Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Sebagai merek multi-lokasi, Anda memiliki tantangan unik untuk memasarkan produk atau layanan Anda di beberapa lokasi. Dan sementara setiap lokasi mungkin memiliki kebutuhan masing-masing, Anda juga perlu mempertimbangkan strategi merek Anda secara keseluruhan. Di situlah pemasaran digital dan media sosial masuk.

Untuk membangun kehadiran yang luas untuk merek Anda, Anda harus memasarkannya dengan cara yang berbicara secara khusus untuk setiap lokasi — tanpa mengasingkan salah satu dari mereka.

Membangun bisnis modern saat ini pastinya menggunakan saluran digital sebagai salah satu alat paling penting. Seperti platform google my bisnisku yang telah digunakan oleh banyak pebisnis dalam mengenalkan produk mereka. Namu apakah semua perusahaan mampu untuk mengelola sendiri saluran digital mereka?

optimasibisnisku.com adalah salah satu perusahan yang bergerak dalam jasa optimasi google bisnisku yang terus memberikan layanan optimal dalam menaikan peringkat profil google bisnis Anda. Dengan Jasa Optimasi Google Bisnisku pastinya pemilik perusahaan tidak perlu repot lagi mengurusi saluran digital mereka.

jasa optimasi google bisnisku

Panduan ini akan memperkenalkan Anda pada seluk beluk pemasaran merek Anda sebagai perusahaan multi-lokasi sehingga pelanggan potensial melihat nilai setiap lokasi daripada hanya melihatnya sebagai bagian kecil dari keseluruhan yang tidak dapat dibedakan.

Apa itu Pemasaran Digital?

Pemasaran digital adalah tentang menciptakan kehadiran digital untuk merek Anda. Ini dapat dilakukan melalui berbagai saluran, termasuk desain dan pengembangan situs web, optimisasi mesin pencari (SEO), iklan bayar per klik (PPC), pemasaran media sosial, dan pemasaran email.

Dengan berinvestasi dalam layanan pemasaran digital, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan pesan Anda dan membangun kesadaran untuk merek Anda.

Apa itu Pemasaran Media Sosial?

Strategi media sosial lokal akan membantu Anda terhubung dengan pelanggan di setiap lokasi. Pemasaran media sosial adalah cara lain yang efektif untuk menjangkau pelanggan potensial.

Anda dapat terhubung dengan pelanggan dan membuat komunitas di sekitar merek Anda dengan menciptakan kehadiran media sosial yang solid. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk mengarahkan lalu lintas kembali ke situs web Anda dan meningkatkan prospek dan penjualan.

Saluran media sosial telah menjadi bagian penting dari pemasaran digital untuk bisnis dari semua ukuran. Sebagai merek multi-lokasi, Anda perlu memiliki strategi media sosial yang mengambil

Apa Itu Merek Multi-Lokasi?

Bisnis lokal memiliki kehadiran fisik di lebih dari satu lokasi. Merek multi-lokasi adalah bisnis dengan beberapa lokasi yang dikelola atau diawasi oleh entitas terpusat.

Ini dapat berlaku untuk bisnis apa pun, dari restoran hingga toko ritel hingga hotel. Merek multi-lokasi juga dapat merujuk ke satu bisnis yang telah berkembang ke beberapa lokasi.

Saat mempertimbangkan bisnis multi-lokasi, penting untuk dicatat bahwa setiap lokasi akan memiliki identitas lokalnya sendiri sambil mempertahankan nama, logo, dan merek yang sama dengan perusahaan lainnya. Meskipun merek utama mungkin dapat dikenali, pelanggan Anda mungkin tidak selalu mengaitkan setiap lokasi dengan merek yang sama.

Bisnis multi-lokasi menghadirkan tantangan unik dalam hal pemasaran. Di satu sisi, Anda ingin mempertahankan identitas merek yang kohesif di seluruh lokasi Anda. Di sisi lain, Anda harus dapat menjangkau basis pelanggan setiap lokasi dan terhubung dengan mereka secara pribadi.

