Cincin bukan hanya sebuah perhiasan yang dipasangkan di jemari manis saja, tapi juga sebagai pertanda jalinan yang terlilit di antara seorang pria dan wanita. Umumnya cincin lamaran diberi pria ke wanitanya di saat acara lamaran dan pernikahan.

APA SIH BEDANYA CINCIN NIKAH DAN CINCIN TUNANGAN?

Tetapi, tahukah kamu jika cincin nikah dan cincin cincin lamaran itu berlainan? Untuk memperjelasnya, berikut akan kami terangkan ketidaksamaan di antara cincin nikah dan cincin cincin lamaran. Ingin tahu kan? Yok kita baca!

6 Ketidaksamaan Di antara Cincin Nikah dan Cincin Tunangan

  • Pemberian cincin

Cincin lamaran tidak demikian harus, bergantung dari ketetapan kedua pihak. Umumnya diberi oleh calon pria untuk wanitanya pada acara lamaran. Untuk cincin nikah benar-benar harus ada pada sebuah pernikahan untuk digunakan oleh mempelai wanita atau lelaki. Cincin kawin umumnya terpasangkan saat ke-2 nya telah sah jadi suami istri.

  • Jumlah cincin

Pada acara lamaran, umumnya cuman wanita saja yang diberi cincin . Maka, kamu perlu mempersiapkan satu cincin saja. Dan untuk pernikahan memerlukan dua cincin yang sepasang, karena untuk digunakan oleh ke-2 pasangan yang sudah ganti status sebagai suami istri.

  • Status cincin

Cincin lamaran mendefinisikan jika si wanita telah memiliki komitmen untuk menikah dengan lelaki yang disayanginya. Namun, cincin bukan sebuah pertanda jika si wanita telah menikah, tapi mengisyaratkan jika jalinan ke-2 nya sudah masuk tahapan yang serius. Sementara cincin kawin ialah sebuah tanda pernikahan di antara pasangan yang telah syah di mata agama dan hukum.

  • Status cincin

Meskipun ada yang tidak bikin pusing status pemakaian cincin, tapi ada banyak adat yang memercayainya. Misalnya saja di beberapa negara barat, mereka menggunakan cincin pertunangan di jemari manis tangan kiri. Dan untuk cincin kawin, mereka menggunakannya di jemari manis tangan kanan.

  • Design cincin

Disaksikan dari penampilannya, design cincin lamaran umumnya lebih menawan dan diperlengkapi oleh batu berlian, di mana batu berlian itu ada di sisi tengah cincin sama ukuran yang bervariatif. Dan design dari cincin kawin, biasanya lebih sederhana dan minimalis, jadi akan berasa nyaman dan pas untuk digunakan setiap hari.

  • Harga cincin

Harga untuk cincin kawin dan cincin pertunangan tidak berbeda jauh dan tentu saja bergantung dari design cincin yang diputuskan. Di pasar harga cincin benar-benar bermacam. Misalnya di toko kami, The Palace Jeweler yang sediakan produk Frank dan co., di mana harga sekitaran Rp 2.500.000 sampai 2.600.000. Makin tinggi detail berlian yang diputuskan, karena itu harga akan makin tinggi.

Demikian ketidaksamaan di antara cincin untuk nikah dan untuk tunangan. Lalu bolehkah memakai cincin lamaran sebagai cincin nikah? Sudah pasti dibolehkan. Karena cincin itu bukan sebuah kewajiban . Maka untuk kamu yang ingin mengirit ongkos pernikahan, kamu bisa jadi memakai cincin itu sebagai pengikat tali pernikahan.