Cara Reset Hp Xiaomi

Sejak dibukanya ASEAN-China Free Market Trade Agreement pada 2010, pasar Indonesia dilanda impor dari China. Mulai dari peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, gadget, dll.

Hal ini juga berdampak pada perkembangan dunia smartphone Indonesia. Di pasar Indonesia, salah satu smartphone Android terlaris di China adalah ponsel Android bermerek Xiaomi.

Dibandingkan dengan ponsel Android populer lainnya seperti Samsung, Apple, dll, karena spesifikasi yang tinggi dan harga yang sangat murah, tidak diragukan lagi membuat ponsel Xiaomi menjadi pilihan populer di Indonesia, meskipun ponsel merek Xiaomi tidak resmi masuk ke Indonesia hingga tahun 2014.

Dilansir dari lenovoku.com, Saat pertama kali membeli ponsel Android Xiaomi di toko ponsel resmi, tentu performanya sangat bagus, karena semua komponen yang disematkan mulai dari perangkat keras dan aplikasi hingga sistem operasi baru diinstal dari pabrikan.

Namun seiring berjalannya waktu, ponsel Android kita sering mengalami masalah yang disebabkan oleh banyak faktor. Apakah ponsel sering hang atau hang karena faktor pemakaian, serangan virus, memori RAM penuh, dll?

Untuk mengatasi masalah ponsel Mi error dan sering hang, tentunya diperlukan cara khusus agar ponsel berfungsi normal kembali.

Selain mengembalikan ke pengaturan pabrik, juga dapat mengatasi masalah ponsel yang sering hang dan error, serta masalah ponsel Xiaomi lainnya, seperti mengatasi masalah lupa password email, lupa akun Xiaomi, dan menyikat Xiaomi. Sebelum menjelaskan cara reset Xiaomi, kali ini kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu ponsel Xiaomi dan apa itu reset ponsel.

Jenis Hp Xiaomi

Ada dua seri ponsel Xiaomi yang beredar di pasaran, yaitu ponsel Xiaomi dan Xiaomi Redmi. Perbedaan dari kedua seri Xiaomi ini adalah seri Xiaomi lebih mahal dan lebih halus daripada seri Redmi. Tak ayal ponsel Xiaomi Redmi lebih menyasar kelas menengah ke bawah dan entry level.

Lalu Apa itu Reset Ponsel?

Menyetel ulang telepon adalah proses mengembalikan telepon ke pengaturan pabrik, sama seperti keadaan saat telepon dibeli untuk pertama kalinya. Ini berarti semua data dan pengaturan telepon (seperti akun, aplikasi, gambar, lagu, musik, dll.) akan dihapus seperti biasa, dan hanya aplikasi bawaan yang terpasang di telepon yang akan dihapus.

Cara Reset Hp Xiaomi

Jadi, di sini kami akan memberi Anda beberapa cara mudah untuk mereset ponsel Xiaomi Anda. Mari kita lihat!

1. Mi Cloud

Kami akan menjelaskan bahwa cara pertama untuk mereset ponsel Xiaomi paling kuat adalah dengan menggunakan akun Mi Cloud yang kami miliki. Xiaomi Cloud sendiri merupakan layanan dari Xiaomi, khusus untuk pengguna ponsel Xiaomi.

Dengan Xiaomi Cloud, pengguna dapat mencadangkan data di memori ponsel ke Xiaomi Cloud Storage secara online selama memiliki akun Xiaomi.

2. Menu Setting

Kami akan menjelaskan bahwa cara kedua untuk mereset ponsel Mi adalah menu pengaturan. Menu setting sendiri merupakan fungsi bawaan dari ponsel Android, yang digunakan untuk mengatur pengaturan telepon dan jaringan nirkabel, pengaturan pribadi, pengaturan sistem, pengaturan aplikasi dan pengaturan telepon seluler lainnya, termasuk pengaturan akun Xiaomi.

3. Tombol Power

Kami akan menjelaskan bahwa cara kedua untuk mereset ponsel Mi adalah menu pengaturan. Menu pengaturan sendiri merupakan fungsi bawaan ponsel Android, yang digunakan untuk mengatur pengaturan telepon dan jaringan nirkabel, pengaturan pribadi, pengaturan sistem, pengaturan aplikasi dan pengaturan telepon lainnya, termasuk pengaturan akun Xiaomi.

4. Fastboot

Metode keempat yang akan kami jelaskan untuk mereset ponsel Xiaomi adalah dengan menggunakan alat yang disebut fastboot. Fastboot sendiri merupakan protokol yang bisa digunakan untuk me-refresh partisi di smartphone atau tab Android, termasuk melakukan reset.

Untuk menggunakan metode ini, pengguna memerlukan beberapa peralatan tambahan untuk berhasil melakukan proses quick start, yaitu komputer/laptop dan penginstal file driver ADB (Android Debug Bridge) yang dapat diunduh di Internet.

5. Kode Dialup

Kami akan menjelaskan bahwa cara kelima untuk mereset ponsel Mi adalah dengan menggunakan kode panggil. Kode panggilan sendiri merupakan kode yang digunakan untuk mengakses internet melalui jaringan telepon agar pengguna dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh operator.

6. Simple Factory Reset

Kami akan menjelaskan bahwa cara keenam untuk mereset ponsel Xiaomi ke pengaturan pabrik adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Simple Factory Reset. Aplikasi Simple Factory Reset dikembangkan oleh perusahaan Korea bernama Simpeul Aebseu.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengatur ulang ponsel Mi menggunakan fungsi hak istimewa administrator yang disediakan oleh aplikasi. Dengan cara ini, semua data dan pengaturan di ponsel Xiaomi kita bisa terhapus seperti saat pertama kali kita membelinya.

7. PC Suite China

Kami akan menjelaskan bahwa cara reset hp Xiaomi yang ketujuh adalah dengan menggunakan aplikasi PC Suite di komputer. Cara ini biasanya digunakan ketika pengguna Xiaomi Redmi 4A mengalami kesulitan dalam mengembalikan pengaturan pabrik karena pengaturannya dalam bahasa Cina.

8. Dari Jarak Jauh

Cara ini biasanya dilakukan saat pengguna kehilangan ponsel Mi. Untuk mencegah orang lain menyalahgunakan data ponsel, pengguna mereset data ponsel dari jarak jauh melalui komputer atau ponsel lainnya.

Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk mencari lokasi ponsel yang hilang. Namun, untuk menggunakan metode ini, pengguna sebelumnya telah masuk ke akun Google di ponsel Mi yang hilang. Sehingga situs Android Device Manager akan mendeteksi ponsel Mi kita yang hilang nantinya.

By Drajad