Kiat Pemasaran

Upaya pemasaran lokal untuk merek multi-lokasi bisa jadi rumit, karena Anda harus memenuhi kebutuhan setiap lokasi sambil tetap mempertahankan strategi merek keseluruhan yang kohesif . Dengan cara ini, saat menjual di beberapa saluran seperti Amazon dan WooCommerce secara bersamaan, mengikuti kiat pemasaran ini akan membantu mengembangkan bisnis Anda dengan lebih baik.

Agar berhasil, merek multi-lokasi harus strategis dalam pemasaran digital dan upaya media sosial mereka. Berikut beberapa tipsnya:

Membangun Kesadaran Merek Dengan Pemasaran Digital

Menentukan target pasar Anda adalah langkah pertama menuju penerapan strategi pemasaran digital yang sukses untuk merek Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat menyesuaikan pendekatan Anda untuk menarik orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan merek Anda.

Menggunakan demografi untuk mensegmentasi pasar Anda adalah cara yang fantastis untuk memulai, meskipun faktor lain seperti psikografis dan sifat perilaku juga dapat digunakan.

Pemasaran Digital Dan Pemasaran Media Sosial Untuk Merek Multi-Lokasi

Gunakan Iklan Video Untuk Menumbuhkan Merek Anda

Iklan video adalah salah satu alat pemasaran paling kuat yang tersedia saat ini. Sangat menggoda untuk menghabiskan seluruh waktu Anda membuat konten berbasis teks, tetapi Anda dapat mengabaikan sebagian besar audiens Anda.

Iklan video memungkinkan Anda berbicara langsung dengan pelanggan dan dapat digunakan di berbagai tempat untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Facebook dan Instagram adalah dua tempat terbaik untuk menjalankan iklan video untuk merek multi-lokasi. Platform sosial ini tidak hanya digunakan secara luas, tetapi juga memudahkan untuk menargetkan audiens tertentu.

Anda juga dapat membuat iklan video yang relevan untuk pemirsa yang lebih luas, seperti video petunjuk atau video perusahaan . Ini dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas, tetapi pastikan untuk menyertakan detail yang relevan dengan setiap lokasi.

Manfaatkan Media Sosial Untuk Mengembangkan Hubungan Pelanggan

Media sosial dapat digunakan untuk memelihara dan membangun hubungan dengan pelanggan saat ini dan pelanggan potensial. Ini dapat dilakukan melalui berbagai posting, termasuk video, gambar, dan konten berbasis teks.

Misalnya, Anda dapat berbagi cerita yang menyoroti karyawan, acara, dan pelanggan, serta informasi, berita, atau penelitian industri yang relevan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyiapkan umpan video langsung untuk berinteraksi dengan pengikut secara langsung atau mengadakan obrolan online untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

Mengambil pendekatan ini dapat membantu Anda memanusiakan merek Anda dan menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa ada orang-orang nyata di balik layar. Ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memberikan dukungan pelanggan dan mengatasi masalah dengan cepat sebelum posting negatif dipublikasikan secara online.

Buat Strategi Pemasaran Jaringan

Strategi pemasaran jaringan dapat membantu Anda mempromosikan merek Anda secara bersamaan ke audiens yang lebih luas sambil tetap menargetkan demografi tertentu.

Misalnya, Anda memiliki dua gym di lokasi yang berbeda. Dalam hal ini, Anda dapat menjalankan strategi pemasaran jaringan dengan membagikan postingan tentang hidup sehat di akun media sosial utama Anda dan menandai setiap gym Anda di postingan tersebut. Ini dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan mempromosikan gym Anda kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan tertarik untuk mengunjunginya.

Demikian pula, Anda dapat membuat strategi pemasaran konten jaringan untuk mempromosikan merek Anda sambil menargetkan demografi tertentu. Ini dapat dilakukan dengan membuat postingan blog, konten video, atau jenis konten tradisional lainnya dan menandai lokasi Anda di postingan.

Ini memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas sambil memberikan informasi berharga kepada orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan bisnis Anda.

Buat Identitas Lokasi Individu

Meskipun Anda ingin mempromosikan merek Anda sebagai perusahaan multi-lokasi, Anda tidak ingin mengabaikan setiap lokasi. Ada banyak cara untuk mempromosikan setiap lokasi sekaligus mempromosikan merek Anda.

