Fungsi Jurnal Penyesuaian Komoditas adalah untuk mencerminkan kegiatan usaha yang telah terjadi, meskipun masih terdapat dokumen transaksi yang belum terdaftar yang belum dijangkau oleh akuntan.

Parameter penyesuaian dimaksudkan untuk menghasilkan pendapatan dan beban dalam laporan laba rugi dan aset dan kewajiban dalam buku besar dilaporkan pada aset sebenarnya.

Oleh karena itu, setiap input penyesuaian mempengaruhi laporan laba rugi dan catatan akuntansi.

Log penyesuaian disimpan dalam dua kategori pendaftaran utama (tertunda) dan transaksi tertunda (tertunda sementara).

Contoh akun yang terlibat langsung dalam jurnal penyesuaian adalah Akumulasi Pendapatan, Akumulasi Pengeluaran, Penerimaan Tidak Diketahui, dan Beban Dibayar di Muka.

Konsultan Pajak Surabaya

Mengenal Jurnal Penyesuaian Persediaan Komoditas

Untuk perusahaan komersial, persediaan termasuk dalam kategori prabayar, karena perusahaan membelinya sebelum Anda benar-benar menggunakannya (menjualnya).

Implikasinya, ketika terjadi pembelian barang dalam sistem pendaftaran berkelanjutan, perusahaan mendaftarkannya sebagai milik dan pada saat penjualan mencatat harga pokok (harga barang).

Seringkali, pengeditan entri majalah ditentukan oleh FIFO, LIFO, atau metode persediaan rata-rata rata-rata yang digunakan.

Dalam peninjauan inventaris, setiap perusahaan atau bisnis melakukan langkah penyesuaian. Mengambil stok Untuk mengetahui harga pasti barang jadi pada akhir bulan.

Harga sebenarnya Mengambil stok Sesuai dengan harga barang akhir pada laporan laba rugi. Jika ada inkonsistensi, maka disinilah tempat kerja majalah koreksi.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Transaksi Jurnal Pembalik
Jurnal Penyesuaian Komoditas dengan metode inventaris berkelanjutan

Dalam metode persediaan abadi, perusahaan membandingkan harga akhir bahan dengan persediaan yang diperoleh. Mengambil stok Dengan stok titik akhir dalam perhitungan uji tidak seimbang.

Jika ada perbedaan (hampir selalu karena berbagai alasan seperti pencurian, cedera, kehilangan atau kesalahan karyawan), pengajuan korektif harus dilakukan.

Misalnya, saldo percobaan yang belum disesuaikan di Perusahaan Maju Jaya pada persediaan terakhir dan akun HPP sebesar Rp 5.000.000. Dan Rp. 120.000.000.

Itu akan keluar setelah Anda melakukannya Perhitungan, Harga persediaan akhir aktual adalah Rp4.800.000.

Perbedaan ini harus diperbaiki dan dicatat dengan input penyesuaian, yang berarti pengurangan harga pokok dan peningkatan biaya COGS.

Jika sebaliknya terjadi, hasilnya Mengambil stok Menunjukkan bahwa harga saham akhir lebih tinggi dari harga di rekening percobaan yang belum diselesaikan, yang merupakan kejadian langka di beberapa perusahaan, di mana pencatatan disalin, yaitu item dipotong dan rekening HPP dikreditkan.

Contoh cara copy parameter editing adalah sebagai berikut (Rp5.000.000 – Rp4.800.000 = Rp200.000):

Merekam metode penghitungan waktu

https://proconsult.id/

 

Dalam sistem persediaan sementara, perusahaan tidak mencatat transaksi pembelian atau penjualan secara langsung ke akun stok.

Akun persediaan yang tidak lengkap mewakili tanggal kedaluwarsa dari yang sebelumnya dan tidak termasuk dalam waktu saat ini.

Dan tentu saja HPP tidak terdaftar saat ini.

Perusahaan menggunakan hasil Mengambil stok Untuk menghitung ukuran stok akhir dan penyesuaian yang diperlukan.

Perusahaan perlu mengetahui biaya COGS

Harga saham rumah

Pembelian Real Estat (Pembelian + Pembelian Freight – Penawaran Pembelian – Pengembalian Pembelian)

Harga penyimpanan

Baca juga: 7 Poin Penting Mengenai Pencatatan Jurnal Pembelian dan Penjualan Perusahaan Dagang

Misalnya, Perusahaan Sejatera Abadi memiliki data pengujian yang salah sebagai berikut.

 

 

Pada akhir tahun buku, perusahaan harus melakukan penyesuaian untuk menutup akun pembeliannya.

Masukan edit adalah sebagai berikut.

 

 

Hasil Mengambil stok Stok akhir yang ditunjukkan pada akhir bulan adalah R p35.000.000.

untuk. Perusahaan Kemakmuran Abadi adalah HPP.

Rp25.000.000 (persediaan awal) + Rp169.550.000 (persediaan yang tersedia) – Rp35.000.000 (persediaan akhir) = Rp159.550.000

Setelah mengetahui harga HPP, maka perusahaan akan melakukan penyesuaian untuk metode saat ini, yaitu sebagai berikut.

 

Ringkasan

Kesimpulannya, Metode Abadi hanya membutuhkan satu masukan koreksi pada akhir periode dengan membandingkan harga daftar item akhir dengan skala uji yang tidak seimbang. Mengambil stok.

Metode saat ini memerlukan dua parameter penyesuaian saat menutup akun pembelian ke akun inventaris dan memasukkan hasil dari saldo uji yang belum disesuaikan dan hasil di antara hasil. Mengambil stok.

Dari zaman dahulu hingga sistem saat ini, jurnal inventaris komoditas merupakan alat penting dalam menentukan nilai sebenarnya dari suatu barang.

Tentu saja, jika proses pengeditan dilakukan secara otomatis Perangkat lunak Akuntansi, penyajian pelaporan keuangan ini sangat menyederhanakan dan memudahkan implementasi.

Majalah, Perangkat lunak Akuntansi On line Menyediakan fitur yang berhubungan langsung dengan akuntansi Pada waktu bersamaan Dan berdasarkan Awan.

Dalam aplikasi gudang jurnal, dilakukan penyesuaian stokMengelola Proses otomatisasi dan pergudangan di gudang dipantau secara detail dan akurat.

Juga, gunakan faktur dan tanda terima yang dapat membantu pekerjaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Jurnal, silakan lihat di sini.
Saya ingin mencobanya secara gratis sekarang!
Atau
Sekarang saya ingin meminta majalah penjualan!

 

Ini adalah deskripsi tentang apa itu majalah komoditas dan apa fungsinya.

Tentu saja, akan sangat berguna untuk membuat majalah komoditas. Kami berharap informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal Konseling Informasi lain tentang bisnis, keuangan dan akuntansi.

By hutomo