noni untuk atasi alergi

Anda kerap diserang alergi? Kerap merasa jenuh dengan efek mengantuk dari obat alergi? Juga mulai bosan merasakan efek alergi di hari hari Anda? Mungkin saatnya mencoba manfaat herbal noni untuk atasi alergi. Sebagaimana kami kutip dari deherba.com berikut ini.

Manfaat Noni Untuk Atasi Alergi

Sebenarnya masalah alergi berasal dari fungsi imunitas tubuh yang bekerja abnormal. Sehingga paparan benda asing diidentifikasi sebagai ancaman. Kemudian tubuh membentuk respon alergi seperti gatal gatal, ruam, pembengkakan, hidung bersin bersin dan sebagainya.

Kondisi ini terjadi karena tubuh memproduksi senyawa imun bernama histamin. Senyawa ini membentuk respon pada tubuh untuk menolak benda asing yang dianggap berbahaya. Seperti respon batuk ketika tersedak atau bersin bersin saat udara kotor terhirup. Masalahnya tubuh memproduksi histamin di saat yang tidak tepat dan dalam jumlah yang berlebihan hingga membentuk respon alergi.

Biasanya terapi antihistamin bisa dilakukan untuk meredam efek histamin ini. Namun biasanya sifatnya hanya meredam gejala. Tetapi kerap kali tidak dapat mengatasi alergi secara permanen. Ketika kondisi tubuh tidak fit, keluhan alergi sewaktu waktu bisa muncul kembali.

Efek antihistamin ini pada umumnya tidak mampu mengatasi alergi secara jangka panjang. Sifat terapi akan terasa dalam 1 -2 jam namun keluhan mungkin muncul kembali setelah efek obat hilang dan pasien masih kembali terpapar unsur penyebab alergi.

Sementara kebanyakan obat antihistamin sendiri memiliki efek sedatif atau mengantuk. Tentu dalam level sedatif yang beragam.Belakangan memang muncul sejumlah terapi medis anti histamin dengan efek sedatif yang lebih terkendali. Ini cukup membantu untuk Anda yang ingin tetap produktif sementara alergi Anda sedang kambuh.

Bagaimana Noni Bekerja meringankan alergi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan mengonsumsi bahan herbal yang memiliki efek anti histamin. Di antaranya adalah buah noni. Pemanfaatan noni untuk atasi alergi akan memberi efek jangka panjang mengurangi intensitas kambuhnya alergi.

Pada tahap awal pemanfaatan noni, memang masih tidak banyak pengaruh pada kondisi pasien. Ini karena noni juice tidak dapat bekerja secara instan sebagaimana Anda dapatkan ketika mengonsumsi obat medis anti alergi yang biasa dijual di pasaran.

Noni akan bekerja sebagai terapi yang akan menormalkan kembali kinerja imunitas sekaligus meregulasi cara kerja imunitas. Ini yang akan sangat bermanfaat mengendalikan masalah alergi. Karena di antara fungsi ini, adalah dengan meregulasi kembali fungsi produksi histamin.

Menurut ulasan dalam Pharmacognosy Research  tahun 2014, dalam noni juice memang ditemukan kandungan anti alergi. percobaan diberikan pada beberapa sampel penderita alergi selama 8 hari. Dan dari proses terapi ini ditemukan pasien mulai menunjukan penurunan gejala alergi.

Sedang dalam jurnal lain Planta Medica tahun 2007, ditemukan adanya komponen substantif yang dapat bekerja sebagai anti histamin. Ini menjadikan noni juice bekerja dengan cukup efektif untuk obat alergi.

Cara kerja noni untuk atasi alergi dimulai dengan meregulasi produksi protein IgE. Senyawa ini bertanggung jawab pada reaksi alergi. Tubuh secara alami akan melepaskannya ketika sistem imun membaca adanya unsur asing berbahaya memasuki tubuh. Protein ini akan diproduksi berlebihan pada tubuh penderita alergi. Senyawa inilah yang menstimulasi tubuh membentuk senyawa histamin.

Ini berkat komposisi fitokimia, vitamin dan mineral dalam buah noni yang terbukti memiliki efek anti alergi. Sebut saja seperti quercetin, flavonoid, damnachantal, soranjidiol, terpenoid dan lain sebagainya.

By Nurul K