Internet telah menjadi sebuah kebutuhan khusus di era serba online seperti sekarang. Kesal pasti rasanya kalau jaringan internet mendadak terputus di tengah browsing atau streaming dan Cara mengecek kuota Telkomsel.

Nah, agar internetan bisa bebas hambatan, pastikan perangkat smartphone kamu sudah terhubung dengan sinyal 4G Telkomsel. Begini cara pengaturannya dari koinx.id!

1. Mengatur sinyal 4G Telkomsel pada Android

Cara mengatur sinyal 4G Telkomsel melalui smartphone sama sekali tidak sulit, kok. Bagi yang memiliki smartphone Android, kamu bisa membuka menu Settings dan masuk ke menu Mobile Networks. Lalu, klik menu Preferred Network Type dan pilih Prefer 4G.

Nah, namun yang perlu diingat adalah bahwa penyebutan jaringan 4G di beberapa smartphone Android bisa berbeda. Ada pula yang menyebutnya sebagai LTE.

Selain melalui menu Settings, kamu juga bisa mengatur sinyal 4G Telkomsel pada Android melalui cara manual. Pertama, ketikkan *#*#4636#*# pada dialpad smartphone kamu. Layar akan menampilkan tiga menu, yakni Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.

Pilih menu Device Information, lalu akan tampil informasi mengenai perangkat kamu, seperti kekuatan sinyal dan jaringan yang digunakan. Scroll terus layar ke bawah hingga menemukan Set Preferred Network Type, lalu pilih LTE Only. Sekarang smartphone kamu pun hanya akan menerima sinyal 4G.

2. Mengatur sinyal 4G Telkomsel pada iOS

Sama seperti pada smartphone Android, mengatur sinyal 4G Telkomsel pada iPhone atau perangkat iOS sama sekali tidak susah dilakukan. Kamu bisa langsung membuka menu Settings, lalu masuk ke menu Cellular.

Setelah itu, klik Cellular Data Options dan klik Voice & Data. Pilih opsi 4G dan iPhone kamu pun akan langsung menerima sinyal 4G. Perlu diketahui bahwa pada beberapa perangkat iPhone, opsi 4G disebut dengan LTE.

Sangat mudah, bukan?

3. Memanfaatkan aplikasi khusus

Cara satu ini hanya bisa dilakukan oleh kamu yang menggunakan smartphone Android. Tersedia berbagai jenis aplikasi di Google Play Store yang berfungsi untuk mengunci sinyal 4G. Salah satunya adalah 4G LTE Switch.

Ketika membuka aplikasi ini, layar akan menampilkan tiga menu utama yang sama seperti ketika kamu mengatur 4G pada Android secara manual, yakni Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information. Jadi, langkah-langkahnya pun sama sepeti yang telah dijelaskan di atas.

Namun, bagi yang perangkatnya memiliki lebih dari satu slot kartu SIM, perlu diketahui bahwa aplikasi 4G LTE Switch hanya mengunci jaringan 4G untuk kartu SIM 1. Karena itu, pastikan kartu SIM yang hendak kamu gunakan untuk mengakses jaringan 4G sudah terpasang pada slot 1, ya.

By Mateas