Untuk flowmeter, kami tentu udah tahu sebagian type dan kegunaan flowmeter tersebut, mulai berasal dari magnetic flowmeter dan coriolis flowmeter ataupun Magnetic Flow Meter.

Tapi, apakah kami terhitung udah tahu perihal Open Channel Flowmeter atau Flowmeter Saluran Terbuka?

Pada artikel ini, kami dapat mempelajarinya perihal open channel flowmeter secara lengkap. Untuk pembahasan lengkapnya mampu dilihat melalui daftar isikan dibawah ini.

Definisi

Saluran terbuka adalah saluran yang mengalirkan air bersama dengan permukaan bebas.

Flowmeter saluran terbuka (open channel flowmeter) adalah flowmeter yang berfaedah untuk mengukur kapasitas cairan/fluida pada saluran terbuka.

 

Klasifikasi dan Contoh

Saluran terbuka atau open channel sesungguhnya udah sering kami temukan didalam kehidupan sehari-hari supaya kami tentu udah tidak asing lagi.

Berikut merupakan klasifikasi berasal dari saluran terbuka berdasarkan pembentukannya :

 

Saluran Alam (natural channel)

Saluran alam adalah saluran yang terbuat secara alami oleh alam.
Contohnya : Sungai-sungai kecil di tempat hulu (pegunungan) hingga sungai besar di muara.

Saluran buatan (artificial channel)

Saluran buatan adalah saluran yang sengaja dibikin oleh manusia.
Contohnya : Saluran dreinase tepi jalan, saluran irigasi untuk mengairi persawahan, saluran pembuangan, saluran untuk membawa air ke pembangkit listrik tenaga air, saluran untuk supply air minum, saluran banjir.
Selain klasifikasi di atas, saluran terbuka terhitung dibedakan berdasarkan kedisiplinan wujud penampang dan kamiringan dasar. Berikut contohnya :

 

Saluran Prismatic (prismatic channel)

Saluran prismatic adalah saluran yang berbentuk penampang melintang dan kemiringan dasarnya tetap.
Contohnya : Saluran drainase, saluran irigasi

Saluran non Prismatic (non prismatic channel)

Saluran non prismatic saluran yang berbentuk penampang melintang dan kemiringan dasarnya berubah-ubah.
Contohnya : Sungai

Prinsip Kerja

Open channel flowmeter bekerja di sebagian titik di jalur pengukuran aliran. Cairan barangkali semuanya terbuka ke atmosfer, atau barangkali terdapat didalam pipa tertutup yang tidak penuh bersama dengan cairan dan cuma terbuka ke atmosfer di titik pemasangan flowmeter itu sendiri.

Open channel flow meter mengfungsikan dua type sensor ketinggian dan velocity atau perbedaan ketinggian.

Pada dasarnya flow meter open channel ini mengkalkulasi kecepatan aliran bersama dengan memperhitungkan ketinggian permukaan. Untuk pengukuran kecepatan aliran mampu mengfungsikan transit time flow meter atau magnetic flow meter. Sedangkan untuk ketinggian permukaan aliran mengfungsikan ultrasonic level sensor. Penggabungan velocity bersama dengan luas penampang mampu membuahkan kapasitas aliran / flow rate aliran didalam kanal.

 

Teknik Pengukuran Aliran Ultrasonik ( Traditional Transit Time)

Waktu Transit Tradisional Ini adalah metode kala tempuh diferensial di mana acoustic pulse bergerak ke hilir lebih cepat daripada pulse yang bergerak ke hulu. Ini terhitung disebut sebagai ‘waktu penerbangan‘: Acoustic pulse yang bergerak secara diagonal melintasi aliran ke arah hilir dapat dipercepat bersama dengan komponen kecepatan air sementara, sebaliknya, acoustic pulse yang bergerak secara diagonal ke hulu dapat diperlambat oleh kecepatan air. Perbedaan antara kala penerbangan antara dua transduser berbanding lurus bersama dengan kecepatan cairan/fluida.

