fungsi dan makna logo
Masnid.com

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap tentang fungsi dan makna pada logo.

Logo adalah identitas visual dari suatu entitas yang memiliki kriteria khusus tertentu, seperti bentuk, filosofi, dan warna.

Namun, apa sebenarnya arti dari logo tersebut? Apa saja fungsi dan kriteria logo yang efektif untuk aplikasinya?

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian logo secara lengkap dan mendalam. Berikut ulasannya.

Pengertian Logo

Pada dasarnya, kata Logo itu sendiri berasimilasi dari bahasa Yunani kuno, Logos yang berarti pikiran, pikiran, perkataan, pikiran, dan ucapan.

Kata logo sebenarnya berasal dari kata logotype yang awalnya digunakan pada tahun 1810 hingga 1840, dan memiliki arti penulisan nama suatu entitas yang secara khusus dibentuk melalui penggunaan teknologi huruf tertentu yang menarik. Secara Spesifik, anda bisa lihat untuk jenis jenis logo desain secara lengkap disini.

Oleh karena itu, pada awalnya logo ini dibuat hanya dengan menggunakan satu elemen tulisan.

Dalam proses pengembangannya, logo dibuat lebih kreatif dengan menggabungkan beberapa elemen, seperti gambar, grafik, dll.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian logo adalah suatu tulisan, grafik atau gambar yang mempunyai arti tertentu dan dapat mewakili identitas suatu bentuk entitas, seperti suatu perusahaan, organisasi, perusahaan, daerah, negara. atau produk.

Biasanya, logo mengandung filosofi dan kerangka dasar tertentu dalam bentuk konsep yang bertujuan untuk menciptakan karakter yang mandiri. Selain itu, setiap bentuk logo harus memiliki sifat tertentu untuk membedakan logo yang satu dengan yang lainnya, baik dari segi bentuk maupun warnanya.

Logo yang digunakan akan menggambarkan kualitas seperti yang dikodekan, seperti pendekatan budaya perusahaan, identifikasi posisi penting, atau aspirasi perusahaan itu sendiri.

Kesimpulannya, ide logo adalah alat yang menggambarkan harga diri di mana semua nilainya dapat menciptakan citra yang baik dan dapat dipercaya.

Logo akan membuat orang mengingat dan mengenali suatu bentuk suatu entitas tanpa harus membaca deskripsi atau penjelasan tentang entitas tersebut.

Jika Anda kesulitan membuat atau mendesain logo yang akan Anda gunakan untuk bisnis atau perusahaan Anda, Anda bisa menggunakan freelancer yang menjual jasa desain logo di Indonesia.

Fungsi logo

Seperti yang telah kita ketahui, logo memiliki fungsi untuk menggambarkan identitas entitas, kepemilikan, jaminan kualitas atau untuk menghindari pemalsuan atau pembajakan.

Namun, logo juga memiliki fungsi lain, yaitu:

1. Merek

Logo merupakan salah satu bentuk identitas suatu entitas kepada masyarakat umum.

Oleh karena itu, logo harus menggambarkan karakteristik organisasi atau produk yang diwakilinya. Oleh karena itu, orang nantinya akan mengingat dan mengenali logo yang mewakili entitas tersebut.

2. Memberikan informasi, pemantauan dan pengendalian

Logo tersebut berisi informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Informasi dibuat untuk dapat mengontrol pandangan atau aktivitas audiens terhadap merek.

Sederhananya, logo akan menyampaikan informasi penting dan kesan yang diinginkan perusahaan dari audiens. Dengan demikian, logo juga berfungsi sebagai moderator dan pemantau nilai perusahaan di mata publik.

3. Memberikan motivasi

Logo juga digunakan untuk menyampaikan pesan motivasi kepada semua pihak sesuai dengan tujuan dari brand tersebut. Misalnya, desain produk pada sabun mandi akan mampu memotivasi masyarakat untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat.

4. Mengekspresikan perasaan

Logo juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengekspresikan perasaan. Misalnya, logo pada produk ibu hamil dan menyusui akan menggambarkan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.

5. Untuk tampilan dan promosi

Spanduk juga sangat efektif sebagai sarana promosi dan presentasi. Semua informasi atau pesan yang ingin disampaikan perusahaan kepada publik akan lebih menarik dan mudah diingat dengan menggunakan gambar dan kata-kata persuasif pada logo.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa pengertian logo adalah suatu tanda, lambang atau lambang yang mempunyai arti tertentu dan digunakan sebagai identitas suatu entitas, seperti suatu organisasi, perusahaan, produk atau organisasi.

Logo mampu menggambarkan citra entitas sehingga audiens dapat dengan mudah mengidentifikasinya. Logo juga berperan penting dalam kegiatan pemasaran dan promosi, apalagi jika logo memiliki desain yang unik dan positif.

Pastikan logo perusahaan atau bisnis Anda memiliki standar yang sederhana, unik, mudah diingat, serbaguna, sesuai dan tahan lama.

Jika Anda memenuhi kriteria ini, Anda hanya dapat fokus pada pengembangan perusahaan dengan manajemen pemasaran, manajemen produk, dan manajemen keuangan yang tepat.

Nah, untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan produk dan pengelolaan keuangan secara tepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda dapat mengelola biaya produk, mengontrol inventaris, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda dengan mudah dan real time.

By havidz