Pada tahun 2022, apakah anda ingin menjadi mahir dalam pemrograman? Apakah anda ingin mengembangkan situs web atau aplikasi seluler? Jika Anda tertarik untuk mengembangkan software untuk situs web atau aplikasi dan telah membuat keputusan untuk mempelajari cara membuat kode, maka Anda mungkin bertanya-tanya langkah apa yang perlu Anda ambil untuk menjadi mahir dalam bahasa pemrograman tertentu.

Untuk mulai belajar kode, pendekatan paling umum yang dilakukan sebagian besar orang adalah membeli beberapa buku terkait pemrograman yang telah disarankan oleh situs web atau posting blog atau mendaftar di beberapa kursus panduan pembelajaran pemrograman yang tersedia di YouTube (atau melalui sumber daya lain).

Pertama kali Anda melihat tutorial, kemungkinan besar Anda akan menyukai pemrograman, dan Anda akan mendapat kesan bahwa Anda telah memperoleh pengetahuan tentang banyak ide pemrograman yang menarik dan informasi baru.

Hal itu bisa sangat bagus untuk waktu yang singkat. Namun, apa yang akhirnya terjadi pada sebagian besar programmer pemula adalah bahwa mereka menjadi kewalahan dengan sejumlah besar konsep dan terperosok dalam satu tutorial ke tutorial lainnya.

Ketika mereka diminta untuk memulai proyek yang relevan dengan dunia nyata sendiri, tanpa bantuan apa pun, situasi ini menjadi lebih bermasalah dan membuat mereka frustrasi. Mereka tidak memiliki pemahaman tentang logika, yang mencegah mereka mengetahui dari mana harus memulai, bagaimana memecahkan masalah tertentu, atau bagaimana membangun modul tertentu sendiri.

Memang benar bahwa ini adalah apa yang terjadi ketika Anda belajar pemrograman, dan mayoritas programmer pemula berjuang dengan masalah ini ketika mereka pertama kali memulai. Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari cara memprogram pada tahun 2022, saran terbaik adalah belajar melalui kursus berbasis proyek.

Bangun proyek sebanyak yang anda bisa sehingga anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk memecahkan masalah menggunakan pemrograman. Penting untuk diingat bahwa mampu memecahkan masalah lebih penting daripada belajar bahasa (seperti Python, C++, atau Java) dalam hal pemrograman.

Bos Anda akan membutuhkan orang-orang yang dapat memecahkan masalah, yang berarti bahwa selama wawancara, kemampuan Anda untuk memecahkan masalah harus didahulukan dari apa pun yang anda bawa. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana seseorang dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah sambil secara bersamaan belajar kode?

Banyak orang yang baru memulai pemrograman melompat langsung ke praktik yang berat tanpa terlebih dahulu mempelajari dasar-dasarnya. Jika fondasi Anda tidak kokoh, Anda akan mengalami lebih kebingungan serta teralihkan. Oleh karena itu, untuk memulai pilihlah bahasa pemrograman yang paling menarik bagi anda (Python atau C++ masih merupakan pilihan yang bagus, itu hanya tergantung pada hasil yang anda cari), dan menjadi akrab dengan sintaks dan konsep dasarnya (variabel, kondisional, operator, loop, dll).

Mayoritas kursus akan dimulai dengan mengajar siswa dalam berbagai bahasa pemrograman, yang merupakan hal yang baik, namun, penting juga untuk memahami bagaimana menerapkan bahasa pemrograman ini ke solusi masalah. Misalnya, cara menemukan solusi untuk masalah penambahan dua bilangan.

Jangan membebani diri sendiri dengan mencoba mempelajari semuanya sekaligus. Mayoritas pemula terus beralih dari satu bahasa ke bahasa lain, yang merupakan waktu yang sia-sia. Pada awalnya, yang terbaik adalah membatasi diri Anda untuk belajar hanya satu bahasa. Pelajari Java Jika Anda ingin memiliki karir sebagai pengembang Java.

Belajar bahasa pertama adalah tantangan bagi sebagian besar programmer pemula, tetapi setelah beberapa hari belajar secara konsisten, otak Anda pada akhirnya akan dapat mengikuti langkahnya. Buatlah tujuan untuk menghasilkan program baru setiap hari dan konsisten. Anda akan menjadi lebih mahir dalam penggunaan bahasa pemrograman pilihan Anda sebagai hasil dari melakukan hal ini.

Anda perlu mencoba mengikuti kursus pemrograman saat ini ditawarkan di internet untuk mendapatkan panduan yang terpadu dari kursus. Beberapa kursus seperti les coding jogja, les coding jakarta, les coding bogor dan lain-lain, banyak ditawarkan melalui internet.

Anda akan dapat belajar bahasa pemrograman dengan cara yang berurutan jika Anda mendaftar di kursus ini, dan Anda juga akan menerima bantuan dalam mengembangkan proyek pemrograman. Pemecahan masalah dalam pemrograman akan menjadi lebih mudah bagi anda yang mengikuti kursus pemrograman.

By mirfan