Perbedaan antara biografi dan otobiografi – Indonesia masih perlu memperjelas pengertian istilah otobiografi dan biografi. Karena pada kenyataannya, otobiografi dan biografi merupakan teks naratif yang menceritakan tentang seorang tokoh dan pengalamannya. Dalam Autobiografi dan Biografi, dalam bentuk penceritaan, relatif mudah untuk menemukan referensi tentang tokoh-tokoh sejarah dan peristiwa di sekitarnya.

Namun demikian, Autobiografi dan Autobiografi juga tidak menghilangkan isi fiksi yang terdapat dalam Autobiografi. Hal ini terjadi karena otobiografi dan biografi tidak dapat berbicara dengan sebuah teks, dan bahkan dalam sejarahnya, tidak ditekankan sebagai fakta. Selanjutnya, otobiografi dan biografi tidak bisa disebut karya sastra yang didominasi oleh tokoh fiksi.

Jika ya, apa yang dimaksud dengan autobiografi dan biografi? Pada dasarnya, yang perlu diingat setiap orang adalah bahwa otobiografi dan biografi adalah teks khusus dan harus diperlakukan secara khusus.

Baca Juga : contoh daftar pustaka

Klaim-klaim tersebut bukannya tanpa dasar dan bukti yang nyata, karena merupakan hal yang biasa untuk menyaksikan bahwa otobiografi dan biografi dapat digunakan untuk mendukung analisis dan klaim mereka, dan studi otobiografi dan biografi juga dapat digunakan dalam studi sastra atau sejarah. Selain itu, otobiografi dan biografi juga dapat digunakan untuk mendukung analisis dan klaim ilmiah.

Meskipun baik otobiografi maupun biografi, ternyata ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk karya sastra ini, karena sulit untuk mengetahui bagaimana genre telah berkembang untuk karya otobiografi dan biografi. Namun, ini juga merupakan nilai tambah, karena banyak karya otobiografi dan biografi telah diterbitkan, baik dalam buku maupun cerita serial yang diterbitkan secara teratur.

 

 

Peningkatan karya otobiografi dan biografi, sejalan dengan kebijakan pemerintah yang semakin terbuka terhadap penerbitan, bisa dibilang meningkat secara tentatif setiap tahun, meski jumlahnya tidak pasti.

 

 

Dari sini dapat dikatakan bahwa minat dan apresiasi seseorang terhadap otobiografi dan biografi sangat besar. Dengan pemikiran ini, penulis sekarang akan membahas apa yang dimaksud dengan otobiografi dan biografi, serta perbedaan di antara keduanya.

Apa itu biografi?

Secara umum biografi diartikan sebagai cerita atau informasi tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks dari sekedar daftar tanggal lahir atau kematian dan pekerjaan seseorang, juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam melalui peristiwa tersebut.

Ada penjelasan dalam biografi bahwa kehidupan seorang tokoh berlangsung dari masa kanak-kanak sampai tua, dan ada pula yang sampai mati. Semua jaya, pekerjaan yang dilakukan seseorang, ditulis oleh orang lain, bukan diri sendiri. Oleh karena itu, biografi adalah gambaran tentang kehidupan orang lain. Ini berbeda dengan arti otobiografi yang akan dibahas nanti.

Apa itu otobiografi?

Secara umum, konsep otobiografi mengacu pada sebuah karya yang menjelaskan tentang riwayat hidup atau kehidupan seorang tokoh yang ditulis oleh diri sendiri. Hal ini sesuai dengan arti etimologis Autobiography, Autos itu sendiri, bios adalah kehidupan, dan graphein adalah arti tulisan.

Terkadang orang yang membuat otobiografi mengandalkan opini dan berbagai dokumen, atau bisa juga ingatan penulis. Atau, menurut Philippe Lejeune (1982; Anderson, 2001: 2), otobiografi didefinisikan sebagai prosa naratif retrospektif yang dihasilkan oleh seseorang yang nyata tentang keberadaannya, dengan fokus pada kehidupan pribadi dan, khususnya, perkembangan kepribadian.

Apa perbedaan antara biografi dan otobiografi?

Ada banyak perbedaan antara otobiografi dan biografi, namun karena perbedaan antara otobiografi dan biografi yang banyak digunakan oleh masyarakat, kali ini penulis menyajikan perbedaan di antara keduanya. Perbedaan antara biografi dan autobiografi adalah:

  1. Biografi adalah menulis perjalanan hidup seseorang, karena apa yang telah dilakukan, dengan tanda tanya atau cerita yang dapat mengubah banyak orang, atau sesuatu. Otobiografi, di sisi lain, adalah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh karakter itu sendiri dalam karyanya.
  2. Biografi dibuat dari berbagai sumber, seperti bagaimana seseorang digambarkan dari orang yang ditulis dan berbagai orang di sekitarnya. Adapun perbedaan sumber, otobiografi menggunakan sumber dari ingatan seseorang sendiri, atau dokumen yang ada tentang dirinya.
  3. Terkadang autobiografi mereka berisi informasi tentang kesulitan yang mereka alami. Sedangkan biografi berbeda karena mengandung pemikiran yang bermanfaat yang dapat dibagikan oleh orang lain.
  4. Autobiografi, untuk tujuannya, biasanya hanya memberikan informasi positif, dan beberapa orang seperti politisi menggunakan otobiografi untuk visualisasi. Pada saat yang sama, biografi dibuat karena menjadi saksi peristiwa.
  5. Autobiografi biasanya digunakan untuk memperkenalkan atau menceritakan kepada publik apa yang telah dia lakukan dalam hidupnya sehingga pelajaran yang berharga dapat dipetik. Meskipun biografi biasanya berisi informasi dengan kebijaksanaan, motivasi, dan sejarah yang signifikan, biografi dapat menjadi panutan bagi mereka yang membacanya.

Jadi, apa informasi untuk menjelaskan perbedaan antara biografi dan otobiografi? Itulah perbedaannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Itu saja, terima kasih.