Sikap kerja Anda dapat mengungkapkan kepribadian Anda yang sebenarnya. Anda adalah tipe orang yang santai, mudah panik, keras kepala, atau ceroboh. Sikap ini sering digunakan oleh atasan sebagai bahan penilaian.

Sangat penting untuk mempertahankan sikap kantor. Tidak hanya melalui bahasa tubuh, tetapi juga saat berkomunikasi. Jika Anda ingin sukses di perusahaan Anda, jangan katakan hal berikut ini kepada atasan Anda.

  1. Saya tidak sanggup mengerjakannya

Setiap karyawan memiliki beban kerja yang berbeda-beda. Anda mungkin diberi tugas yang lebih berat daripada karyawan lain. Namun, tidak bijaksana untuk mengatakan “Saya tidak bisa melakukannya” di depan atasan Anda.

Pernyataan ini secara tidak langsung menurunkan kualitas Anda dan membuat atasan Anda kurang percaya diri saat Anda akan memberikan tugas lain. Alhasil, kesempatan untuk menjadi “tangan kanan” bos tidak didapat.

Tidak ada yang salah dengan optimisme, bahkan jika tugas itu menakutkan. Jika tidak tahu, mintalah bantuan atasan yang lebih mengetahui detail pekerjaan. Alhasil, pekerjaan bisa dilakukan dengan hasil yang memuaskan.

  1. Inikan bukan tugas saya

Masalah pemberian tugas ekstra sering terjadi saat rekan kerja sedang berlibur atau sibuk bekerja. Ketika Anda sedang dalam suasana hati yang buruk dan bos Anda memberi Anda pekerjaan ekstra, itu adalah ekspresi frustrasi yang mungkin Anda katakan.

Anda mungkin kesal, tetapi tidak benar untuk mengatakan itu. Lebih baik mencari kalimat lain sebagai jawaban, seperti “Saya akan mencoba membantu ketika pekerjaan rumah saya selesai.”

Tentu kedengarannya lebih baik, bukan? Di sisi lain, seorang kolega yang dibantu jauh lebih sedikit bersalah karena mengganggu Anda.

  1. Saya tidak bersedia pindah divisi

Di tempat kerja, berganti departemen adalah hal yang wajar. Saat Anda pindah ke departemen lain, jangan langsung mengatakan “Saya tidak ingin pindah departemen”. Selain marah-marah, atasan Anda mungkin lebih memperhatikan keseharian Anda di kantor untuk mencari tahu alasan keengganannya.

Jika ternyata pekerjaan di departemen sekarang lebih mudah, bos mungkin menawarkan pekerjaan tambahan. Sebaiknya cari tahu departemennya dan bicarakan baik-baik dengan atasan Anda.

Jika Anda keberatan, berikan alasan yang logis. Jika Anda tidak keberatan, tanyakan keuntungan apa yang bisa Anda peroleh jika tugas dan tanggung jawab departemen baru lebih sulit.

  1. Waktu saya terbatas

Ketika PHK terjadi dalam jumlah besar, bos sering mendelegasikan pekerjaan ekstra kepada karyawan yang tersisa. Ini otomatis menambah beban kerja karena sejujurnya, Anda masih memiliki pekerjaan besar yang harus dilakukan. Di sisi lain, waktu sangat terbatas.

Namun, cobalah untuk tidak menolak tawaran atasan Anda. Terutama mengatakan “Saya memiliki waktu terbatas” karena semua orang mengalami hal yang sama.

Lebih baik terima quest dan minta waktu ekstra untuk menyelesaikannya. Atasan Anda akan sangat menghargai sikap Anda.

  1. Saya mulai bosan

Melakukan hal yang sama pasti bisa membuat Anda bosan, tapi jangan sampai rasa bosan tersebut membuat Anda malas di kantor. Sebagai seorang karyawan, Anda tetap harus mengingat tugas dan tanggung jawab Anda, yaitu melakukan setiap tugas dengan baik.

Jika Anda bosan, pelajari pekerjaan lain di kantor untuk meningkatkan keterampilan Anda. Misalnya, ketika tugas selesai, minta rekan kerja untuk membagikan pengetahuan mereka tentang pekerjaan mereka sehari-hari. Anda juga dapat berbicara langsung dengan atasan Anda menggunakan kalimat yang lebih sopan.

Baca Juga : Loker PT Victory Ching luh Indonesia

Jika perusahaan diharuskan mengirim grup ke pelatihan, bos Anda dapat mengirim Anda. Alhasil, hari-hari Anda menjadi berwarna.

  1. Saya tidak suka kepada dia

Perselisihan dalam dunia kerja merupakan hal yang wajar dan seringkali berujung pada ketidaksukaan. Namun, mengomunikasikan ketidaksukaan ini kepada atasan Anda akan dicap kurang menyenangkan dan akan mengurangi profesionalisme Anda dalam bekerja.

Perselisihan adalah masalah pribadi dan harus diselesaikan satu lawan satu, bahkan jika itu terkait dengan pekerjaan. Tidak perlu bagi salah satu pihak untuk mencari dukungan.

Melibatkan orang lain justru bisa membuat masalah semakin besar, lho! Berapa lama Anda ingin berdebat?

  1. Pekerjaan tersebut tidak menguntungkan saya

Hindari kalimat yang berhubungan dengan untung-rugi, terutama di dunia kerja. Kalimat ini menunjukkan bahwa Anda terlalu peduli dengan waktu dan tenaga.

Misalkan tugasnya adalah meningkatkan kesibukan Anda di kantor sekaligus membangun citra positif karyawan yang dapat diandalkan. Percayalah, bos Anda akan menghargainya cepat atau lambat.

Di sisi lain, kamu juga bisa belajar ilmu baru, yang pasti akan berguna di masa depan. Baik di perusahaan yang sama atau di perusahaan baru nantinya.

Bangunlah Citra Positif di Kantor

Kendalikan emosi Anda dan jauhkan kalimat yang tidak menyenangkan agar tidak ada yang terluka mendengarnya.