Jeruk lemon adalah buah dari tanaman Citrus limon. Buahnya yang berbentuk bulat dan agak memanjang. Kulitnya yang tebal dengan warna kuning cerah ketika sudah matang. Daging buahnya yang berwarna kuning pucat, berair, dan asam dengan aroma khas yang sangat segar.

Selain aromanya yang membawa dampak positif, jeruk lemon juga mengandung sejumlah nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan

3+ Khasiat Buah Jeruk Lemon

  1. Mengobati Kerusakan Hati

Jus lemon yang dapat mencegah dan mengobati kerusakan hati akibat mengkonsumsi alkohol yang berlebihan.

Studi tersebut menemukan bahwa jus lemon memberikan efek mencegah kerusakan hati pada cedera hati yang diakibatkan oleh alkohol.

Efek positif dari jus lemon pada cedera hati terkait alkohol dikaitkan dengan banyak komposisi bioaktif yang sangat bermanfaat dari lemon, seperti minyak esensial, pektin, senyawa fenolik (terutama flavonoid), dan vitamin.

  1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Buah Lemon mengandung pektin, salah satu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna dan mengatasi beragam masalah pada pencernaan, contohnya seperti konstipasi.

Kandungan serat yang ada di dalam lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis.

Hal ini menjadikan lemon sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah Lemon juga dapat menjaga kelembapan kulit, membuat kulit kita terlihat lebih segar, dan bahkan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan juga garis halus.

Ini berkat kandungan vitamin C pada lemon mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.

Baca Juga: Manfaat Buah Nangka Sabrang