Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, baik yang sudah punya bekal ilmunya atau masih benar-benar newbie, tentu tidak bisa langsung meraup kesuksesan dalam hitungan bulan.

Membangun bisnis memang terasa sulit di tahun-tahun pertama, karena masih dalam tahap trial and error, tahap menentukan komposisi produk yang pas, mencari supplier yang cocok, branding bisnis, dan mencari pelangaan tetap. Jika sudah begini, profit usaha dapat mengikuti seiring berjalannya bisnis Anda.

Disiplin, ulet, konsisten, kreatif merupakan salah satu dari banyak sifat yang harus dimiliki oleh pebisnis yang ingin sukses. Namun, kadang kala Anda sebagai seorang pebisnis mengalami kendala ketika bisnis sudah mulai berjalan di tengah jalan, atau justru di awal-awal berbisnis.

Terkadang pemikiran dari Anda sendiri pun sudah stuck dan sulit untuk mengembangkannya. Ada saatnya Anda butuh penasehat, mentor, atau konsultan bisnis untuk mendampingi Anda mencapai target berbisnis.

Memang butuh effort lebih ya, butuh waktu dan biaya yang cukup untuk menggunakan jasa konsultan bisnis. Tapi perlu Anda ingat, peran jasa konsultasi bisnis sangat membantu Anda mencapai perkembangan usaha dan memaksimalkan profit Anda hingga berlipat-lipat

By toha