Ketika Anda sakit tentu harus minum obat agar cepat sembuh. Saat konsumsi obat Anda juga wajib memahami yang namanya cara tepat minum obat agar dapat bekerja secara maksimal. Ada sebagian orang yang kerap kali konsumsi obat setelah minum kopi padahal ini cukup tidak disarankan.
Seperti diketahui, saat ini banyak apotek yang jual obat online, untuk memudahkan para pembeli untuk mendapatkan obat tanpa harus mengunjungi apotek terlebih dahulu. Tapi hal ini juga menimbulkan efek negatif, yaitu pembeli tidak bertemu langsung dengan apoteker, sehingga tidak diberikan informasi yang tepat untuk cara meminum obat.
Konsumsi obat setelah minum kopi banyak dilakukan oleh orang-orang untuk menghilangkan rasa pahit atau bau dari obat itu sendiri. Tahukah Anda, bahwa hal ini sangat dilarang karena bisa memicu interaksi obat?

1. Tingkatkan Kadar Kafein
Pertama, konsumsi obat setelah minum kopi bisa mengakibatkan proses pemecahan kafein di hati menjadi terganggu akibatnya kafein malah tidak terpecah dan menumpuk di dalam darah. Kadar kafein yang berlebihan di darat tentu saja dapat menimbulkan efek samping seperti rasa cemas hingga tekanan darah yang tinggi.
Bahkan Anda bisa juga merasakan jantung berdebar hingga agitasi.

2. Penyerapan Obat Berkurang
Agar obat Anda bisa maksimal bekerja tentu obat tersebut harus melakukan penyerapan secara maksimal pula. Konsumsi obat setelah minum kopi ternyata dapat mengurangi penyerapan obat, akibat penyerapan zat dari obat untuk kondisi tertentu sudah tidak maksimal lagi.
Ini karena kopi yang punya kandungan tanin yaitu senyawa yang dapat mengikat obat dan mengurangi penyerapannya.

3. Meningkatkan Efek Samping
Ketika konsumsi obat, tentu saja ada yang namanya resiko efek samping. Karena kafein sendiri bersifat stimulan yang bisa merancang kerja sistem saraf, maka sangat berdampak buruk jika dikombinasikan dengan obat yang bersifat stimulan pula.
Konsumsi obat setelah minum kopi bisa meningkatkan resiko efek samping. Mulai dari gelisah, kesulitan saat tidur hingga sakit kepala, sesak nafas dan juga detak jantung yang cepat.

4. Menghambat Kerja Obat
Yang terakhir tidak disarankan konsumsi obat setelah minum kopi karena dapat menghambat kerja beberapa jenis obat. Kerja obat terhambat karena adanya efek stimulan pada kafein yang bisa menimbulkan rasa kantuk.

Itu tadi berbagai efek yang timbul ketika konsumsi obat setelah minum kopi. Sebaiknya kegiatan ini tentu saja tidak disarankan, jika ingin obat benar-benar melakukan penyerapan dengan baik dan agar lebih cepat sembuh.

By mirfan