Persiapan pensiun dini menjadi salah satu hal yang harus dipikirkan sebelum mengambil keputusan untuk pensiun dini. Selain itu, memutuskan untuk pensiun dini dengan kondisi finansial yang stabil menjadi impian besar bagi beberapa orang. 

Ada juga yang berkeinginan untuk pensiun secepatnya karena berbagai alasan yang sudah dipertimbangkan terlebih dahulu. Tidak ada yang salah dengan mengajukan pensiun lebih awal. 

Akan tetapi, lebih baiknya untuk Anda memahami terlebih dahulu mengenai peraturan dan persiapan pensiun dini karyawan swasta. Sedangkan, bagi Anda yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Definisi Pensiun Dini 

Pensiun dini merupakan suatu keadaan dimana seseorang memutuskan untuk purna waktu atau berhenti bekerja sebelum masa kerja berakhir diantara usia 55-65 tahun. Dengan kata lain, masa pensiun ini lebih dipercepat dibandingkan dengan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Sedangkan,  kata pensiun menurut KBBI mempunyai arti seseorang yang tidak lagi bekerja karena masa tugasnya sudah selesai. Ada juga definisi pensiun menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diartikan sebagai bentuk pembayaran berkala kepada pegawai yang sudah bekerja dengan baik dalam rentan masa tertentu. 

Dari dua pengertian diatas bisa disimpulkan, bahwa pensiun merupakan keadaan dimana seseorang berhenti bekerja. Salah satu alasan berhenti bekerja adalah sudah memasuki batasan usia atau di beberapa kondisi tertentu. 

Ide Usaha Persiapan Pensiun Dini

Bagi Anda yang ingin pensiun dini, maka harus mempersiapkan secara matang terlebih dahulu. Untuk 11 ide persiapan pensiun dini yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi adalah: 

1. Bisnis Franchise 

Bisnis Franchise merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak dipilih oleh anak muda. Selain itu, bisnis ini bisa dengan mudah ditemui di minimarket, pusat perbelanjaan atau daerah strategis lainnya. 

Pada umumnya, bisnis franchise mempunyai fokus pada penjualan makan dan minuman saja. Ada beberapa jenis franchise yang sampai dengan saat ini banyak digandrungi, yaitu tahu crispy, minuman boba atau teh, es krim dan masih banyak lainnya lagi. 

2. Warung Sembako 

Warung sembako bisa menjadi pilihan atau persiapan pensiun dini untuk dicoba. Pasalnya, usaha satu ini bisa dimulai dari rumah. Jadi, Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas harian dirumah bersamaan dengan merintis usaha warung sembako. 

Ada beberapa jenis kebutuhan rumah tangga yang paling banyak dicari, mulai dari beras, telur, minyak goreng, gula, teh, kopi dan masih banyak lainnya lagi. Anda juga bisa menyediakan beberapa jenis jajanan ringan yang banyak diminati dan salah satunya adalah keripik. 

3. Usaha Laundry 

Usaha Laundry merupakan salah satu ide persiapan pensiun dini berskala kecil dengan omset bulanan yang menggiurkan. Usaha yang satu ini sangat cocok dipilih untuk di kawasan strategis dan ramai dengan mahasiswa. Selain itu, laundry baju juga bisa sekalian mencoba usaha laundry sepatu. 

4. Bisnis Kos atau Kontrakan 

Bagi Anda yang mempunyai rencana purna waktu sedini mungkin, jenis bisnis satu ini sangat menggiurkan untuk dicoba terlebih dahulu. Terlebih  lagi, jika lokasi kos atau kontrakan milik Anda perawat di daerah yang strategi.Bisnis jenis ini termasuk ke dalam passive income. DImana Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurusnya setiap hari dan bisa terus dinikmati hasilnya setiap satu bulan sekali. 

5. Usaha Konter Pulsa 

Tertarik untuk membuka bisnis di rumah setelah pensiun dini adalah membuka usaha konter pulsa. Selain itu, jenis bisnis yang satu ini sangat fleksibel dan bisa dimulai dengan modal berapa saja. 

6. Bisnis Pengiriman Barang 

Adanya tren yang kekinian berupa jual beli online bisa membuat bisnis pengiriman barang terus mengalami perkembangan. Bahkan, Anda juga bisa menjadi bagian dari ekspedisi terkemuka untuk melakukan mitra usaha. Cara yang bisa dilakukan adalah menanyakan ke bagian customer service terkait pembukaan franchise untuk ekspedisi yang Anda pilih. 

7. Bisnis Online 

Anda tidak ingin repot sewa tempat usaha dan punya jam kerja yang fleksibel. Maka, untuk bisnis usaha online satu ini bisa menjadi pilihan alternatif. Selain itu, bisnis satu ini bisa dijalankan dari mana saja. Ada beberapa bisnis online yang sedang naik daun, yaitu bisnis skincare, jualan baju, alat elektronik sampai dengan beberapa kebutuhan lainnya. 

8. Usaha Cafe 

Usaha Cafe baik itu skala kecil maupun besar tetap menjadi pilihan salah satu usaha yang sampai dengan saat ini sepi peminat. Untuk memulai usaha saat ini Anda bisa menentukan terlebih dahulu target pasarnya. Setelah itu, menentukan lokasi dan strategi penjualan. 

9. Usaha Fotokopi

Usaha fotokopi merupakan salah satu ide persiapan pensiun dini yang banyak dicari oleh anak sekolah, mahasiswa sampai dengan pekerja kantoran. Untuk menjalankan usaha ini, ANda bisa dengan merekrut pekerja lain atau dikelola secara pribadi. 

10. Peternakan atau Perkebunan 

Bagi Anda yang mempunyai lokasi tempat tinggal di daerah pedesaan, maka ide usaha satu ini layak untuk dicoba. Ada beberapa ide usaha yang bisa menjadi pilihan, yaitu bisnis ayam petelur, usaha ternak lele dan budidaya ikan nila. 

11. Usaha Rental Kendaraan 

Usaha rental kendaraan bisa menjadi salah satu ide usaha pensiun dini yang sangat menjanjikan. Apalagi, untuk Anda yang mempunyai tempat tinggal di kawasan wisata. Salah satu bentuk usaha yang bisa dijalankan adalah usaha travel mobil. 

Salah satu peraturan dan persiapan pensiun dini karyawan swasta adalah berusia minimal 45 – 50 tahun. Selain itu, untuk minimal kerja paling tidak 10-20 tahun tergantung kebijakan dari perusahaan. 

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan persiapan pensiun dini dengan cara melakukan investasi bisa memilih Amartha. Amartha adalah sebuah platform berbasis website dan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk membuat pinjaman, meminjamkan, menyimpan dan melakukan investasi. 

Berdiri pada tahun 2010 sebagai microfinance yang bermisi menghubungkan pelaku usaha mikro dengan pemodal secara online. Amartha percaya kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan untuk usaha mikro dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi, dan mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia. Amartha juga bisa menambah passive income dan membantu UMKM di pelosok Indonesia.