sejarah paypal

Paypal menjadi salah satu alat pembayaran digital yang mempermudah beragam transaksi online yang sudah terhubung dengan Paypal. Memiliki cakupan yang luas dan dapat digunakan untuk transaksi lintas negara. Alat pembayaran ini juga banyak digunakan untuk transaksi jual beli online di e-commerce besar seperti Ebay, Amazon, dan lainnya.

Jika mengulas sejarah dari Paypal, maka semua kembali ke Stanford University yang menjadi tempat bertemunya pendiri Paypal yaitu Peter Thiel dan Max Levchin. Peter Thiel mengisi kuliah umum hingga Max Levchin yang berani untuk menemuinya dan akhirnya membuat perusahaan bersama.

Sejarah Berdirinya Paypal

Berawal dari Max Levchin dan Peter Thiel yang pada tahun 1998 mendirikan sebuah perusahaan bernama Confinity. Perusahaan ini menyediakan fasilitas untuk mengirim uang melalui PDA. Confinity menjadi perantara antara penyedia layanan kripto dengan pembayaran Palm Pilot.

Confinity yang kini dikenal sebagai Paypal dulunya memiliki CEO yaitu Peter Thiel. Sedangkan Mac Levchin menduduki jabatan sebagai CTO dan ada Ken Howrey sebagai CFO. Wakil presidennya yaitu Nosek menduduki jabatan untuk mengatur strategi dan pengembangan bisnis.

Setelah berkembang dan mendapatkan keuntungan yang besar dari Confinity, diluncurkan demo online sehingga masyarakat dapat menggunakannya untuk bertransaksi. Sistem transaksi ini dapat dilakukan masyarakat melalui email.

Kemudian pada tahun 2020 Confinity dengan X.com yang merupakan perusahaan miliki Elon Musk digabungkan melalui akuisisi dan lahirlah Paypal.inc. Perusahaan ini menawarkan USD 10 untuk pengguna yang mendaftar akun di Paypal.

Paypal kemudian mengembangkan sistem untuk menghasilkan dividen dari uang yang tidak terpakai di Paypal. Money Market Fund dikembangkan Paypal untuk kebutuhan tersebut.

Pada saat lelang, eBay mencantumkan logo Paypal yang membuat perusahaan ini semakin populer. Paypal pun menyediakan sistem pembayaran yang dapat menghubungkan pengguna di eBay untuk melakukan pembayaran melalui Paypal.

Paypal sebagai Perusahaan Pengiriman Uang

Setelah terhubung ke eBay, Paypal terus melejit dan banyak digunakan oleh pengguna. Jumlah pengguna dari 100 ribu menjadi satu juta hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun.

Pada tahun 2020, Paypal pun membuka jasa konsumen keuangan. Perusahaan ini berpusat di La Vista, Nebraska. Jumlah penggunanya terus bertambah hingga tiga juta pada pertengahan tahun 2020. Apabila anda membutuhkan saldo paypal murah, silahkan hubungi Payor yang dikenal sebagai jasa jual balance Paypal nomor 1 di Indonesia.

Paypal diakusisi eBay

eBay merupakan e-commerce yang menyediakan fasilitas jual beli online dalam lintas global. Pada tahun 2002, eBay mengakuisisi Paypal dengan nilai 1,5 Miliar Dolar. Para pendiri Paypal kemudian pindah ke perusahaan-perusahaan lain, seperti Howery yang menjadi vice president di Clarium Capital Management.

Nosek berada di Founders Fond sebelum akhirnya pindah ke perusahaan Gigafund yang merupakan perusahaan dana untuk SpaceX. Berbeda lagi dengan Max Levchin yang beralih dengan mendirikan perusahaan game pada tahun 2004 yang diberi nama sosial slide. Levchin juga mendirikan perusahaan teknologi keuangan yaitu Hard Valuable Fun (HVF).

Sedangkan Paypal sendiri terus berkembang dan berhasil mengalahkan banyak pesaingnya serta terus mendapatkan keuntungan yang meningkat setiap tahunnya. Transaksi di Paypal pada tahun 2006 bahkan mengalami kenaikan hingga 41 persen dengan total transaksi USD 8 Miliar. Kini perusahaan utamanya berpusat di kota Sans Jose, California, Amerika Serikat.

Itulah sejarah dari berdirinya perusahaan Paypal yang menyediakan alat pembayaran digital untuk beragam transaksi. Sekarang pengguna Paypal sudah semakin banyak termasuk di Indonesia. Selain diakses melalui situs website, Paypal juga sudah merilis versi aplikasi untuk kemudahan pengguna dalam mengakses fitur-fitur Paypal.

By Drajad