Sebagian orang mungkin menganggap bahwa manfaat blogging hanyalah sebagai media menulis artikel. Tentu saja, ini tidak selalu terjadi. Bahkan, manfaat memulai blog memiliki potensi yang lebih besar bagi penulis dan pembaca.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan uang yang cukup banyak dengan memulai sebuah blog, lho. ini semua? tentu saja tidak. Faktanya, manfaat blogging untuk bisnis tidak bisa dianggap remeh.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang manfaat memulai full blog. Penasaran apa itu? Simak pembahasannya di bawah ini!

  1. Berbagi Pengetahuan

Tidak semua keterampilan atau pengetahuan Anda dapat dengan mudah dibagikan. Pasalnya, orang-orang di sekitar Anda belum tentu tertarik sepenuhnya dengan keterampilan yang Anda miliki. Ini benar-benar ada hubungannya dengan ruang lingkup terbatas yang Anda miliki.

Nah, dengan menggunakan blog untuk berbagi ilmu, maka akan lebih menyasar pembaca yang tertarik dengan apa yang Anda perkenalkan.

  1. Mengasah Kemampuan Menulis

Dikutip dari situs conveytimes.com, Satu-satunya cara untuk menjadi penulis terbaik adalah dengan mengasah kemampuan menulis Anda. Tentu saja Anda juga bisa melakukannya. Anda dapat memulai dengan menulis secara teratur tentang topik tertentu.

Itulah yang blogger lakukan, mereka meluangkan waktu untuk menulis. Semakin sering Anda menulis, semakin baik tulisan Anda.

Hal ini juga ditunjukkan oleh Raditya Dika yang mengawali karir sebagai penulis dengan membuat blog. Selain itu, ada seorang blogger Magelang yang unik bernama Agus Mulyadi yang telah menulis beberapa buku. Semuanya dimulai dengan sebuah blog!

  1. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online

Bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda dapat melakukannya dengan memulai sebuah blog. Saran kami, mulailah dengan membuat blog berdasarkan topik atau niche blog yang Anda kuasai dan maksimalkan dari sana.

Ingatlah bahwa menghasilkan uang dari blogging biasanya bukan hasil langsung. Seperti resep sukses bagi pebisnis, memelihara blog membutuhkan komitmen untuk membuat dan menerbitkan artikel secara teratur. Misalnya, dua kali sehari, atau setiap dua hari sekali.

Setelah pengunjung Anda meningkat, Anda dapat memasang layanan periklanan seperti Google AdSense atau Audience Network untuk memperoleh pendapatan.

Selain iklan, Anda juga bisa menjual produk yang Anda miliki berdasarkan topik blog Anda, sehingga lebih tepat sasaran. Misalnya, jika blog Anda tentang tips fashion, Anda juga bisa menjual barang-barang yang berhubungan dengan fashion. Hal yang sama berlaku untuk tema blog lainnya. Anda bisa menjual apa saja!

  1. Membangun Jaringan

Berjejaring offline tentu tidak mudah, apalagi jika Anda memiliki keterbatasan waktu untuk hang out dan berjejaring. Nah, manfaat blog selanjutnya bisa dengan mudah mengatasi kesulitan Anda.

Anda dapat menulis hal-hal yang berguna dan menarik berdasarkan bidang minat Anda. Ketika pembaca tertarik dengan karya Anda, mereka mungkin mengirim pesan atau komentar tentang apa yang Anda tulis.

Nah, sebelum mereka menulis review, Anda bisa menentukan alamat email atau nomor telepon sebagai syarat menulis review. Juga, setelah Anda memiliki detail kontak mereka, Anda dapat menggunakannya untuk milis atau untuk mempromosikan produk/layanan Anda!

  1. Menjual Produk

Jika Anda memiliki bisnis offline, Anda dapat menggunakan fitur blogging ini untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan setiap hari.

Langkah ini bisa menyelesaikan banyak masalah sekaligus bahkan mem-bypass lokasi bisnis yang kurang strategis. Ketika produk yang Anda jual mulai muncul di dunia online, Anda bisa mulai mendapatkan keuntungan dari blogging.

Hal ini berhasil diterapkan oleh Ceppy, pemilik bisnis plant online PlantMart. Di awal bisnis tanaman online, ia juga memulai blog untuk mengoptimalkan SEO situs webnya.

Di blog PlantMart, ia menulis tentang jenis, manfaat, dan perawatan tanaman yang dijualnya terutama. Dengan cara ini di akhir artikel, ia dapat mengarahkan pembaca untuk mampir ke toko online-nya.

  1. Sebagai Portofolio Online

Menurut MediaBistro, sembilan dari sepuluh perusahaan memeriksa profil online sebelum mempekerjakan karyawan. Hampir 43% peserta survei mengatakan mereka menemukan kandidat berkualitas dengan cara ini.

Nah, Anda juga bisa memanfaatkan blog sebagai portofolio online Anda. Blog ini nantinya bisa diisi dengan tulisan, foto atau proyek atau karya yang pernah Anda kerjakan sebelumnya. Memiliki blog adalah cara cerdas untuk menarik minat bisnis yang Anda inginkan!