Pembahasan tentang tips memilih asuransi mobil sangat perlu agar ketika proses pembayaran dan klaim tidak membuatmu mengalami kesulitan. Kita tahu mobil adalah benda yang mempunyai nilai cukup tinggi. Itulah mengapa ketika membeli mobil juga harus kamu sertai dengan pemahaman bagaimana cara merawatnya.

Salah satu cara untuk bisa melindungi mobil yaitu dengan asuransi kendaraan. Akan tetapi pada saat memilih asuransi untuk mobilmu, maka ada beberapa hal yang perlu untuk kamu pertimbangkan. Jangan sampai malah menyulitkan kamu ketika sewaktu-sewaktu membutuhkannya.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terpercaya

Memilih asuransi mobil sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang karena ada banyak pilihan sehingga kamu tidak perlu kesulitan mencarinya. Sulit karena dari banyaknya pilihan tersebut malah membuatmu bingung memilih yang paling tepat.

1. Memilih Sesuai Kebutuhan

Tips pertama yang harus kamu pertimbangkan yaitu pilihlah asuransi mobil sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan perlindungan seperti apa yang nantinya kamu butuhkan.

Kamu juga dapat mempertimbangkan usia pemakaian mobil sampai dengan kondisi mesin. Secara umum, ada dua tipe asuransi yang bisa kamu pilih yaitu:

  • All Risk atau Comprehensive, pada opsi ini kamu akan mendapatkan perlindungan akan potensi kerugian yang bisa saja muncul di masa depan baik karena kecelakaan kecil maupun besar
  • Total Loss Only, opsi yang akan memberikanmu biaya untuk penggantian ketika mobil mengalami kerusakan. Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa hanya ketika persentase kerusakan mobil sudah mencapai 75%. Sementara untuk kecelakaan kecil tidak mendapat jaminan

2. Memperhatikan Budget

Jangan lupa memperhatikan budget dari asuransi tersebut sebelum kamu benar-benar memilihnya. Pada beberapa pilihan asuransi ada yang memberikan proteksi secara menyeluruh. Akan tetapi, premi yang harus kamu bayarkan akan cukup tinggi.

Maka dari itu, penting untuk memahami berapa budgetnya terlebih dahulu sebelum kamu benar-benar menentukan asuransi mobil mana yang kamu pilih. Pastikan kamu menentukan asuransi sesuai dengan premi yang tidak sampai melampaui budget. Tujuannya agar tidak sampai mengganggu cash flow.

3. Membaca Ketentuan Asuransi Secara Detail

Tips memilih asuransi mobil yang ketiga adalah pastikan kamu sudah membaca semua aturan atau ketentuan dari asuransi mobil. Seperti yang kami informasikan bahwa sekarang ada banyak pilihan asuransi kendaraan roda empat yang bisa kamu pilih.

Untuk itu, pastikan kamu membaca berbagai ketentuan dari produk asuransi yang ditawarkan. Kamu juga bisa bertanya kepada orang lain seperti teman maupun kerabat yang juga menggunakan asuransi untuk mobilnya. Tanyakan kira-kira apa saja kekurangan serta kelebihan dari produk asuransi yang akan kamu pilih.

Kamu juga bisa menemukan informasi lainnya melalui internet. Setelah itu, setelah membaca semua ketentuan yang ada maka kamu bisa mulai menentukan mana produk asuransi yang akan kamu pilih.

4. Minta Rekomendasi dari Pihak Dealer

Biasanya pihak dealer sudah bekerja sama dengan pihak asuransi. Pihak dealer akan menyarankan padamu tentang produk asuransi yang harus kamu pilih. Untuk itu, kamu bisa bertanya terlebih dahulu. Mintalah rekomendasi untuk memberikanmu saran terbaik sehingga tidak sampai salah memilih produk asuransi yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Sudah Paham Tips Memilih Asuransi Mobil yang Benar?

Sekian pembahasan seputar beberapa tips memilih asuransi mobil. Salah satu agen asuransi mobil terbaik dan sudah berpengalaman adalah Insureka. Kamu akan mendapatkan beberapa pilihan paket asuransi seperti Total Loss Only, Comprehensive Basic, serta Comprehensive Premium. Informasi selengkapnya silakan mengunjungi website resmi Insureka.

By Drajad