Saat menjalankan bisnis online, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjang penjualan, baik itu di marketplace maupun website. Salah satunya, penulisan deskripsi produk yang baik.

Ya, deskripsi produk tidak hanya membantu memudahkan calon pelanggan mengidentifikasi produk Anda. Ini juga menarik perhatian dan membujuk mereka untuk membeli.

Lantas, bagaimana cara menulis deskripsi produk yang menarik?

Jangan bingung. Kami telah menyiapkan beberapa tips untuk menulis deskripsi produk yang benar dan beberapa contoh dalam artikel ini. penasaran? Yuk, langsung ke komentarnya sampai habis!

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Menarik

Deskripsi produk adalah informasi yang menjelaskan tentang produk Anda, berupa spesifikasi produk, manfaat, cara penggunaan, dll.

Bagi penjual, deskripsi produk berguna untuk dapat mendeskripsikan produknya secara spesifik. Kemudian dari sudut pandang calon pembeli, deskripsi produk akan memudahkan mereka untuk mempertimbangkan apakah produk Anda benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Kenali Target Konsumen Anda

Hal utama yang perlu Anda lakukan sebelum menulis deskripsi produk adalah mengidentifikasi siapa target pelanggan Anda.

Pendekatan ini bisa dimulai dengan memahami buyer persona, yaitu kepribadian calon pembeli. Mulailah dengan minat mereka, kebutuhan mereka, seberapa sering mereka mengunjungi situs web atau media sosial Anda, dll.

Juga, tentukan bagaimana berkomunikasi dengan mereka dalam gaya bahasa yang tepat. Seringkali, gaya bahasa dapat disesuaikan berdasarkan usia target konsumen, selera humor, bahkan citra merek yang ingin Anda ciptakan di mata konsumen.

  1. Fokus pada Manfaat Produk

Setelah Anda memahami siapa target pelanggan Anda, Anda bisa fokus pada manfaat produk Anda.

Sayangnya, banyak penjual yang fokus menjelaskan fitur daripada manfaat. Padahal, manfaat dan fitur produk adalah dua hal yang berbeda. Maklum, konsumen sendiri cenderung tidak fokus pada fungsionalitas. Mereka hanya peduli pada manfaat yang bisa mereka dapatkan dari produk tersebut.

Lalu, apa perbedaan antara fitur dan manfaat?

Fitur adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh suatu produk. Manfaat adalah apa yang konsumen dapatkan ketika mereka menggunakan produk Anda.

  1. Berikan Sentuhan Emosional

Deskripsi produk yang menarik sering kali melampaui spesifikasi, fitur, dan manfaat. Namun Anda juga bisa memberikan sedikit sentuhan emosional agar semakin berkesan.

Saat menulis deskripsi, Anda dapat menyampaikan pesan yang menarik dalam beberapa cara. Salah satunya adalah mendongeng.

Sama seperti Agradaya, ini adalah bisnis lokal yang menjual produk rempah lokal asli. Dengan hampir setiap postingan di media sosial, Agradaya selalu berusaha membuat cerita yang berkesan saat menulis deskripsi produk.

Nah, jika kamu belum bisa membuat kata-kata yang dapat menyentuh emosional, maka kamu bisa memesan jasa content writer untuk menulis konten agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Gunakan Bahasa yang Natural

Apakah nadanya terdengar ramah saat membaca teks deskripsi produk? Bahkan terlihat kaku seperti robot?

Jika hal ini masih terjadi, coba ubah nada lagi dan gunakan kosakata tulisan Anda. Seperti halnya keterlibatan emosional, tata bahasa percakapan dan nada tulisan akan memudahkan merek Anda untuk terhubung dengan konsumen.

Triknya adalah menggunakan bahasa yang umum dan mudah dipahami. Usahakan untuk menghindari penjelasan yang rumit agar tidak membuat penonton bosan.

  1. Gunakan Kosakata yang Lebih Variatif

Saat menulis deskripsi produk, disarankan untuk menggunakan kata-kata yang paling mudah dipahami. Namun jangan sampai hal itu membuat Anda monoton memilih kata yang sama.

  1. Pastikan Teks Mudah di Skimming

Tahukah Anda bahwa pengunjung hanya membaca sekitar 16% dari konten di suatu halaman? Begitu masuk, mereka biasanya hanya membaca sekilas teks dan membaca informasi yang mereka butuhkan. Itu sebabnya, Anda perlu membuat teks deskripsi Anda seefektif mungkin.

  1. Gunakan Kata Kunci SEO

Penting juga untuk menggunakan kata kunci SEO dalam deskripsi produk. Sebab, akan memudahkan calon pembeli menemukan produk Anda di mesin pencari. Apakah Anda menjual di situs web pribadi Anda atau di pasar.

Dimanapun Anda berjualan, baik di website Anda sendiri maupun di marketplace, jangan lupa untuk selalu menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk Anda. Sebab, akan memudahkan calon pembeli menemukan produk yang relevan dengan kebutuhannya.

Untuk dapat menemukan kata kunci yang tepat, Anda dapat menggunakan banyak alat penelitian kata kunci gratis. Contohnya termasuk Ubersuggest, Google Keyword Planner, Google Search Console, dan banyak lagi.