Kemudahan proses transaksi bisa berpengaruh terhadap tingkat pembelian konsumen. Mengapa demikian? Pertama, konsumen cenderung memilih proses transaksi yang jauh lebih mudah. Kedua, konsumen akan tertarik jika mendapatkan opsi pembayaran yang lebih lengkap. Jika dua hal tersebut tidak dimiliki, bukan tidak mungkin proses transaksi akan gagal dan pembelian pun dibatalkan. Karena alasan tersebut, muncullah payment gateway sebagai solusi pembayaran di masa modern.

Payment gateway punya banyak keunggulan dibanding pembayaran konvensional. Sistem ini menjamin proses transaksi yang aman, cepat, dan dengan jangkauan yang luas. Bahkan transaksi dari mancanegara pun bisa diselesaikan lewat sistem pembayaran yang satu ini. Selain itu, ada juga beberapa keuntungan yang ditawarkan, seperti:

1. Pembayaran yang Bervariatif

Pertama, Anda akan mendapatkan pilihan pembayaran dengan metode yang bervariatif. Hal ini tentu memudahkan konsumen saat mereka berbelanja di pasar on-line. Konsumen diberi banyak pilihan yang beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Sebelumnya, toko on-line mungkin hanya menyediakan satu rekening bank untuk transaksi. Hal ini tentu menimbulkan beberapa persoalan. Misalnya, bagaimana jika konsumen tidak memiliki rekening yang sama? Lalu, apakah mereka mau terbebani dengan biaya transfer yang tidak sedikit? Nah, lewat payment gateway persoalan semacam ini tidak akan ditemukan.

2. Proses Instalasi yang Mudah

Dengan sistemnya yang canggih, beberapa orang mungkin mempertanyakan proses instalasi payment gateway. Proses instalasi sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan juga simple. Anda bisa memasang payment gateway secara mudah pada website atau toko on-line yang dimiliki. Kalau masih bingung dan belum yakin maka tinggal tanyakan saja kepada Customer Service.  Mereka siap melayani Anda setiap hari selama, selama 24 jam dalam seminggu.

3. Transaksi Lebih Cepat

Ketiga, transaksi modern ini bisa dilakukan secara otomatis dan juga cepat. Hal ini tentu berbeda dengan sistem manual yang masih bersifat konvensional. Pada transaksi manual, pemilik toko harus mencatat invoice secara manual dan juga ribet. Selain tidak efisien, potensi kesalahan pun sangat mungkin untuk terjadi. Nah, hal tersebut bisa Anda hindari ketika menggunakan sistem otomatis payment gateway.

4. Keamanan Proses Transaksi

Payment gateway adalah solusi terbaik untuk mengamankan transaksi pembayaran. Seperti dijelaskan sebelumnya, sistem konvensional mengharuskan semua aktivitas dilakukan secara manual. Hal tersebut membuka celah yang lebar terhadap kecurangan dan kesalahan yang mungkin terjadi. Jika menggunakan sistem ini, transaksi tentu diselesaikan secara otomatis dan juga aman.

5. Jangkauan Transaksi Mancanegara

Sesuai dengan namanya, payment gateway memudahkan proses transaksi yang dilakukan dari mancanegara. Hal ini tentu sangat membantu, khususnya bagi Anda yang ingin melebarkan sayap bisnis. Anda bisa menjangkau konsumen di luar negeri dan mengoptimalkan penjualan.

Salah satu penyedia layanan payment gateway terpercaya adalah Duitku. Duitku sudah mendapat izin dari Bank Indonesia sehingga kredibilitasnya pun lebih terjaga. Duitku menawarkan proses transaksi yang transparan tanpa menyematkan biaya tersembunyi. Melalui Duitku.com, toko on-line Anda bisa memiliki metode pembayaran yang bervariasi, mulai dari kartu kredit, virtual account, E-wallet, gerai ritel, dan lain-lain.