Kenapa Harga Bitcoin Bisa Naik

 

Banyak orang terjun ke Bitcoin karena nilai investasinya. Harga Bitcoin pada dasarnya seperti puncak gunung es, kita tidak pernah bisa memprediksi di mana harga akan mencapai puncaknya. Bitcoin masih mengalami perubahan harga yang cepat, terkadang turun dan terkadang naik dengan cepat.

Tetapi dalam 11 tahun lebih, setidaknya Bitcoin bertahan. Mata uang digital Satoshi juga telah tumbuh nilainya, awalnya sama sekali tidak berharga dan sekarang bernilai ribuan dolar.

Bitcoin juga dicurigai sebagai aset safe-haven seperti emas karena kemiripannya. BTC, bagaimana disingkat, diharapkan menjadi mata uang masa depan. Berikut adalah lima alasan mengapa harga Bitcoin bisa terus naik.

Nilai Bitcoin Seiring Waktu

Dengan volume transaksi Bitcoin global yang meningkat setiap hari, batas produksi di masa depan dan peristiwa separuh Bitcoin akan terus terjadi setiap empat tahun. Dari event ini, Bitcoin akan semakin sulit didapatkan. Bitcoin juga memiliki jumlah tetap 21 juta. Oleh karena itu, ketika semua koin ditambang, tidak ada lagi bitcoin yang dibuat. Jika permintaan melebihi penawaran, maka secara logika, harga Bitcoin akan meningkat seiring waktu. Tentu saja, ini datang dengan tingkat adopsi yang ada.

Kebosanan Menggunakan Mata Uang Fiat

Dengan akses global ke internet, dan keruntuhan ekonomi mata uang fiat baru-baru ini (Yunani, Siprus, Venezuela, Argentina, Zimbabwe, dll.). Lebih dari sebelumnya, orang-orang berfokus pada sistem ekonomi yang lebih baik dan tidak mudah gagal.

Mata uang fiat sering digunakan sebagai alat politik atau kekuasaan otoritatif. Dalam situasi di mana pemerintah berada di bawah tekanan atau memiliki tujuan tertentu, bank sentral dapat mencetak uang sebanyak mungkin, yang dapat menyebabkan inflasi dan membuat mata uang menjadi tidak berharga.

Beberapa negara di seluruh dunia telah menyadari hal ini dan menjadi tertarik untuk menciptakan cryptocurrency mereka sendiri agar dapat bertahan dari gempuran mata uang digital lainnya seperti Bitcoin.

China hampir siap menggunakan yuan digital, Jepang sedang berupaya menciptakan yen digital, dan AS juga menyebutkan dolar digital sebagai opsi yang memungkinkan untuk stimulus ekonomi selama pandemi.

Banyaknya negara yang mulai mempertimbangkan mata uang digital ini menunjukkan bahwa Bitcoin memiliki kekuatan untuk mengubah sistem keuangan dunia saat ini. Jika banyak negara mulai melihat Bitcoin sebagai aset nilai, ada juga kemungkinan harga Bitcoin akan naik.

Bisnis Besar Belum Ikut Bitcoin

Ini bukan tanpa alasan yang bagus. Bitcoin telah terlibat dalam skandal dan pencucian peraturan di banyak bagian dunia, sehingga dapat dilihat sebagai wildcard keuangan. Masih banyak perusahaan besar yang memiliki keraguan tentang Bitcoin.

Namun, baru-baru ini dilaporkan bahwa Paypal siap bermitra dengan pertukaran mata uang kripto terkemuka di dunia untuk mengintegrasikan Bitcoin ke dalam layanannya. Jika banyak perusahaan besar terjun ke dunia crypto, maka kita dapat mengharapkan harga BTC juga naik, karena ini bisa berarti adopsi Bitcoin mulai dianut oleh perusahaan elit dunia.

Uang Tunai Digantikan oleh Pembayaran Digital

Negara-negara di seluruh dunia mulai mengarusutamakan sistem pembayaran digital dan menghindari uang tunai dengan pembatasan halus. Mereka mungkin melakukan ini untuk kontrol ekonomi atas semua transaksi, serta kemampuan untuk mencatat dan mengenakan pajak pada setiap transaksi di masa depan, tetapi konsumen akan semakin menyadari bahwa Bitcoin memang mata uang digital pilihan mereka.

Mata Uang Cadangan Global

Karena dolar terus mempercepat inflasi melalui “QE Infinity,” meningkatkan pasokan dan mengikis nilainya setiap tahun, minat global terhadapnya terus berkurang, dan ketika dolar melemah, akan menjadi semakin mahal untuk membeli bitcoin. China telah mulai menuntut mata uang cadangan global baru.

Nilai dolar Bitcoin akan tumbuh secara proporsional karena nilai riil dolar kehilangan 5-10% per tahun, daripada 1-2% per tahun yang diharapkan pemerintah. Jika dolar AS kehilangan statusnya sebagai “mata uang cadangan global,” orang akan mulai membanjiri pasar bitcoin, memungkinkan bitcoin mengalami kenaikan harga yang cepat.

Sumber : https://inetoday.com/