Karakteristik Pendidikan dan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak di Bali

 

Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan salah satu jenis pendidikan untuk anak usia empat sampai enam tahun. TK bukanlah program studi wajib. Padahal jika kita memahami pentingnya pendidikan sejak dini, maka pendidikan taman kanak-kanak atau prasekolah merupakan salah satu jenis pendidikan yang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di masa depan. Hal ini sesuai dengan pernyataan berbagai tokoh pendidikan anak bahwa pendidikan anak usia dini merupakan tahapan kritis bagi perkembangan dan pendidikan masa depan. Memahami hakikat pendidikan dan pembelajaran di taman kanak-kanak merupakan kebutuhan mendasar bagi guru taman kanak-kanak.

Sebagai seorang guru Tk Di Bali, Anda harus terlebih dahulu memahami arti pendidikan sebelum Anda dapat memahami hakikat pendidikan taman kanak-kanak. Terdapat berbagai pengertian tentang pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli, baik secara sempit maupun luas, atau dari sudut pandang tertentu dan pandangan sistem pendidikan. Mengingat pentingnya pendidikan dalam rangka hidup dan kehidupan manusia, adanya keragaman dalam arti pendidikan menunjukkan bahwa banyak pihak menaruh perhatian terhadap pendidikan. Berbagai definisi pendidikan tersebut perlu kita pahami karena akan saling melengkapi dalam konteks wawasan pendidikan kita (UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003). Untuk memperoleh pengertian yang luas tentang apa itu pendidikan, maka harus memperhatikan keragaman pengertian tentang pendidikan.

Pendidikan identik dengan persekolahan, yaitu pendidikan yang berlangsung hanya di sekolah tertentu atau lembaga pendidikan yang diwajibkan dengan sengaja. Pendidikan bersifat formal dan disampaikan melalui kegiatan pembelajaran yang terprogram dan terencana.

 

Di awal modul disebutkan bahwa pendidikan berlangsung seumur hidup. Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk pendidikan masa depan. Sebagai seorang guru taman kanak-kanak yang akan melaksanakan pembelajaran di taman kanak-kanak, terlebih dahulu harus memahami apa dan bagaimana hakikat pendidikan taman kanak-kanak. Saat ini, berbagai kalangan menaruh perhatian besar terhadap istilah pendidikan anak usia dini. Bagi yang awam dengan istilah pendidikan anak usia dini dan pendidikan taman kanak-kanak mungkin akan bingung. Apakah Anda memahami perbedaan dan persamaan konsep TK dan PAUD? Untuk menyegarkan ingatan, berikut pembahasan TK dan PAUD.

By roket