Misalnya, Anda dapat membuat akun media sosial untuk setiap lokasi dan mempromosikan akun individu di akun utama Anda. Anda juga dapat membuat tagar unik untuk setiap lokasi dan menggunakannya di pos media sosial dan konten online lainnya.

Anda juga dapat membuat strategi pemasaran digital yang unik untuk setiap lokasi. Misalnya, Anda dapat membuat strategi pemasaran email khusus untuk setiap lokasi atau menyelenggarakan kontes digital khusus lokasi.

Membangun Suara Merek

Suara merek yang kuat membentuk kepribadian yang konsisten untuk bisnis Anda dan membantu membedakan Anda dari perusahaan lain di industri yang sama. Suara merek dapat dibentuk melalui berbagai metode, termasuk nada suara, identitas visual, dan bahasa yang digunakan dalam branding.

Salah satu cara untuk membangun suara merek adalah dengan meneliti untuk mengidentifikasi audiens target Anda. Setelah Anda mengetahui siapa yang ingin Anda jangkau, Anda dapat menggunakan bahasa dan preferensi komunikasi mereka untuk menginformasikan branding Anda. Ini dapat membantu Anda agar tidak terdengar seperti merek “satu ukuran untuk semua” yang tidak menarik bagi siapa pun.

Anda juga dapat menggunakan situs web Anda untuk membangun suara merek. Ini dapat mencakup hal-hal seperti bahasa yang Anda gunakan, font yang digunakan, dan gambar unggulan. Elemen-elemen ini harus konsisten di semua saluran digital untuk memastikan suara merek Anda nyaring dan jelas.

Gunakan Pemasaran Berbayar Untuk Meningkatkan Kesadaran Organik

Meskipun Anda harus fokus pada strategi pemasaran organik, seperti media sosial, ada baiknya juga mempertimbangkan pemasaran berbayar. Ini dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran merek sebelum pelanggan yang Anda jangkau terlibat sepenuhnya secara organik dengan merek Anda.

Anda dapat berinvestasi dalam pemasaran berbayar dengan berbagai cara, termasuk iklan media sosial, iklan digital, atau sponsor. Misalnya, Anda dapat bermitra dengan saluran TV lokal untuk mensponsori liputan olahraga mereka atau beriklan di stadion bisbol lokal.

Saat memutuskan saluran pemasaran berbayar mana yang menjadi fokus, pertimbangkan bagaimana masing-masing dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Jika Anda mengelola beberapa lokasi, pemasaran berbayar dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran merek di tingkat lokal, regional, dan bahkan nasional.

Pemasaran Digital Dan Pemasaran Media Sosial Untuk Merek Multi-Lokasi

Ketahui Saluran Mana yang Tepat Untuk Anda

Konten media sosial lokal adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pelanggan secara pribadi. Saat memutuskan saluran yang terbaik untuk merek Anda, ingatlah kiat berikut:

Media sosial tidak bekerja untuk setiap merek.

Jangan mengandalkan satu saluran saja.

Campur! Pastikan untuk menemukan saluran dan strategi yang sesuai dengan merek Anda dan yang digunakan secara aktif oleh audiens target Anda. Ini dapat dilakukan dengan meneliti dan menguji saluran yang berbeda untuk melihat yang paling efektif.

Pertimbangkan bagaimana setiap lokasi dapat dipasarkan secara berbeda untuk menarik masyarakat lokal jika Anda memiliki beberapa lokasi.

Dengan sedikit usaha, Anda dapat membuat strategi pemasaran digital yang akan membantu merek multi-lokasi Anda mencapai ketinggian baru.

Sewa Agen Pemasaran

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana atau memerlukan bantuan untuk membuat strategi pemasaran digital yang sesuai dengan merek Anda, pertimbangkan untuk menyewa agen pemasaran. Agen pemasaran yang baik akan memiliki pengalaman bekerja dengan merek multi-lokasi dan dapat membantu Anda membuat rencana khusus yang memenuhi kebutuhan Anda.

 

By roket