Software point of sale (POS) merupakan sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan ritel. Pada umumnya, sistemnya berupa seperangkat komputer dan mesin kasir dengan program yang dapat mengelola semua operasional transaksi. Sehingga penggunaannya mampu menghadirkan banyak keuntungan untuk bisnis. Apa saja ? Yuk simak selengkapnya berikut.

Keuntungan Menggunakan Software POS

1. Mempermudah Mengetahui Ketersediaan Produk

Ketika menggunakan software POS, bisnis akan dimudahkan dalam mengetahui ketersediaan produk yang ada. Bahkan mengetahui ketersediaan produk ini tidak membutuhkan waktu lama. Sebab jumlah stok produk akan secara otomatis berkurang setiap produk tersebut dipindai di mesin kasir.

Sehingga ketersediaan di toko maupun di gudang dapat diketahui. Dan informasi tersebut sifatnya bukan prediksi, melainkan memang jumlah yang sesungguhnya. Jadi anda bisa memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan produk dari gudang ke etalase, atau melakukan restock ketika stok di gudang sudah menipis.

2. Dapat Melayani Penjualan Secara Online

Software point of sale juga memungkinkan bisnis untuk melayani penjualan secara online dengan mudah. Dimana sistemnya dapat diintegrasikan dengan aplikasi toko online pribadi anda maupun aplikasi e-commerce. Sehingga sistem checkout barang atau proses perhitungan harganya bisa dilakukan melalui POS.

Dan seluruh datanya kemudian langsung masuk ke database usaha anda. Jadi penjualan secara online tidak akan mengganggu transaksi di toko. Jumlah stok yang ada akan langsung mengikuti perhitungan penjualan offline maupun online. Hal ini amat penting, sebab banyak masyarakat yang memilih untuk belanja online di era modern seperti sekarang.

3. Menyajikan Laporan Keuangan Secara Realtime

Keuntungan lainnya dari penerapan software POS adalah program tersebut mampu menyajikan laporan keuangan secara realtime. Dengan begitu keuangan perusahaan akan terawasi dengan baik. Anda bisa mengetahui arus kas perusahaan kapan saja melalui sistem POS ini. Bahkan software akuntansi bisa langsung dihubungkan dengan POS untuk memudahkan operasional keuangan.

4. Perubahan Harga Produk Bisa Dilakukan dengan Mudah

Sangat wajar jika harga produk mengalami perubahan harga, misalnya saat harga bahan baku naik maka harga produk pun biasanya harus mengikuti agar tetap mendapat untung. Dalam hal ini, aplikasi point of sale dapat memudahkan anda mengatur perubahan harga tanpa harus mengeluarkan biaya lagi. Tidak perlu mengubah satu per satu, karena perhitungannya nanti akan langsung mengikuti.

5. Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan

Satu lagi keuntungan yang akan anda rasakan ketika menggunakan software point of sale, yakni peningkatan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat terjadi karena POS membuat transaksi menjadi lebih sederhana, mudah, dan cepat. Bahkan POS bisa menyediakan berbagai metode pembayaran, baik tunai maupun non-tunai. Yang mana hal tersebut menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern.

Sederet keuntungan di atas dapat anda rasakan jika menggunakan software POS. Bagi bisnis ritel sendiri, software POS ini sekarang bisa dibilang sebagai jantung usaha. Lebih luas, point of sale dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis bidang usaha. Jika tertarik, anda bisa menghubungi vendor yang kredibel seperti Soltius Indonesia.

By roket