cek identitas lewat no rekening bank

Cara memeriksa identitas seseorang melalui rekening bank — Mengetahui identitas seseorang terlebih dahulu melalui rekening, terutama saat pengiriman uang atau transfer, dapat menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

Misalnya, ada informasi undian yang diperoleh melalui pesan teks atau panggilan telepon, atau kecelakaan yang melibatkan kerabat.

Kemudian orang tersebut meminta sejumlah uang, kemudian dia bisa menanyakan identitas orang tersebut dan mencari identitas orang tersebut melalui nomor rekening yang dia berikan.

Tentu saja, ini bukan tanpa alasan. Selain itu, ada banyak penipuan dengan kedok hadiah untuk memberi tahu kerabat tentang kecelakaan dan meminta uang tebusan setelah memenangkan lotre.

Untuk menghindari penipuan, Anda dapat melacaknya melalui akun yang dia berikan untuk mencari data tentang pemilik akun orang tersebut.

Cara Mudah Untuk Mengecek Identitas Via Rekening Bank BNI, BRI, BCA & Mandiri

Dilansir dari nomercallcenter.com, Ada beberapa cara untuk memeriksa akun, tetapi dapat dilakukan melalui alat online (website), Tipkita.com merekomendasikan untuk melacak identitas seseorang melalui akun.

Website atau website yang dimaksud adalah Cekrekening.id. CekRekening.id adalah website resmi yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan data rekening bank untuk dugaan tindak pidana.

Siapapun yang ingin berpartisipasi dan membantu pengguna online trading lainnya menciptakan lingkungan trading online yang sehat, aman dan tentu saja nyaman dapat melaporkan akun yang ditetapkan sebagai tindak pidana. Rekening-rekening yang dapat dilaporkan adalah rekening-rekening yang berkaitan dengan tindak pidana, seperti:

  • Akun palsu
  • Investasi palsu
  • Narkotika dan obat-obatan terlarang
  • Terorisme
  • dan kejahatan lainnya

Cara Cek Nomor Rekening Via Cekrekening.id

Cara menggunakan Cekrekening.id untuk melacak akun seseorang sangat sederhana, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka browser di komputer/laptop atau handphone anda, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Mini
  2. Masukkan alamat situs atau klik Cekrekening.id
  3. Pilih bank yang digunakan/disediakan oleh pelaku
  4. Masukkan nomor rekening
  5. Centang atau masukkan kode verifikasi yang diminta
  6. Selanjutnya klik Cek Akun
  7. Layar selanjutnya akan menampilkan informasi tentang akun yang diminta beserta nama dan informasi lain dari pemilik akun
  8. Pilih bank berdasarkan nomor rekening, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Danamon dan bank lainnya.
  9. Jika akun yang diminta adalah akun kriminal, akan muncul riwayat laporan lengkap, termasuk kategori penipuan seperti penipuan transaksi online.
  10. Bagaimana cara melaporkan akun penipuan
  11. Ada banyak cara untuk melaporkan rekening yaitu lapor ke pihak yang berwenang (polisi), lapor ke bank, dan tambah ke Cekrekening.id.
  12. Sekalipun rekening dilaporkan, dana yang dikirim atau ditransfer tidak dapat dikembalikan secara penuh, tetapi penipuan lebih lanjut dapat diminimalkan.
  13. Bagaimana cara menambahkan laporan akun penipuan di Cekrekening.id

Setelah mengetahui identitas rekening, maka rekening yang bersangkutan dapat membawa bukti lengkap untuk dilaporkan ke departemen atau bank terkait.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan laporan dengan mengklik “Tambah Laporan” di halaman tersebut, yang akan memberi tahu Anda nomor rekening yang terdapat di Cekrekening.id.

Setelah mengklik Tambah Laporan, Anda akan diarahkan ke halaman Buat Laporan. Lengkapi formulir yang disertakan pada halaman, misalnya:

  • Nama Bank
  • Akun
  • Nama pemegang akun
  • Kategori:

Penipuan transaksi online, terorisme dan aktivisme, pemerasan, prostitusi online, dan kejahatan lainnya

  • Pilih sumber/media transaksi
  • Tulis kronologi lengkap peristiwa
  • Lampirkan gambar sebagai bukti pendukung

Jika sudah terisi dengan lengkap, silahkan cek atau pilih kode reCAPTCHA dan klik Sumbit. Sejauh ini, kami telah berhasil menambahkan laporan ke halaman Cekrekening.id.

Laporkan No Rekening Penipuan Ke Bank

Penting juga bahwa jika Anda memiliki waktu atau ruang luang, harap segera laporkan ke bank melalui cabang terdekat dan bawa bukti berikut:

  • Nama pemilik akun palsu
  • Akun yang digunakan untuk menyontek
  • Jika penipuan adalah tempat penjualan online melalui pembelian dan penjualan online
  • Surat keterangan dari kantor polisi

Namun jika tidak sempat ke cabang terdekat, bisa melaporkannya melalui call center bank terkait, terlebih dahulu siapkan nomor rekening lengkap dan nama pemilik rekening yang teridentifikasi curang, lalu ikuti instruksi yang diperlukan oleh departemen layanan pelanggan bank.

 

By Drajad