuk menghadirkan jenis lampu sorot terbaik dalam kendaraan bermotor yang Anda miliki.


Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.