April 20, 2021

Natudelia

Berita Hangat

Tips Aman dalam Melakukan Vaksin Covid-19

2 min read

Tahun ini Indonesia sudah mendapatkan banyak sekali obat atau vaksin Covid-19, pada awal tahun lalu juga sudah mulai dilakukan tindakan vaksinasi, mulai dari tenaga medis, aparatur negara hingga sekarang ini giliran masyarakat awam yang mulai divaksinasi. Diharapkan nantinya dengan adanya tindakan tersebut akan membantu Indonesia untuk keluar dari masalah pandemi yang sudah terjadi selama lebih dari satu tahun terakhir. Apalagi jika dilihat dampak yang disebabkan oleh kondisi pandemi ini sendiri juga cukup besar, tidak hanya masalah kesehatan, melainkan juga sosial ekonomi. Membuat kondisi ekonomi Indonesia terpuruk dalam satu tahun terakhir.

Tindakan vaksinasi ini akan memberikan kekebalan tubuh secara alami, untuk bisa melawan infeksi dari virus Corona tersebut. Sehingga kedepannya nanti penyakit ini akan sama seperti influenza biasa. Hanya saja patut untuk diketahui bahwa tak jarang tindakan vaksinasi ini juga memberikan efek samping yang kurang menyenangkan bagi yang melakukannya, untuk itu patut berhati-hati. Sebelumnya simak terlebih dahulu tips aman bagi Anda sebelum melakukan vaksin Covid-19:

  1. Pastikan tubuh dalam kondisi yang sehat, ingat bahwa vaksinasi ini adalah menyuntikkan virus yang sudah dilemahkan kedalam tubuh, jadi jika seandainya kondisi tubuh sedang tidak fit. Justru beresiko tinggi membuat masalah baru bagi Anda, karena bisa saja nantinya kondisi tubuh akan semakin parah setelah dilakukan vaksinasi. Untuk itu pastikan bahwa Anda benar-benar sehat sebelum divaksin.
  2. Sebaiknya jangan melakukan vaksinasi dalam kondisi tubuh yang sedang kelelahan, poinnya sama seperti yang pertama, karena ketika tubuh tengah kelelahan, umumnya sistem imun atau kekebalan tubuh juga sedang lemah, sehingga besar kemungkinan menyebabkan masalah baru.
  3. Sebaiknya sarapan terlebih dahulu, karena untuk dosis yang diberikan saat divaksin tersebut cukup tinggi, maka dianjurkan bagi masyarakat untuk setidaknya makan atau sarapan sebelum menjalani tindakan vaksinasi, sehingga tidak akan menyebabkan tubuh menjadi kaget, biasanya ditandai dengan jantung yang berdetak keras setelah dilakukan vaksinasi.
  4. Hindari faktor penyebab stress, karena ketika stress maka sangat mungkin nantinya akan memicu penyakit lain, seperti yang paling sering terjadi adalah asam lambung yang naik atau maag, termasuk diantaranya juga gejala-gejala yang menyertai, sehingga akan menyebabkan perasaan yang kurang nyaman.
  5. Istirahat secara cukup, sebisa mungkin hindari jadwal kerja yang terlalu padat. Termasuk mungkin yang mengharuskan Anda untuk begadang sebelumnya. Karena hal ini akan membuat mudah lelah. Bahkan nantinya mungkin membuat Anda kurang siap ketika dilakukan vaksinasi. Jadi ketika perusahaan mewajibkan karyawannya dalam melakukan vaksinasi, sebaiknya perhatikan dulu bagaimana jadwal kerja mereka tersebut.
  6. Tidak sedang terkena flu atau influenza, ketika Anda sedang mengalami masalah kesehatan semacam flu ini, sebaiknya ditunda terlebih dahulu ketika ingin melakukan vaksinasi. Mengingat hal ini akan membuat penyakit justru semakin parah. Apalagi pada dasarnya Covid-19 juga termasuk sebagai salah satu golongan dari penyakit ini, jadi harus diwaspadai.

Itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan vaksin Covid-19, selain dengan mengikuti program vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Sebenarnya Anda dapat melakukannya sendiri, apalagi memang terkadang jadwal yang diberikan oleh pemerintah ini memakan waktu yang cukup lama, khususnya untuk masyarakat awam. Sehingga Anda dapat memilih untuk vaksinasi sendiri, bisa dipesan lewat Aido Health, mereka menyediakan beragam layanan kesehatan yang dapat didatangkan ke rumah, sehingga lebih praktis.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.