Bagi para pebisnis memakai jasa studi kelayakan bisnis merupakan pilihan yang tepat. Karena dengan bantuan jasa tersebut kamu bisa menilai bisnis apakah layak atau tidak dari berbagai aspek yang diangkat. Melalui penilaian tersebut juga kamu bisa membuat keputusan bisnis yang baik sehingga dapat meningkatkan keuntungan untuk waktu yang lama.

 

Namun, banyak dari kita yang tidak mengetahui apalagi memahami bagaimana cara kerja jasa studi kelayakan tersebut. Karena hal tersebut, beberapa pengusaha mengira bahwa pekerjaan mereka ringan atau bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Padahal terdapat tahapan pekerjaan yang harus dilalui sampai bisa menentukan layak atau tidaknya bisnis tersebut.

 

Hal ini wajib kamu ketahui agar bisa memahami cara kerja jasa ini sekaligus memahami isi laporan yang diberikan nantiya. Setidaknya terdapat four tahapan kerja di dalam jasa ini, yaitu:

 

1. Ide dan Penelitian

Sebelum melakukan penelitian atau kajian studi, jasa studi kelayakan bisnis ini akan menentukan ide bisnis terbaik. Kamu dapat menemukan satu atau beberapa ide sekaligus. Jika terdapat banyak pilihan maka jasa ini akan melakukan kajian lebih lanjut dengan melihat mana yang paling mendesak dan memberikan kemungkinan earnings lebih besar.

 

Selanjutnya, jasa ini akan membuat penelitian yang komprehensif dengan melihat berbagai aspek yang tersedia. Adapun aspek-aspek tersebut, seperti:

 

Aspek Operasional

Aspek Teknis dan Teknologi

Aspek Keuangan

Aspek Lingkungan, Budaya dan Sosial

Aspek Pemasaran

Aspek Manajemen

Melalui setiap aspek tersebut, maka pihak jasa pembuatan studi kelayakan ini dapat menentukan hasil studi bisnis yang kamu jalankan atau sedang direncanakan. Hasilnya akan tersedia dalam bentuk statistics dan analisanya sehingga mudah dipahami.

 

2. Evaluasi

Dalam menentukan layak atau tidaknya sebuah bisnis maka kamu membutuhkan standar yang menjadi acuan utama. Standar tersebut bisa berupa kuantitatif ataupun kualitatif. Namun, fokus utama pada evaluasi pada bidang keuangan terutama biaya serta keuntungan yang akan diperoleh. Jika lebih baik daripada standar yang ada maka lebih baik dan ide tersebut layak secara umum.

 

3. Membuat Daftar Usulan

Melalui studi yang ada kamu akan menemukan berbagai masalah, tantangan dan rintangan dalam sebuah bisnis. Tentunya jasa studi kelayakan yang profesional dan berpengalaman memiliki banyak pilihan solusi dan usulan yang baik dan menguntungkan. Pilihan tersebut akan dipertimbangkan kembali dan kamu dapat menemukan yang paling menguntungkan di antaranya.

 

4. Rencana Pelaksanaan dan Proses Pelaksanaannya

Setelah melakukan hal di atas, maka melalui bantuan jasa ini kamu dapat membuat rencana selanjutnya yang harus dilaksanakan. Kemudian, hal ini dilanjutkan dengan proses pelaksanaan. Proses ini tetap dievaluasi kembali apakah telah sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Melalui tahapan pekerjaan jasa studi kelayakan bisnis di atas, kamu akan memahami bagaimana cara kerja jasa ini. Melalui tahapan tersebut tentu kamu mengharapkan hasil studi yang baik, komprehensif dan menjawab kebutuhan para pebisnis. Namun, melalui hasil studi ini kamu bisa membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih menguntungkan.

By roket