mural jalanan

Lukisan mural menikmati sejarah panjang dalam seni dunia. Pada zaman Yunani-Romawi, mural dibuat dengan cat encaustic, di mana pigmen yang dicampur dengan lilin lebah cair diaplikasikan pada dinding plester. Fresco, bentuk awal lain dari lukisan mural, biasanya melibatkan seniman yang mengaplikasikan cat basah ke plester basah; pengeringan mengikat keduanya.

Cat minyak digunakan oleh banyak seniman di Renaissance untuk membuat karya besar pada panel di studio mereka kemudian memasangnya di dalam ruangan di tempat lain. Mural yang masih ada sebagian besar di dalam ruangan, meskipun Anda melihat mural luar ruangan, memudar dan terkelupas setelah berabad-abad, di negara-negara tua.

Mural di zaman yang lebih baru sering kali berbahan akrilik. Cat semprot adalah tambahan terbaru dari keluarga media mural, penggunaannya sering terinspirasi oleh seni grafiti.

Mural yang diselesaikan oleh siswa di Allendale School Edmonton Alberta

1. Jenis Lukisan Dinding Apa? — Eksterior atau Interior

Jika mural Anda berada di dalam ruangan, Anda mungkin akan mengerjakan plester (misalnya, drywall) yang dicat dengan lateks interior atau mungkin pada batu bata yang tidak dicat. Jika mural Anda berada di luar ruangan, permukaan yang Anda kerjakan mungkin terbuat dari batu bata, pasangan bata, atau semen. Mungkin dicat lateks, atau belum selesai. Mungkin baru dan bersih atau tua dan kotor.

Kualitas individu dari setiap permukaan harus dipertimbangkan selama perencanaan, persiapan, dan pengecatan mural Anda. Pertimbangan kedua untuk diperkenalkan di awal pemikiran Anda adalah apakah mungkin lebih baik untuk melukis di panel daripada langsung ke permukaan yang ada. Jika dinding yang Anda kerjakan kasar, kotor, tambal sulam, atau sangat bertekstur, Anda mungkin
lebih suka menggunakan panel kayu halus dan prima yang dapat dipasang di atasnya.

Pertimbangan lain yang mungkin menyebabkan Anda memilih panel adalah: Jika perubahan citra diinginkan di masa mendatang, misalnya jika Anda diminta untuk membuat mural tidak permanen;

Jika Anda bekerja dengan kelompok anak-anak atau orang lain, panel dapat menjadi alternatif yang lebih aman dan bersih daripada bekerja di luar ruangan dengan tangga atau perancah;

Jika kondisi kerja terlalu sulit (misalnya di area yang bising atau berdebu);

Jika cuaca atau kondisi atmosfer lainnya cukup parah untuk mempengaruhi seni luar ruang secara negatif, membahayakan mural.

Panel dapat dibuat dari kayu, seperti birch, kayu pres, papan partikel atau logam. Kayu
lapis MDO (medium density overlay) adalah pilihan yang bagus. (Panel akan dibahas secara rinci di Bagian 4.)

Mural oleh Tim Heimdal di Old Strathcona Performing Arts Center 8426 Gateway Boulevard Northwest, EdmontonnDi lapangan Pengalaman lapangan seniman yang telah melukis mural dapat membantu Anda memilih antara bekerja di tempat dan bekerja di panel —

“Dinding plester yang kasar akan membutuhkan lebih banyak persiapan. Ini akan menggunakan lebih banyak cat dan pernis. Itu juga akan membuat kuas lebih cepat aus.”

“Dinding pasangan bata diketahui retak dan memburuk seiring waktu. Mural itu mungkin mengalami nasib yang sama dan membutuhkan perbaikan besar-besaran.”

“Sebuah mural yang dilukis pada panel 4×8′ dapat dipindahkan kapan saja, atau dapat dilepas untuk perbaikan dinding. Itu tidak akan rusak jika dindingnya retak atau merembes air.”

“Penyewaan scaffolding akan diminimalisir jika mural dilakukan di panel daripada langsung di dinding.”
“Cukup sulit bagi seorang seniman untuk melukis dan menciptakan saat tinggi di atas perancah, berdiri kurang dari enam kaki dari dinding, dalam cuaca yang sering panas (atau dingin), hujan atau berangin. Untuk alasan ini, diperlukan waktu sekitar dua kali lebih lama untuk melakukan pekerjaan yang sama.”

“Seniman akan lebih mungkin untuk menjamin pekerjaan mereka jika mereka dapat melakukannya dalam kondisi yang akrab dan nyaman, di permukaan yang mereka tahu.”

