Lantai vinil dapat bertahan terhadap banyak masalah yang umum terjadi pada lantai, bahkan di area dengan lalu lintas tinggi di rumah, tetapi tentu saja masih membutuhkan perawatan dan pembersihan agar tetap terlihat terbaik.

Jika anda masih bingung bagaimana cara merawatnya, berikut ini adalah cara membersihkan lantai vinyl.

Bersihkan tumpahan dengan air biasa segera setelah terjadi untuk membantu mencegah noda. Anda harus membersihkan lantai lebih menyeluruh sekitar seminggu sekali.

Pertama, vakum atau keringkan lantai untuk menghilangkan debu, rambut, dan kotoran. Kemudian Anda siap untuk beralih ke pel basah dan larutan pembersih.

Pembersih lantai vinil komersial tersedia, tetapi Anda dapat membuat pembersih lantai vinil yang sederhana dan efektif dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air. Keasaman cuka menghilangkan kotoran tanpa meninggalkan lapisan sabun.

Campurkan satu cangkir cuka sari dengan satu galon air panas. Gunakan pel basah untuk dioleskan ke lantai, sering-seringlah membilas pel dengan air bersih dan panas dari ember lain atau wastafel Anda. Untuk daya pembersihan ekstra, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam campuran air dan cuka.

Pel pertama dengan campuran sabun dan kemudian pel kedua kalinya dengan campuran air dan cuka.

Sebenarnya teknik membersihkan lantai vinyl yang kami sebutkan ini tidak saja untuk rumah tinggal, kadang untuk vinyl rumah sakit juga bisa kita terapkan, dimana terkadang nodanya jauh lebih bandel dibandingkan dengan noda rumahan.

Cara Membersihkan Lecet dan Noda

Berikut tips cara membersihkan lantai vinyl yang benar-benar kotor. Anda dapat menghilangkan noda dari zat asam seperti jus buah, saus tomat, saus tomat atau anggur dengan pasta soda kue dan air. Gosok pasta di lantai dengan handuk lembut sampai noda terangkat.

Bersihkan soda kue dari lantai dengan larutan cuka dan air.

Untuk noda membandel dari lipstik, krayon, cat atau tinta, oleskan alkohol pada noda dan gosok dengan sikat berbulu lembut. Jangan gunakan wol baja atau sikat yang lebih abrasif karena dapat menggores lantai. Untuk noda cat kuku, gunakan penghapus cat kuku.

Untuk lecet, semprotkan WD-40 pada handuk dan gunakan untuk menggosok area yang lecet hingga bekasnya hilang. Bersihkan dengan larutan cuka dan air untuk mengeluarkan WD-40 dari lantai.

Tips Perawatan Lantai Vinyl

Jangan gunakan pasta lilin poles di lantai vinil Anda.

Mereka akan meninggalkan film di lantai yang akan menumpuk seiring waktu. Ada cara murah dan mudah untuk menambahkan kilau ke lantai Anda: Masukkan beberapa tetes baby oil ke dalam larutan pembersih cuka dan air yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Jangan lupa perawatan pencegahan saat mempertimbangkan cara membersihkan lantai vinyl. Kotoran dan debu merusak permukaan lantai apa pun, jadi simpan keset di depan pintu luar untuk mencegah kotoran masuk ke dalam rumah.

Terlepas dari trik membersihkan dan merawat lantai vinyl diatas, kami menyarankan untuk menggunakan vinyl dengan kualitas tinggi, seperti yang ditawarkan oleh suppliervinyllantai.com

By Drajad