Serangkaian transduser aliran dipasangkan melintasi saluran terbuka dan kecepatan gabungan transduser berpasangan dirata-rata untuk memberikan profil sesungguhnya berasal dari jalur aliran total. Komponen kecepatan mengfungsikan tehnik ini dikombinasikan bersama dengan measuring level dan computer aliran saluran terbuka mengfungsikan persamaan manning untuk mengkalkulasi pengukuran aliran saluran terbuka benar.

Teknik traditional transit time meskipun jauh lebih unggul berasal dari tehnik pengukuran aliran lainnya, masih menawarkan ketidakakuratan didalam pengukuran keseluruhan. Jalur sinyal antara transduser pasangan mampu tercermin kalau tersedia banyak partikulat, gelembung, atau puing-puing didalam aliran aliran.

Selain itu, profil aliran yang dikembangkan semuanya harus diperoleh pada titik pengukuran bersama dengan miliki diameter hulu dan hilir yang diperlukan, umumnya 8-10 diameter hulu dan 2-5 diameter hilir. Ketidakakuratan terhitung mampu berlangsung kalau pasangan transduser yang cocok tidak serasi bersama dengan benar di saluran terbuka.

 

Teknik Pengukuran Aliran Ultrasonik Waktu Transit DSP

Sistem pengukuran aliran saluran terbuka ALSONIC-AVM adalah meter kecepatan tempat yang digunakan bersama dengan bersama dengan pemancar tingkat yang dihidangkan pengguna untuk mengukur laju aliran di saluran terbuka. ALSONIC-AVM, flowmeter saluran terbuka terdiri berasal dari computer aliran berbasis DSP canggih dan empat transduser dan mengfungsikan perbedaan pulse transit time nada ultrasonik untuk mengukur kecepatan aliran saluran terbuka. Ultrasonic pulse ditransmisikan ke hulu dan hilir melintasi saluran pada sudut α antara arah aliran dan jalur gelombang sonik, bersama dengan perbedaan kala transit gelombang sonik berbanding lurus bersama dengan kecepatan cair.

Cara Kerja Flowmeter Open Channel

Seperti gambar di atas, ALSONIC-AVM mengfungsikan “teknologi pengukuran kala halus” yang dipatenkan di mana cahaya ultrasonik mampu mengukur kecepatan fluida pada interval kala Pico-detik. Ini suksesi cepat pengukuran kecepatan memungkinkan flowmeter ultraclean akurat dan bebas drift ke partikel bergerak yang senantiasa datang didalam sistem saluran terbuka. Flowmeter saluran terbuka ALSONIC-AVM mampu mengukur hingga 30% partikel berbagai ukuran didalam aliran-aliran. Semua flowmeter berasal dari merk lainnya mengukur pada interval kala mikro-detik, supaya meningkatkan barangkali kekeliruan yang berlangsung karena partikel bergerak didalam aliran aliran.

Flowmeter Open Channel ALSONIC-AVM mampu digunakan didalam saluran berbentuk empat persegi panjang, bundar, trapesium atau lainnya. Karena transduser sebabkan hampir tidak tersedia batasan, hampir tidak tersedia head loss yang dibuat.

Komputer aliran berbasis DSP canggih bersama dengan korelasi silang dan teknologi FFT memungkinkan sistem ini bekerja didalam aplikasi yang paling sulit, terhitung yang melibatkan cairan bersama dengan konsentrasi tinggi berasal dari padatan tersuspensi & hawa atau komponen kebisingan yang besar.

Teknologi TT kami yang unik dapat memungkinkan pengukuran aliran yang akurat lebih-lebih di bawah profil aliran ide. ALSONIC-AVM terhitung disempurnakan bersama dengan opsi Laser Pointer Alignment (Dipatenkan), supaya keserasian yang akurat berasal dari masing-masing transduser yang dipasangkan terjamin.

By toha