Mari Besama Belajar Memahami Berbagai Descriptive Text Bahasa Inggris

   Contoh descriptive text atau biasa dikenal dengan istilah teks deskripsi merupakan salah satu dari berbagai macam materi teks dalam bahasa inggris yang diajarkan dalam ranah pembelajaran bahasa inggris tingkat SMA dan sederajatnya. Sebagai bahan pembelajarn berupa teks tertulis, materi ini biasanya juga disajikan secara lisan kepada para pesserta didik. Biasanya, digunakan dalam ujian tulis yang meggunakan kemampuan mendengar para peserta didik untuk menentukan dan memecahkan berbagai masalah dalam soal yang disajikan.

   Descriptive text merupakan istilah dalam bahasa inggris yang digunakan untuk mencerminkan dan menunjukkan sebuah karangan tulis atau teks dengan struktur dan kerangka tersendiri yang berisi penjelasan secara detail berupa gambaran mengenai objek atau topik yang menjadi bahasan. Teks deskripsi mewakili berbagai gambaran dan penceritaan penulis dalam membahas objek atau topik bahasan tertentu. Objek itu bia berupa benda, hewan, manusia, profesi, tempat, dan lain sebagainya.

   Para peserta didik menggunakan materi ini sebagai bentuk ekspresi dalam imajinasi mereka dengan menggunakan bahasa inggris, tentunya dalam menunjukkan gambaran imajinasi mereka dalam menjelaskan objek dan topik yang mereka pilih sebagai bahasan. Misal, peserta didik memilih topik profesi maka peserta didik akan menjalankan imajinasi mereka dalam berbahasa inggris untuk menjeleskan berbagai hal mengenai profesi tertentu sehingga para pembaca akan mendapati gambaran mengenai profesi itu.

   Descriptive text juga menjadi bagian dari materi bahasa inggris yang biasa digunakan dalam berbagai tes bahasa inggris, misal dalam tes ujian akhir semester. Dalam Ujian akhir semester ini, biasanya peserta didik didengarkan sebuah monolog oleh seorang yang membacakan teks deskripsi sehingga kita sebagai peserta didik dituntut untuk mendengar dengan seksama dan memperhatikan berbagai poin-poin penting untuk menjawab berbagai persoalan setelahnya. Bisa saja menanyakan apa yang sedang dibahas dan lain sebagainya.

   Pembelajaran bahasa inggris berbasis teks terutama teks bahasa inggris menjadikan peserta didik menggunakan imajinasi mereka secara kompleks dan liar sehingga kreatifitas dan inovasi mereka akan lebih terasah selama menjalani pelatihan dan pembelajaran bahasa inggris di lingkungan mereka. Pembelajaran ini secara tidak langsung akan membuat kemampuan bahasa inggris mereka meningkat dan berkembang dseiring berjalannya waktu.