“Seniman dapat bekerja lebih efisien pada panel di studionya. Mereka dapat melukis dalam kondisi yang diketahui, siang atau malam, dalam cuaca apa pun. Mereka bahkan dapat mengerjakan proyek sepanjang tahun.”
“Jika dilukis pada panel di studio, proyek dapat diawasi dengan inspeksi kemajuan yang dilakukan di studio artis, atau artis dapat mengirimkan foto, memposting gambar digital di web, atau mengirim dvd.”

“Panel dapat diangkut dan ditampilkan di berbagai lokasi sebelum instalasi akhir. Beberapa kelompok memanfaatkan ini untuk publisitas dan peluang penggalangan dana.”

Satu peringatan tentang panel: “Berhati-hatilah dalam menangani dan mengirim panel yang sudah selesai: jangan biarkan permukaan yang dicat bersentuhan satu sama lain karena dapat menempel, dapat menarik cat, bahkan jika dipernis.” Singkatnya, panel umumnya lebih disukai daripada permukaan lain untuk lukisan mural, terutama di luar ruangan, karena kemudahan persiapan, penanganan, pengecatan, dan pelestariannya. Perhatian harus dilakukan dalam mengangkut dan memasang panel.

2. Apa Jenis Cat? —

Cat Mural Optimal Mural adalah lukisan besar, dan mungkin tergoda untuk memilih cat rumah lateks daripada cat berkualitas seniman, terutama ketika mempertimbangkan biaya cat atau berpikir untuk menutupi area yang luas dengan satu warna tunggal.

Lateks tentu akan lebih murah untuk dibeli dalam jumlah besar, tetapi biaya jangka panjangnya bisa menjadi lebih tinggi, tidak hanya dalam hal uang yang dikeluarkan. Cat berkualitas seniman termasuk akrilik dan cat lain yang ditemukan di toko perlengkapan seni. Diformulasikan untuk kecerahan, kemurnian warna, integritas permukaan yang tahan lama, dan tahan luntur. Cat berkualitas seniman adalah pilihan terbaik untuk mural, terutama karena:

Cat berkualitas artis lebih tahan lama. Cat berkualitas artis diformulasikan untuk bertahan selama beberapa generasi, tidak hanya beberapa tahun, seperti halnya cat rumah. Agar pigmen dipertimbangkan untuk digunakan dalam bahan seniman, pigmen itu harus tahan luntur (cat tidak akan memudar atau menjadi gelap), dan pengikat (yang memberikan partikel cat dengan kohesi dan konsistensi) tidak rentan terhadap retak atau terkelupas.

Dirawat dengan benar, mural yang dilestarikan dalam cat berkualitas senimanbahkan yang menghadap ke utara di iklim utara ini — dapat bertahan seperempat abad atau lebih. Rentang warna cat berkualitas seniman lebih unggul. Palet yang lebih cerah dan kaya semakin ditingkatkan dengan kemampuan campurannya.

Olehmencampurkan beberapa warna dasar seorang muralist dapat menciptakan ratusan rona. Lateks rumah tangga, sebaliknya, tidak begitu kaya, karena pengisi dan opacifier yang digunakan dalam pembuatannya untuk menurunkan biaya. Juga tidak begitu serbaguna.

Cat berkualitas seniman dapat digunakan dengan aditif atau media untuk menciptakan efek dan memperpanjang pigmen tanpa merusak integritas lapisan cat.

Di masa lalu, beberapa kota menggunakan cat rumah untuk mural mereka dengan tujuan untuk mengembalikan seniman aslinya ke segala arah beberapa tahun untuk ‘menyentuhnya’, dan menjadikan ‘sesi koreksi’ ini sebagai daya tarik wisata tersendiri.

Namun, mereka menemukan bahwa ini sama sekali tidak layak atau ekonomis. Mereka menemukan bahwa area yang memudar lebih luas dari yang diharapkan, dan biaya serta ketidaknyamanan untuk melibatkan seniman, melepas lapisan pelindung, mengecat ulang seperlunya, dan kemudian memoles ulang karya seni, tidak layak. Selanjutnya, proses ini harus diulang setiap 5 sampai 8 tahun.

Lihat beberapa portofolio mural di lukisandinding.com

By jago

Mister Jago Hadir untuk berbagi berbagai informasi seputar pemasaran online dan Pembuatan webiste WordPress. Jika anda butuh referensi lebih, silahkan kunjungi : https://www.salimdigital.com/blog-salim/