Iqro pdf lengkap. Dalam membaca Al-Qur’an bermacam-macam jalur yang ditempuh oleh setiap mukmin agar bisa mahir membaca Al-Quran antara lain: melalui informal seperti ikut belajar mengaji di mesjid atau musola, privat belajar Al-Quran langsung pada kyai/ustad di rumahnya maupun melalui pendidikan formal yaitu pendidikan di sekolah. Jika anak semenjak dini diajarkan membaca Al-Qur’an mereka akan lebih mudah terbiasa untuk membaca Al-Qur’an, selain itu jika anak telah mampu membaca Al-Qur’an akan ada pengaruh dalam jiwanya, pada umumnya Al-Qur’an mempengaruhi dan meresap pada jiwa kepada siapa saja yang masih bersih dan suci dari berbagai pengaruh luar, maka semakin bersih jiwa seseorang maka semakin besar pula pengaruh yang akan didapatkannya (Hafidzah, 2000).

Salah satu usaha orang tua agar anak-anaknya dapat membaca Al-Qur’an yaitu dengan memasukkan anaknya kependidikan formal atau non formal seperti Taman Kanak-Kanak (TK) atau Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), dan dengan sistem pembelajaran yang teratur, menjadikan anak akan lebih terlatih dan terbiasa mempelajari Al-Qur’an.

Metode Iqro’ adalah cara mengajarkan al-Qur’an yang mengacu pada pola pendidikan “Child Centered”, yaitu memberikan kesempatan yang
seluas-luasnya kepada setiap siswa atau santri untuk berkembang secara optimal sesuai kemampuan (Mu’min, 1991). Metode Iqro’ tersusun dalam bentuk buku yang terdiri dari 6 jilid, dan buku iqro’ memiliki sifat-sifat.

Murojaah bersama dan membaca buku Iqro dilakukan pada awal pembelajaran karena umunya sebagain siswa belum pada hadir keseluruhan sehingga sambil menunggu siswa semuanya hadir. Kegiatan awal pembelajaran dimulai dengan murojaah (membaca Al-Quran bersama-sama) didampingi ustadzah mulai dari surat Annas samapi surat Al-Humazah. Kemudian dilanjutkan membaca iqro secara privat oleh guru dengan maju kedepan dengan bimbingan ustdzah. Sebelum membaca huruf hijaiyah di buku Iqro, ustadzah terlebih dahulu mengenalkan beberapa huruf hijaiyah di papan tulis sekaligus cara membaca dan cara menuliskannya. Setelah ustadzah memberi penjelasan
kemudian ustadzah mengarahkan agar para siswa mengambil buku tulis dan buku Iqro dan memberi tugas dengan menyalin buku Iqro ke buku tulis mereka sambil menunggu siswa bergantian membaca buku Iqro. Lalu diabsenlah siswa untuk maju ke depan untuk membawa buku Iqronya dan langsung membacanya. Siswa jika lancar membaca maksimal 3 halaman buku Iqro, Jika tidak lancar hanya 1-2 halaman
saja. Setelah membaca iqro ustdzah langsung mengetes hafalan surat pendek dari juzama.

Jika sudah selesai, siswa akan kembali ke tempat duduknya lalu melanjutkan menyalin tulisan yang ada di buku Iqro ke buku tulis para siswa. Selanjutnya satu persatu siswa dipanggil lalu membaca buku Iqro dan hafalan surat pendek. Setelah semuanya sudah selesai membaca dan hafalan surat pendek, ustadzah akan mengarahkan para siswa untuk mengumpulkan buku tulis yang telah mereka salin bacaan iqro untuk dinilai. Semua sudah selesai, lanjut para siswa berkumpul membuat lingkaran lalu duduk bersila di bawah (lantai beralas karpet) lalu membaca Al-Fatihah dan doa belajar bersama-sama.

Kemudian dilanjutkan dengan ice breaking agar pembelajaran lebih semangat dan menyenangkan berupa lagu-lagu dan yel yel TK. Kemudian dilanjutkan dengan mengabsen siswa satu persatu dan menanyakan kabarnya siswa hari ini sehingga siswa bisa bercerita. Setelah semuanya selesai ustadzah kemudian melanjutkan materi yang akan disampaikan. Iqro pdf lengkap Media yang digunakan dalam membaca Al-Quran dimulai dengan buku Iqro dan ditambah beberapa media pembelajaran seperti penggunaan papan tulis, poster huruf hijaiyah, dan beberapa permainan huruf hijaiyah berupa puzzle.