Dengan adanya metode pembayaran secara online, penjual dan pembeli dapat merasakan berbagai manfaat yang diberikan. Agar bisnis dapat menyediakan pembayaran online ini, dibutuhkan pihak ketiga sebagai penyedia layanan tersebut. Untuk membantu Anda dalam memilih online payment yang tepat dan terbaik, berikut tipsnya.

Cara Memilih Payment Gateway untuk Pembayaran Online

1. Legal dan Memiliki Lisensi Resmi

Tips yang pertama dalam memilih payment gateway penyedia layanan online payment adalah perhatikan legalitasnya. Pastikan untuk memilih pihak ketiga yang telah memiliki lisensi. Jika telah memiliki lisensi, pastika juga bahwa lisensi tersebut memang resmi. Jika tidak legal, tentu hal ini akan mempengaruhi keamanan dalam bertransaksi di bisnis Anda.

Selain memiliki legalitas yang resmi, pastikan juga untuk memilih penyedia layanan yang telah mengantongi izin resmi ataupun tersertifikasi oleh pihak Bank Indonesia. Jika memilih pihak ketiga yang tidak memiliki izin, ditakutkan uang saat transaksi tersebut hilang karena keamanannya yang masih harus dipertanyakan.

2. Menyediakan Metode Pembayaran yang Variatif

Kemudian, pilihlah penyedia yang menawarkan metode pembayaran lengkap. Setiap perusahaan payment gateway biasanya menawarkan fitur serta metode pembayaran yang berbeda-beda. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda memilih penyedia layanan yang menawarkan metode pembayaran yang lengkap sehingga pembeli akan memiliki banyak pilihan.

3. Kecepatan Proses Transaksi

Tips memilih payment gateway yang selanjutnya adalah perhatikan kecepatan proses transaksi dari penyedia layanan tersebut. Proses transaksi yang cepat akan pelanggan menjadi nyaman saat melakukan transaksi di merchant Anda. Sehingga, pilih penyedia layanan yang memiliki proses transaksi cepat.

4. Layanan Pengaduan yang Cepat Tanggap

Karena online payment sangat bergantung pada teknologi, terkadang ada saatnya tiba-tiba sistem mengalami error atau adanya masalah dan kendala yang muncul. Maka dari itu, pastikan memilih penyedia layanan yang cepat tanggap dan responsif sehingga keluhan, masalah, dan pertanyaan Anda dapat terjawab serta diselesaikan dengan segera.

5. Harga yang Kompetitif

Pilih perusahaan pihak ketiga yang menawarkan harga dengan jelas dan tidak menyembunyikan biaya lain. Misalnya, tiba-tiba ada biaya pemasangan, biaya pemeliharaan, atau biaya lainnya. Pastikan untuk menanyakan dan menghitung dengan detail harga yang diberikan agar bisnis tidak mengalami kerugian.

6. Pengiriman Uang Real-time dan Langsung

Selanjutnya, pastikan untuk memilih perusahaan penyedia layanan pembayaran online yang dapat mengirimkan uang secara langsung atau real-time sehingga dapat segera diproses. Beberapa perusahaan memiliki kebijakan tersendiri atas pengiriman uang ini, sehingga lebih baik untuk memilih perusahaan penyedia layanan yang mengirim uang dengan instan.

Demikian tips dan cara mudah dalam memilih penyedia layanan online payment yang terbaik untuk bisnis Anda. Duitku adalah payment gateway terbaik yang memiliki ciri-ciri di atas. Dengan menggunakan Duitku, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas serta keamanannya karena telah terjamin. Selain itu, harga yang ditawarkan juga kompetitif.

 

By roket